Suhu Tubuh Normal Manusia (Bayi – Dewasa)

Berapakah suhu tubuh normal pada manusia? Itulah hal yang kerap ingin diketahui ketika seseorang baik dewasa ataupun anak-anak mengalami masalah pada suhu tubuhnya, terutama ketika demam atau meriyang akibat diserang penyakit. Banyak yang bingung apakah suhu tubuh tinggi itu termasuk demam atau masih dalam batas normal.

Suhu tubuh adalah ukuran yang digunakan untuk menyatakan kemampuan tubuh dalam melakukan pengaturan terhadap hawa panas tubuh. Memahami seluk beluk suhu tubuh merupakan hal yang sangat penting, karena respon tubuh terhadap penyakit yang paling umum dimulai dengan terjadinya perubahan pada suhu tubuh, yang tersering adalah demam.

Oleh sebab itu, anda perlu mengetahui berapa suhu tubuh normal, dan berapa suhu badan abnormal agar anda dapat mengantisipasi penyakit dan dengan segera mengupayakan pengobatan.

Memahami Batas Suhu Tubuh Normal Manusia

Kebanyakan orang beranggapan bahwa suhu tubuh normal berada pada 37 derajat Celcius. Hal ini tidaklah benar sepenuhnya karena suhu normal manusia dapat bervariasi berdasarkan kelompok usia. Berikut rata – rata ukuran suhu tubuh normal berdasarkan kelompok usia :

  • Suhu normal anak : 36,3 – 37,7 derajat Celcius
  • Suhu normal bayi : 36,1 – 37,7 derajat Celcius
  • Suhu normal dewasa : 36,5 – 37,5 derajat celcius

Suhu tubuh normal dapat berubah – ubah sepanjang hari. Suhu tubuh terendah terutama terjadi pada pagi hari, suhu tubuh dapat meningkat hingga 0,6 derajat Celcius pada sore hari. Suhu tubuh juga dapat dipengaruhi oleh aktivitas harian, misalnya pada saat berolahraga di cuaca yang panas, suhu tubuh dapat meningkat 0,6 hingga 1 derajat Celcius. Pada wanita yang sedang mengalami ovulasi suhu tubuh juga dapat megalami peningkatan di atas nilai normal.

suhu tubuh normal

pengukuran suhu tubuh

Suhu Tubuh Rendah

Suhu tubuh rendah di bawah nilai normal disebut dengan istilah hipotermia. Kondisi ini dapat terjadi ketika seseorang terpapar cuaca dingin yang berlebihan seperti berada di tempat dingin yang terlalu lama, tidak menggunakan pakaian yang hangat saat berada di tempat dingin, atau setelah terjatuh ke dalam kolam atau ke dalam air yang dingin.

Beberapa gejala yang mengindikasikan seseorang mengalami hipotermia antara lain menggigil, napas yang pendek, napas yang pelan, bicara yang tidak jelas,kulit yang teraba dingin, kulit yang bewaran pucat, seseorang dapat lemas tidak bernergi bahkan mengalami penurunan kesadaran. Suhu tubuh yang sangat rendah atau hipotermia dengan suhu di bawah 35 derajat celcius dapat menimbulkan bahaya yang mengancam jiwa, karena suhu yang rendah ini dapat menyebabkan perlambatan pada kerja sistem saraf, sistem pernapasan, dan sistem peredaran darah. Oleh karena itu apabila mencurigai seseorang sedang mengalami hipotermia, segeralah membawa orang tersebut ke rumah sakit terdekat karena keadaan hipotermia ini merupakan kondisi yang darurat.

Apabila megalami kedinginan atau berada pada cuaca dingin anda dapat melakukan beberapa hal, seperti menggunakan pakaian yang hangat dan lebih tebal. Usahakan untuk menjaga agar tubuh tetap kering. Konsumsi minuman yang dapat menghangatkan tubuh seperti rebusan air jahe, kopi hangat, teh hangat. Mandi dengan air hangat dan berperlukan juga dapat dilakukan untuk menjaga suhu tubuh tetap normal

Suhu Tubuh Tinggi

Suhu tubuh tinggi di atas nilai normal disebut dengan sitilah Hipertermia. Kondisi ini dapat terjadi ketika tubuh mengalami kegagalan dalam mengatur suhu atau tidak dapat mengimbangi antara produksi panas dengan panas yang dikeluarkan tubuh, sehingga suhu tubuh terus mengalami peningkatan. Demam adalah peningkatan suhu tubuh di atas 37,5 derajat celcius. Demam terjadi akibat adanya perubahan pada sensor tubuh terhadap panas yang disebabkan oleh toksin yang dikeluarkan kuman (misalnya saja pada demam tifoid atau penyakit tipes). Demam sebenarnya merupakan suatu tanda dari adanya reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit.

Demam pada orang dewasa dengan suhu 39,4 derajat celcius dan demam pada anak dengan suhu 38 derajat celcius sangat dianjurkan untuk diperiksa oleh dokter. Suhu tubuh tinggi yang berlangsung terus – menerus akan menyebabkan dehidrasi berat yang dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan pada organ tubuh, dan pada anak dapat berisiko untuk menimbulkan kejang demam. Oleh karena itu kondisi tersebut memerlukan pengobatan medis secepatnya.

Beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk menurunkan suhu tinggi atau setidaknya menghindari dampak bahaya dari suhu tubuh yang tinggi, antara lain:

  • Perbanyak minum cairan, baik air putih ataupun jus buah.
  • Perbanyak makan buah-buahan yang mengandung air, seperti semangka, melon, mentimun, buah pir, apel, dan sebagainya.
  • Kompres dengan handuk yang dibasahi dengan air hangat, dapat dilatakkan di kening ataupun di ketiak.
  • Atur udara ruangan sehingga alirannya lancar.
  • Beristirahat dengan menghindari aktifitas fisik yang berat.

Jika upaya-upaya di atas masih belum bisa menurunkan suhu tubuh hingga mencapai normal, maka bisa juga digunakan obat penurun panas (baca: Obat Demam) yang banyak tersedia di apotek ataupun toko obat. Namun jika suhu tubuh selalu tinggi, maka segeralah periksakan ke dokter.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer