Tidak semua kasus batu ginjal harus diobati, karena batu ginjal yang berukuran kecil (diameter kurang dari 4 mm) akan mudah dikeluarkan lewat urin tanpa menimbulkan masalah apapun. Pengobatan batu ginjal ditujukan untuk batu yang berukuran lebih besar atau ketika batu menimbulkan masalah.

Akan tetapi, pada sebagian kasus batu ginjal kecil bisa saja menyebabkan rasa sakit. Rasa sakit dari batu ginjal yang lebih kecil biasanya hanya berlangsung beberapa hari dan menghilang ketika batu telah keluar. Pada kasus ini maka pengobatan hanya diperlukan untuk menghilangkan rasa sakit dan gejala lain yang muncul.

Obat Batu Ginjal

Jika Anda mengalami sakit parah akibat batu ginjal, maka dokter mungkin akan menyuntikkan obat penghilang rasa sakit. Dosis selanjutnya dapat diberikan setelah setengah jam apabila rasa nyeri tak kunjung reda.

Dalam kasus darurat di mana Anda tidak dapat minum obat akibat mual dan muntah, maka dokter juga menyuntikkan obat mual-muntah baik melalui otot atau pembuluh darah. Selanjutnya, apabila kondisi membaik dan keadaan Anda stabil, maka dokter akan memberikan resep obat minum penghilang rasa sakit, anti-muntah, atau keduanya, untuk digunakan di rumah.

Perawatan Mandiri

Jika dokter menduga bahwa batu ginjal berukuran kecil, maka Anda dianjurkan untuk pulang sambil menunggu batu ginjal dibuang lewat urin, mungkin dokter menyarankan Anda untuk mencoba mengumpulkan sampel urin guna melihat adanya batu dalam urin. Batu dapat diberikan kepada dokter untuk membantu mereka menentukan perawatan lebih lanjut jika diperlukan. Agar batu ginjal mudah keluar bersama air seni, maka Anda harus banyak minum air.

Perawatan Di Rumah Sakit

Jika dokter menemukan bahwa batu ginjal berukuran sedang-besar dan menimbulkan rasa sakit yang parah, maka Anda akan dianjurkan untuk dirawat di rumah sakit.

Kondisi-kondisi terkait batu ginjal yang mengharuskan Anda dirawat antara lain:

  • Risiko tinggi terkena ginjal gagal (misalnya, karena Anda hanya memiliki satu ginjal)
  • Gejala tidak membaik dalam waktu satu jam setelah diberikan obat penghilang rasa sakit atau obat anti-mual
  • Kekurangan cairan (dehidrasi) akibat muntah terlalu banyak
  • Wanita hamil yang terkena batu ginjal
  • Berusia lebih dari 60 tahun

Mengobati Batu Ginjal Besar

Jika batu ginjal terlalu besar untuk melewati saluran kemih secara alami (diameter 6-7mm atau lebih), maka diperlukan modalitas pengobatan khusus untuk menghilangkan batu ginjal. Hal ini meliputi:

  • extracorporeal shock wave lithotripsy (ESWL)
  • ureteroscopy
  • Nefrolitotomi perkutan (PCNL)
  • operasi terbuka

Prosedur ini akan dijelaskan lebih rinci di bawah. Jenis pengobatan akan tergantung pada ukuran dan lokasi batu ginjal berada.

obat batu ginjal

serpihan batu ginjal

Extracorporeal  Shock Wave Lithotripsy (ESWL)

ESWL adalah cara yang paling umum untuk mengobati batu ginjal yang tidak dapat melewati saluran kemih. Sebelum dilakukan tindakan ini, terlebih dahulu ditentukan letak dan ukuran batu ginjal, baik menggunakan sinar X (rongsen) ataupun USG.

Alat ESWL akan mengirimkan energi gelombang kejut untuk memecah batu ginjal menjadi potongan-potongan kecil sehingga dapat melewati saluran kemih bersama urin. Memang biasanya akan menimbulkan rasa sakit, sehingga prosedur ini hanya dilakukan setelah pasien diberikan obat penghilang rasa sakit.

Mungkin diperlukan beberapa sesi ESWL untuk menghilangan batu ginjal sampai berhasil. Hingga 99% ESWL efektif mengobati batu ginjal dengan diameter hingga 20mm (0.8in).

Ureterorenoscopy

Jika batu ginjal terjebak dalam ureter (saluran berbentuk tabung yang menghubungkan ginjal dengan kandung kemih), maka Anda mungkin harus menjalani ureterorenoscopy. Ureterorenoscopy juga kadang-kadang dikenal sebagai operasi retrograde intrarenal (RIR).

Melalui prosedur ini, sebuah selang teleskop tipis panjang disebut ureteroscope dimasukkan ke dalam uretra (saluran kencing bagian luar) menuju kandung kemih. Selang ini kemudian diteruskan ke dalam ureter hingga sampai pada tempat batu yang terjebak.

Kemudian, pada ujung alat itu ada perangkat untuk memecah batu ginjal menjadi berkeping-keping atau serpihan kecil sehingga bisa melewati saluran kemih bersama dengan urin.

Ureterorenoscopy dilakukan saat pasien tak sadar dalam pembiusan, sehingga Anda tidak perlu merasakan rasa sakit selama prosedur dan Anda tidak boleh mengemudi atau mengoperasikan kendaraan sampai 48 jam setelah prosedur.

Ureterorenoscopy efektif pada 50-80% kasus, digunakan untuk batu ginjal dengan diameter hingga 15mm (0.6in).

Nefrolitotomi perkutan (PCNL)

PCNL merupakan prosedur alternatif yang dapat digunakan untuk memecah batu ginjal yang lebih besar. Prosedur ini juga dapat digunakan jika ESWL tidak cocok (misalnya, karena orang yang dirawat memiliki berat badan berlebih atau obesitas).

Pada PCNL, dokter menggunakan instrumen teleskopik tipis yang disebut nephroscope, digunakan dengan cara membuat sayatan kecil di bagian pinggang. Nephroscope dimasukkan melalui sayatan tersebut untuk menjangkau ginjal. Batu ginjal kemudian bisa ditarik keluar atau dipecah menjadi potongan kecil dengan menggunakan laser atau energi pneumatik.

Prosedur ini juga dilakukan di bawah anestesi umum (pasien dibius), sehingga Anda tidak perlu merasakan rasa sakit selama prosedur dan Anda tidak boleh mengemudi atau mengoperasikan kendaraan sampai 48 jam setelah prosedur.

Efektifitas PCNL sebesar 86% untuk batu dengan diameter hingga 21-30mm (0.8-1.2in).

Operasi Terbuka

Di era kedokteran modern, prosedur ini jarang digunakan, operasi terbuka menggunakan sayatan besar guna mengeluarkan batu ginjal. Hal ini biasanya digunakan jika ada batu yang sangat besar atau ada kelainan struktur (anatomi) tubuh pasien.

Mengobati Batu Ginjal Asam Urat

Jika ternyata batu ginjal berjenis batu asam urat, maka Anda akan disarankan untuk minum sekitar tiga liter air setiap hari agar batu ginjal terlarut sehingga bisa dikeluarkan bersama urin. Batu asam urat jauh lebih lembut daripada jenis batu ginjal lainnya, dan batu asam urat dapat dibuat lebih kecil jika terkena cairan alkali atau basa. Berikut tips menurunkan asam urat.