Ada beberapa penyebab bronkitis akut ataupun kronis, secara garis besar dibagi menjadi dua yaitu penyebab infeksi dan non-infeksi, baca terus untuk mengetahui penjelasan lebih lanjut.

Jutaan kasus terjadi setiap tahun, orang tua, bayi, dan anak-anak berada pada risiko tinggi untuk terkena bronkitis akut daripada orang di kelompok usia lainnya. Orang dari segala usia dapat mengembangkan bronkitis kronis, tetapi lebih sering terjadi pada orang yang lebih tua dari 45 tahun. Juga, banyak orang dewasa yang mengembangkan bronkitis kronis adalah perokok.

Penyebab Infeksi Bronkitis

Penyakit bronkitis yang berupa infeksi disebabkan oleh salah satu virus atau bakteri, meskipun penyebab bronkitis yang lebih umum adalah virus. Virus ini dapat menyebar dari orang ke orang sehingga kita harus waspada jangan sampai tertular.

Dalam kebanyakan kasus, bronkitis disebabkan oleh virus yang sama dengan yang menyebabkan pilek atau flu. Cara penyebarannya sama, virus ini terkandung dalam jutaan tetesan kecil yang keluar dari hidung dan mulut saat seseorang batuk atau bersin.

Tetesan ini biasanya menyebar dalam cakupan ruang 1 meter. Virus melayang-layang di udara untuk sementara waktu, kemudian mendarat di permukaan di mana virus dapat bertahan sampai 24 jam. Setiap orang yang terkena kontak dengan permukaan ini dapat menyebarkan virus lebih lanjut dengan menyentuh benda yang lain tanpa mencuci tangan terlebih dahulu.

Barang sehari-hari di rumah dan di tempat-tempat umum, seperti gagang pintu dan keyboard, mungkin memiliki jejak virus.Orang biasanya terinfeksi dengan mengambil virus di tangan mereka dari benda-benda yang terkontaminasi, dan kemudian tangan mereka menyentuh hidung atau mulut.

Penyebab Non-Infeksi: Zat iritan

Bronkitis juga dapat dipicu paparan zat iritan yang terhirup, seperti asap, bahan kimia dalam produk rumah tangga atau asap tembakau.

Merokok merupakan penyebab utama bronkitis kronis (bronkitis yang berlangsung lama), dan hal itu dapat mempengaruhi setiap orang yang menghirup asap rokok baik perokok pasif ataupun perokok aktif.

Anda juga mungkin berisiko terkena bronkitis dan bentuk lain dari  penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), jika Anda sering terkena bahan-bahan yang dapat merusak paru-paru, seperti:

  • butiran debu
  • tekstil (serat kain)
  • amonia
  • asam kuat
  • klorin

Bronkitis akut biasanya disebabkan oleh virus, infeksi bakteri dan paparan zat-zat yang mengiritasi paru-paru, seperti asap tembakau, debu, asap, uap dan polusi udara. Sedangkan bronkitis kronis disebabkan oleh iritasi berulang dan kerusakan jaringan paru-paru dan saluran napas. Merokok adalah penyebab paling umum dari bronkitis kronis, dengan penyebab lain termasuk paparan jangka panjang terhadap polusi udara, debu dan asap dari lingkungan, serta episode berulang dari bronkitis akut.