Kita tidak dapat mencegah endometriosis, akan tetapi kita bisa mengurangi kesempatan atau peluang untuk mengembangkan endometriosis dengan cara menurunkan kadar hormon estrogen dalam tubuh. Karena estrogen berfungsi membantu menebalkan lapisan rahim selama siklus menstruasi, begitu pula terhadap endometriosis.

Untuk menjaga agar kadar estrogen dalam tubuh berada pada level yang rendah, berikut upaya yang dapat dilakukan dalam mencegah endometriosis:

  • Gunakan kontrasepsi hormonal, seperti pil KB, suntik atau susuk yang mengandung estrogen dosis rendah. Konsultasikan hal ini dengan dokter Anda.
  • Berolahraga secara teratur (lebih dari 4 jam seminggu). Ini juga akan membantu mengurangi lemak dalam tubuh. Seperti diketahui bahwa jaringan lemak juga menghasilkan estrogen.
    Lebih lanjut silahkan baca: Cara Membakar Lemak 
  • Hindari alkohol dalam jumlah besar. Alkohol dapat memicu peningkatan kadar hormon estrogen apabila minum lebih dari satu gelas per hari.
    Hindari jumlah minuman berkafein. Studi menunjukkan bahwa minum lebih dari satu gelas minuman berkafein sehari, terutama soda, kopi, dan teh hijau, dapat meningkatkan kadar estrogen.