Tidak ada obat khusus yang dapat benar-benar menyembuhkan endometriosis, tetapi perawatan yang tersedia merupakan obat untuk mengurangi gejala dan masalah yang ditimbulkannya.

Bicaralah dengan dokter Anda mengenai pilihan pengobatan yang tepat sesuai kondisi Anda.

Obat Endometriosis

Jika saat ini Anda tidak merencanakan kehamilan, maka KB hormonal merupakan langkah pertama dalam pengobatan, dengan cara sebagai berikut:

  • Memperpanjang Siklus (Dalam satu tahun hanya beberapa kali menstruasi) atau menghentikan silkus (tidak haid sama sekali) dengan menggunakan KB hormonal. Jenis KB hormonal yang tersedia untuk tujuan ini antara lain: pil KB atau KB Suntik sehingga dapat mengurangi penderitaan, karena endometriosis akan sakit saat menstruasi.
  • Alat kontrasepsi spiral (IUD) untuk membantu mengurangi rasa sakit dan perdarahan. IUD hormonal melindungi terhadap kehamilan hingga 7 tahun. Tapi IUD hormonal tidak dapat membantu rasa sakit dan perdarahan akibat endometriosis selama itu.
    Pengobatan hormonal bekerja hanya selama itu digunakan dan ini merupakan pilihan terbaik bagi wanita yang tidak memiliki rasa sakit atau gejala yang parah.

obat endometriosis

Jika Anda berencana untuk hamil, dokter mungkin meresepkan agonis gonadotropin-releasing hormone (GnRH) Obat ini akan menghentikan tubuh untuk membuat hormon yang mempengaruhi ovulasi, siklus menstruasi, dan pertumbuhan endometriosis. Pengobatan endometriosis seperti ini akan menyebabkan menopause sementara, tetapi juga membantu mengontrol pertumbuhan endometriosis. Setelah Anda berhenti minum obat, maka siklus menstruasi akan kembali seperti semula, dan mungkin memiliki kesempatan yang lebih baik untuk bisa hamil.

Operasi Endometriosis

Pembedahan biasanya dipilih untuk gejala endometriosis yang berat, ketika pemberian obat hormon tidak memberikan efek atau jika Anda mengalami masalah kesuburan. Selama operasi, dokter bedah akan dapat menemukan setiap daerah endometriosis dan dapat membuangnya. Setelah operasi, terapi hormon sering diterapkan kecuali jika Anda berencana untuk hamil. Baca: Tips Agar Cepat Hamil

Pengobatan endometriosis lainnya yang dapat digunakan secara tunggal atau kombinasi dengan salah satu perawatan yang tercantum di atas, antara lain:

  • Obat nyeri. Digunakan untuk mengobati endometriosis gejala ringan, dokter mungkin menyarankan mengambil obat-obatan untuk nyeri yang dijual bebas. Ini termasuk ibuprofen atau naproxen.
  • Pengobatan komplementer dan alternatif. Beberapa wanita melaporkan hilangnya rasa sakit dengan terapi seperti akupuntur, perawatan chiropractic, herbal seperti kayu manis atau akar licorice, atau suplemen, seperti tiamin (vitamin B1), magnesium, atau asam lemak omega-3.