Hemangioma adalah pertumbuhan abnormal pembuluh darah yang berlebihan sehingga membentuk tumor pembuluh darah yang terdapat pada kulit atau organ internal, terutama hati. Sebagian besar kasus, hemangioma ditemukan saat lahir sehingga sering disebut sebagai tanda lahir stroberi karena bentuknya yang menonjol kemerahan dan elastis pada kulit. Sebagian lainnya berkembang pada bulan-bulan awal kehidupan.

Hemangioma pada hati jarang menimbulkan gejala. Biasanya, kondisi ini hanya ditemukan tidak sengaja “temuan insidental.” saat dilakukan medical check up. Hemangioma pada kulit, terdapat pada bayi baru lahir yang terus membesar seiring bertambahnya usia. Namun ada batasan tertentu, ketika sudah mencapai batas, maka biasanya akan berangsur menyusut dan umumnya akan menghilang pada usia 10 tahun.

Hemangioma biasanya berukuran kecil, tetapi pada beberapa kasus dapat tumbuh besar, atau menimbulkan kelainan pada kulit sehingga membutuhkan tindakan untuk menghilangkannya. Sayangnya, tidak ada cara yang dapat mencegah pertumbuhan hemangioma pada kulit ataupun organ dalam.

Penyebab Terjadinya Hemangioma

Hemangioma kulit berkembang ketika sekelompok pembuluh darah tumbuh secara berlebihan dan bersama-sama membentuk benjolan tunggal. Para ahli belum mengetahui secara persin mengapa pembuluh darah ini tumbuh bersama-sama sekelompok seperti ini, tetapi hal ini diduga bahwa disebabkan oleh protein tertentu yang diproduksi di plasenta selama kehamilan.

Ada beberapa kemungkinan meningkatnya faktor risiko seperti di bawah ini:

  • Genetika atau faktor keturunan
  • Bayi yang terlahir prematur
  • Berjenis kelamin perempuan

Hemangioma kulit dapat terbentuk pada lapisan permukaan kulit disebut hemangioma kapiler yang berwarna kemerahan atau pada lapisan kulit yang lebih dalam (lapisan subkutan) disebut hemangioma kavernosa yang berwarna biru keunguan. Pada awalnya, mungkin tampak tanda lahir merah terang pada kulit, perlahan-lahan, itu akan mulai menonjol ke atas permukaan kulit.

Hemangioma hati tumbuh di permukaan hati. hemangioma ini dianggap sensitif terhadap estrogen. Selama menopause, banyak wanita yang menjalani terapi penggantu estrogen pengganti untuk meminimalkan gejala yang disebabkan oleh penurunan kadar estrogen tubuh. Namun kelebihan estrogen dapat memacu pertumbuhan hemangioma hati.

Dimana biasanya hemangioma tumbuh? Umumnya terdapat pada kulit, wajah, leher, punggung, dada dan di kulit mana saja. Namun hemangioma dapat tumbuh di daerah lain dalam tubuh, seperti: ginjal, paru-paru, usus besar, dan otak

Tanda dan Gejala Hemangioma

Kelainan ini dapat terlihat pada saat lahir, tetapi lebih sering muncul selama beberapa bulan pertama kehidupan. Ini dimulai sebagai tanda merah datar di mana saja pada tubuh, paling sering pada wajah, kulit kepala, dada atau punggung. Biasanya anak hanya memiliki satu tanda. Beberapa anak mungkin memiliki lebih dari satu.

Selama tahun pertama, tanda merah tumbuh pesat dan menjadi massa yang menonjol dari kulit. hemangioma kemudian memasuki fase istirahat dan, akhirnya, ia mulai perlahan-lahan menghilang.

Hemangioma kulit biasanya tampak seperti bercak atau benjolan kecil berwarna merah. Ketika tumbuh semakin besar, penampakannya mirip dengan tanda lahir berwarna merah. Kondisi ini terkadang disebut sebagai hemangioma stroberi, karena berwarna merah terang. Jenis ini lebih banyak ditemukan pada leher atau wajah.

Hemangioma pada kulit ini biasanya tidak menimbulkan masalah kesehatan atau gejala sejak kemunculannya. Namun, dapat menyebabkan beberapa gejala jika tumbuh besar, jika ada beberapa hemangioma, atau jika tumbuh di daerah yang sensitif, misalnya di sekitar mata.

Gambar Hemangioma:

hemangioma kavernosa

hemangioma kavernosa

hemangioma kapiler

hemangioma kapiler

Apa bahayanya?

Umumnya penyakit ini tidak berbahaya dan tanpa menimbulkan rasa sakit, namun dalam beberapa kasus yang berat bisa menyebabkan pendarahan, luka terbuka, lalu terinfeksi sehingga akan terasa sakit. Pada kasus yang jarang terjadi, hemangioma bisa menyebabkan masalah pada pernapasan, buang air kecil dan besar, penglihatan, serta pendengaran.

Hemangioma pada organ dalam, biasanya ada tanpa diketahui sampai ia tumbuh menjadi besar, beberapa gejala yang mungkin dialami meliputi: mual, muntah, ketidaknyamanan perut, kehilangan selera makan, penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, dan perasaan kenyang di perut

Bagaimana memastikannya?

Tidak ada tes khusus yang digunakan untuk mendiagnosa hemangioma kulit. Dokter dapat mendiagnosis dengan melihat secara kasat mata selama pemeriksaan fisik. Sedangkan hemangioma pada organ dalam biasanya akan terlihat selama tes pencitraan, seperti USG, MRI, atau CT scan, dan biasanya terdeteksi sebagai temuan insidental.

Pengobatan Hemangioma

Jika terdapat satu buah hemangioma kecil biasanya tidak memerlukan pengobatan dan kemungkinan akan hilang dengan sendirinya. Namun, pada beberapa kasus akan memerlukan pengobatan terutama ketika menimbulkan lesi atau luka.

Hemangioma tidak memerlukan pengobatan sampai ia menimbulkan masalah berupa pendarahan, luka terbuka, infeksi dan tidak kunjung hilang setelah anak berusia 10 tahun.

Dokter mungkin ragu-ragu untuk mengobati hemangioma yang tidak menyebabkan masalah fisik karena biasanya akan memudar secara bertahap tanpa pengobatan dan perawatan yang malah berpotensi menimbulkan efek samping.

Jika pertumbuhannya mengganggu penglihatan anak atau menyebabkan masalah lain, maka dapat diterapkan pilihan pengobatan yang mencakup:

  • Obat beta blocker. Dapat diterapkan untuk mengatasi kasus yang ringan, tersedia dalam bentuk gel yang dapat dioleskan langsung pada kulit yang terkena. Hemangioma berat dapat hilang jika diobati dengan larutan oral propanolol. Efek samping bisa termasuk gula darah tinggi, tekanan darah tinggi dan mengi.
  • Obat kortikosteroid. Untuk anak-anak yang tidak merespon terhadap pengobatan beta blocker atau tidak dapat menggunakannya, kortikosteroid dapat menjadi pilihan. Obat ini dapat disuntikkan ke nodul hemangioma, diberikan melalui mulut atau dioleskan pada kulit. Efek samping bisa termasuk pertumbuhan yang buruk.
  • Operasi laser. Kadang-kadang laser dapat digunakan untuk menghapus hemangioma atau mengobati luka yang menyakitkan pada hemangioma.

Jika Anda sedang mempertimbangkan apakah hemangioma pada anak perlu diobati, maka sebaiknya mempertimbangkan matang-matang keuntungan dan kerugiannya dengan dokter anak Anda. Ingat, kondisi ini biasanya menghilang sendiri selama masa kanak-kanak.

Hemangioma pada organ dalam mungkin memerlukan pengobatan jika tumbuh sangat besar atau menyebabkan rasa sakit. Pilihan pengobatan yang dapat dipilih meliputi:

  • Operasi pengangkatan hemangioma
  • Operasi pengangkatan organ yang rusak atau daerah yang rusak
  • Memblokir arteri utama yang memasok darah ke hemangioma