Penyebab pasti endometriosis tidak diketahui, tetapi ada beberapa faktor yang mempengaruhi, bahkan banyak sekali teori mengenai mekanisme terjadinya endometriosis.

Sejumlah teori timbulnya endometriosis adalah sebagai berikut:

Sangat mungkin bahwa endometriosis disebabkan oleh kombinasi genetik, sistem kekebalan tubuh dan faktor hormonal.

penyakit endometriosis

Menstruasi Retrograde

Menstruasi retrograde terjadi ketika lapisan rahim (endometrium) mengalir balik ke belakang atau ke atas melalui saluran tuba falopi kemudian bisa menyebar ke rngga perut. Jaringan endometrium ini kemudian menempel sendiri ke organ-organ panggul dan tumbuh di sana.

Diperkirakan bahwa menstruasi retrograde terjadi pada kebanyakan wanita, namun tubuh sebenarnya dapat membuang jaringan tersebut secara alami tanpa menimbulkan masalah. Hal ini alasan mengapa endometriosis terjadi hanya pada sebagian wanita.

Menstruasi retrograde adalah teori penyabab terjadinya endometriosis yang paling banyak diterima. Namun, tidak dikethui mengapa kondisi seperti itu dapat terjadi pada wanita yang telah menjalani histerektomi (yang rahimnya telah dibuang).

Teori Peyebab Endometriosis: Disposisi genetik

Endometriosis terkadang diyakini sebagai penyakit yang turun-temurun, artinya diturunkan melalui gen dari anggota keluarga. Hal ini jarang terjadi pada wanita yang berasal Afrika-Karibia, dan lebih sering terjadi pada wanita Asia daripada wanita kulit putih (Kaukasia) Hal ini menunjukkan bahwa gen mungkin terlibat seabgai faktor penyebab endometriosis.

Penyebaran Melalui Aliran Darah atau Limfatik

Meskipun tidak diketahui bagaimana mekanismenya, sel-sel endometriosis dipercaya dapat masuk ke sistem aliran darah atau limfatik (saluran limfe darah putih). Teori ini berdasarkan fakta bahwa, dalam beberapa kasus endometriosis dapat ditemukan di tempat-tempat terpencil yang jauh dari rahim seperti pada mata atau otak.

Gangguan Kekebalan Tubuh

Dalam teori ini diyakini bahwa sistem kekebalan pada beberapa perempuan tidak dapat secara efektif melawan endometriosis. Banyak wanita terkena endometriosis yang dikatakan memiliki kekebalan lemah.

Faktor Lingkungan Penyebab Endometriosis

Diperkirakan bahwa endometriosis dapat disebabkan oleh toksin tertentu yang terdapat dalam lingkungan, seperti dioxin  yang mempengaruhi tubuh dan sistem kekebalan tubuh.

Metaplasia

Metaplasia adalah proses beubahnya sel dari satu jenis menjadi jenis lainnya sebagai respon adaptasi terhadap lingkungannya. Endometriosis terjadi ketika sel matur di luar rahim pada seorang wanita berubah menjadi sel-sel endometrium sehingga tumbuh menjadi endometriosis.