Elkana adalah obat yang merupakan kombinasi dari sejumlah zat aktif yang tergolong vitamin dan mineral. Karena kandungan vitamin dan mineralnya yang banyak, obat ini merupakan mutivitamin yang baik untuk dikonsumsi terutama oleh anak – anak pada masa pertumbuhan, dan oleh ibu – ibu yang sedang hamil atau sedang menyusui. Artikel kali ini akan membahas Elkana secara lebih rinci.

Mengenal Obat Elkana

Elkana mengandung banyak vitamin dan mineral di dalamnya. Vitamin dan mineral tersebut memberikan banyak manfaat bagi tubuh, antara lain:

elkana

contoh kemasan elkana tablet

  • Vitamin A atau Retinol dan turunannya memainkan peran penting dalam fungsi metabolisme retina, pertumbuhan dan diferensiasi jaringan epitel, pembentukan pola selama perkembangan embrio, perkembangan tulang, proses pematangan sel darah dan perkembangan otak. Vitamin ini juga penting untuk pemeliharaan fungsi sistem kekebalan tubuh.
  • Vitamin B12 diperlukan dalam proses hematopoiesis normal (pematangan eritrosit), proses transmetilasi, transportasi hidrogen, sintesis metionin, asam nukleat, kolin, dancreatine. Vitamin ini juga berperan dalam akumulasi senyawa yang mengandung gugus sulfhidril di dalam eritrosit. Vitamin B12 memberikan efek yang menguntungkan pada fungsi hati dan fungsi sistem saraf. Pada dosis tinggi dapat mengaktifkan pembekuan darah dengan meningkatkan aktivitas thromboplastin dan prothrombin.
  • Vitamin C atau asam askorbat adalah senyawa enam karbon yang berhubungan dengan glukosa. Vitamin ini ditemukan secara alami dalam buah jeruk dan sayuran, dan merupakan nutrisi penting dalam diet manusia. Vitamin C diperlukan untuk menjaga jaringan ikat dan tulang, sebagai reduktor dan koenzim dalam beberapa jalur metabolisme, sebagai antioksidan, dan juga sebagai zat antivirus.
  • Vitamin D alami diproduksi oleh tubuh ketika sinar UVB yang berasal dari matahari menyinari kulit, namun jumlah yang terbentuk sangatlah sedikit sehingga tubuh mungkin memerlukan nutrisi vitamin D tambahan. Vitamin ini berperan dalam fungsi kekebalan tubuh, pertumbuhan dan pertahanan terhadap infeksi, termasuk juga pencegahan alergi.
  • Kalsium memainkan peran yang sangat penting dalam tubuh. Mineral ini diperlukan pada fungsi normal dari saraf, sel, otot, dan tulang. Apabila tidak tersedia cukup kalsium dalam darah, maka tubuh akan mengambil kalsium dari tulang, hal ini kemudian akan melemahkan tulang. Oleh karena itu memiliki jumlah kalsium yang tepat penting untuk membangun dan menjaga tulang yang kuat.
  • Kolin merupakan senyawa penting bagi saraf. Zat ini merupakan prekursor asetilkolin, yang diperlukan agar konduksi saraf dapat berjalan baik di seluruh sistem saraf pusat. Kolin juga dibutuhkan pada regulasi kandung empedu, fungsi hati dan formasi lesitin. Kolin membantu dalam metabolisme lemak dan kolesterol dan mencegah penimbunan lemak yang berlebihan  di hati.
  • L-Lysine Hidroklorida adalah asam Î ± -amino dengan rumus kimia HO2CCH (CH2) 4NH2. Asam amino ini merupakan asam amino esensial, yang berarti bahwa tubuh tidak dapat mensintesis asam amino ini. Kodon nya adalah AAA dan AAG dengan.L-Lysine sebagai basa, begitu pula arginine dan histidin. Kelompok Î?-amino sering berpartisipasi dalam ikatan hidrogen dan sebagai basa yang umum dalam katalisis.

Indikasi atau Kegunaan

Sebagai suplemen multivitamin Elkana dapat digunakan sebagai :

  • Terapi dalam mengatasi keadaan defisiensi vitamin dan mineral
  • Tambahan untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral anak pada masa pertumbuhan, pada saat hamil dan pada saat menyusui

Kontraindikasi

Seperti halnya suplemen lainnya Elkana tidak memiliki kontraindikasi, namun obat ini tidak boleh digunakan oleh orang yang mempunyai riwayat hipersensitivitas atau alergi terhadap Elkana atau setiap komponen dari obat ini.

Dosis Elkana

Elkana tersedia di apotik dalam bentuk tablet, sirup dan emulsi dengan komposisi sebagai berikut :

  • Setiap 1 tablet Elkana mengandung Calcium posfat dibasic 200 mg, Calcium laktat 100 mg, Vitamin B6 20 mg, Vitamin C 25 mg, Vitamin D3 100 IU.
  • Setiap  5 ml Elkana suspensi (sirup) mengandung Vitamin A 2.400 IU, Vitamin B1 4 mg, Vitamin B2 1,2 mg, Vitamin B6 1,2 mg, Vitamin B12 4 mcg, Vitamin C 60 mg, Vitamin D 400 IU, Nikotinamid 16 mg, Kalcium Pantotenat 6 mg, Kolin 12 mg, Inositol 12 mg, Kalsium Glukonat 300mg, Kalsium Hipofosfit 20mg, Natrium Hipofosfit 20mg, I – Lisina HCl 200mg.
  • Setiap 5 mL Elkana CL (emulsi) mengandung Vitamin A 2.400 IU, vit D 400 IU, Minyak ikan cod 8 mg, DHA 10 mg, Asam arachidonat(AA) 15 mg, ekstrak curucuma 12 mg, vitamin B1 4 mg, vitamin B2 1.2 mg, vitamin B6 1.2 mg, vitamin B12 4 mcg, nikotinamid 16 mg, kolin 12 mg, inositol 12 mg, L-lysine HCl 100 mg, Calsium 33.1 mg, Natrium 5.2 mg, GOS 500 mg.

Adapun Dosis Elkana yang dianjurkan adalah sebagai berikut :

  • Dosis dewasa adalah 1 – 2 tablet Elkana diminum 2 kali sehari.
  • Dosis anak – anak  2,5 – 5 ml Elkana sirup atau emulsi diminum 3 kali sehari.

Efek Samping Elkana

Elkana dapat ditoleransii tubuh dan hampir tidak menimbulkan efek samping. Meskipun demikian tergantung masing – masing orang, obat ini mungkin bisa menimbulkan reaksi alergi yang sifatnya ringan.

Informasi Keamanan

Elkana memiliki tingkat keamanan yang cukup baik. namun perhatian khusus harus diberikan pada kondisi berikut :

  • Segera hentikan konsumsi obat apabila terjadi reaksi alergi
  • Berkonsultasi dengan dokter apabila ingin menggunakan obat ini bersama obat lain.