10 Manfaat Karbon Aktif dan Cara Menggunakannya

Apa sebenarnya perbedaan antara arang yang biasa dipakai untuk memasak, dan karbon aktif? Selain itu, apa pula manfaat karbon aktif dan cara menggunakannya? Mengapa arang aktif begitu terkenal belakangan ini?

Sebelum masuk ke jawaban untuk beberapa pertanyaan di atas, ada baiknya kita simak lebih dulu perbedaan antara arang dan karbon aktif. Bahan dasar pembuat arang aktif selalu menggunakan bahan alami misalnya seperti batubara, kayu, batok kelapa, ampas tebu, atau lainnya.

karbon aktif

Tak seperti arang yang dibakar dengan suhu 100’C, karbon aktif mengalami proses pembakaran dengan suhu 6-8 kali lipat lebih panas dalam ruang kedap udara. Proses pembakaran yang menghasilkan karbon ini akhirnya membuat arang aktif memiliki pori-pori yang lebih banyak ketimbang arang biasa. Dan keberadaan pori-pori inilah yang menjadikan arang tersebut lebih aktif dan memiliki daya serap tinggi.

Manfaat Karbon Aktif Dan Cara Menggunakannya

Karbon aktif mempunyai beberapa manfaat yakni:

  1. Memutihkan gigi
  2. Meredakan kembung
  3. Meredakan rasa tidak nyaman usai mabuk berat
  4. Mengeluarkan jamur dari dalam tubuh
  5. Memurnikan air
  6. Obat keracunan darurat
  7. Menyehatkan tubuh dan kulit
  8. Membersihkan saluran cerna
  9. Mencegah penuaan dini
  10. Menurunkan kolesterol

Penjelasan lebih lanjut soal cara menggunakannya adalah sebagai berikut:

  1. Memutihkan gigi

Rasanya malu memang bila tampilan gigi tak sekinclong yang diharapkan. Kondisi ini mungkin terjadi apabila Anda sering mengonsumsi kopi, teh, wine, atau buah berry. Agar gigi bisa lebih putih, maka manfaatkan karbon aktif yang juga bisa menjaga kesehatan mulut.

Ya, selain memutihkan gigi, arang aktif juga bisa menyeimbangkan pH dalam mulut, mencegah timbulnya lubang pada gigi, menghilangkan aroma tak sedap, hingga menjauhkan gangguan pada gusi. Ketika digosokkan pada gigi, karbon aktif akan menyerap plak dan sisa makanan yang menodai gigi.

Agar mendapatkan manfaat karbon aktif untuk memutihkan gigi secara alami, basahi sikat gigi, lalu celupkan ke dalam bubuk karbon aktif. Gosok gigi secara normal sambil berfokus pada area yang paling bernoda. Kumur sedikit air lalu muntahkan. Setelah itu banyaklah berkumur hingga tak ada lagi karbon aktif yang tersisa di mulut.

Guna mendapatkan hasil terbaik, gosoklah gigi dengan karbon aktif 2-3 kali setiap minggu. Namun berhati-hatilah saat menggunakan arang aktif karena warnanya bisa menodai area sekitar kamar mandi serta pakaian. Hentikan pemakaian bila gigi menjadi sensitif karenanya.

  1. Meredakan kembung

Perut terasa tak nyaman dikarenakan terlalu banyak gas di dalamnya? Tenang Anda pun bisa memanfaatkan arang aktif sebagai obat alami pereda kembung. Anda bisa mencampurkan 500 mg bubuk karbon aktif ke dalam segelas air, dan minumlah itu sebelum mengonsumsi makanan yang sarat kandungan gas seperti brokoli atau kubis. Anda boleh minum segelas air lagi agar arang aktif segera terdorong masuk ke dalam saluran cerna sehingga siap untuk mengikat gas dalam lambung.

  1. Meredakan rasa tidak nyaman usai mabuk berat

Alkohol yang dikonsumsi biasanya sudah dicampur dengan pemanis buatan serta bahan kimia lainnya. Meski tidak menyerap alkohol, namun arang aktif dapat membersihkan tubuh dari bahan campuran lain yang biasanya bersifat toksin. Beberapa studi bahkan mendapati konsumsi alkohol yang dicampur dengan arang aktif dapat mengurangi kadar alkohol dalam darah.

  1. Mengeluarkan jamur dari dalam tubuh

Tak banyak orang tahu kalau jamur dapat hidup dalam tubuh manusia. Kondisi rumah yang baru mengalami kebanjiran atau bocor, minim ventilasi, serta suasana lembab dalam kamar mandi, ruang bawah tanah, hingga ruang cuci, semuanya ini merupakan tempat yang subur bagi tumbuhnya jamur.

Jamur beracun yang terhirup masuk dalam tubuh bisa memicu depresi, gangguan ginjal dan liver, menurunnya fungsi otak, penyakit jantung, iritasi mata, sakit kepala, mual, muntah, melemahnya sistem imun tubuh, dan berbagai masalah pernafasan lainnya. Bila ada anggota keluarga yang mengalami gejala seperti mata berair, bersin, timbul ruam pada kulit, batuk, hingga sakit kepala tanpa penyebab pasti, maka periksa rumah Anda.

Saat melihat ada jamur yang tumbuh di sekitar rumah, maka segera hilangkan itu. Gunakan sarung tangan dan masker penutup hidung agar jamur tak terhirup saat Anda bersih-bersih. Jamur bisa dihilangkan dan dicegah pertumbuhannya menggunakan baking soda, cuka aple, minyak tea tree, atau boraks.

  1. Memurnikan air

Kebanyakan air keran masa kini banyak mengandung bahan kimia berbahaya serta fluoride. Oleh sebab itu, jangan segan mencampurkan air yang dikonsumsi dengan karbon aktif karena keberadaannya bisa mengikat bahan kimia berbahaya hingga pestisida. Alasan inilah yang menjadikan karbon aktif sering dipakai sebagai dari pemurni air.

Meski tak dapat menangkap virus atau bakteri, namun karbon aktif bisa menghilangkan fluoride yang bersifat toksin bagi tubuh manusia. Selain dalam air keran, keberadaan fluoride juga sering kita dapati dalam pasta gigi. Dan fluoride ternyata bisa memicu gangguan pada sistem kekebalan tubuh, ginjal, bahkan liver, oleh sebab itu gunakan odol yang bebas fluoride.

  1. Obat keracunan darurat

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, salah satu manfaat karbon aktif yang utama adalah menghilangkan racun dan bahan kimia dari tubuh. Karena itu, bila terjadi kasus overdosis atau keracunan akibat obat-obatan atau makanan yang memerlukan penanganan segera, maka gunakan arang aktif.

Takaran yang dianjurkan untuk kasus keracunan akibat obat adalah 5-100 gram arang aktif untuk orang dewasa, dan 10-25 gram bagi anak-anak. Sementara bila makanan yang jadi penyebabnya, maka cukup konsumsi 25 gram untuk orang dewasa dan 10 gram untuk anak-anak. Anda bisa meningkatkan dosisnya bila diperlukan. Yang terpenting selalu konsumsi bubuk arang aktif dengan air minum yang banyak.

  1. Menyehatkan tubuh dan kulit

Aroma tubuh tak sedap, jerawat, gangguan kulit akibat alergi, hingga luka akibat gigitan serangga atau bahkan ular semua itu bisa disembuhkan dengan karbon aktif. Untuk luka akibat gigitan nyamuk atau lebah misalnya, campurkan 1 kapsul bubuk arang dengan ½ sdt minyak kelapa, dan bubuhkan ke area tersengat. Oleskan ulang setiap 30 menit hingga gatal dan rasa tak nyaman yang dirasakan hilang.

Untuk luka akibat gigitan ular atau laba-laba, maka oleskan campuran tadi, dan bungkus dengan perban. Aplikasikan ulang setiap 2-3 jam, dan selalu bersihkan luka sebelum mengoleskan pasta karbon aktif. Sementara bila selama ini Anda bermasalah dengan jerawat atau noda di wajah, maka campurkan 1 kapsul karbon aktif dengan 2 sdt gel lidah buaya, lalu oleskan ke wajah sebagai masker. Diamkan hingga kering, setelah itu bilas hingga bersih.

  1. Membersihkan saluran cerna

Manfaat karbon aktif berikutnya adalah membersihkan saluran cerna dari beragam toksin. Ketika toksin keluar dari tubuh, maka rasa sakit pada sendi biasanya berkurang. Energi dan fungsi pikiran juga jadi lebih meningkat.

Oleh karena lingkungan sekitar sudah tercemar, mulai dari makanan yang sarat pestisida hingga bahan kimia dalam air minum, maka penting bagi kita untuk melakukan detoksifikasi tubuh secara rutin.

Anda bisa mengonsumsi 10 gram karbon aktif 90 menit sebelum makan selama 2 hari. Selama proses detoksifikasi berlangsung, konsumsilah makanan organik dan perbanyak minum air agar tidak sembelit.

  1. Mencegah penuaan dini

Karena bisa mencegah terjadinya kerusakan sel dan membersihkan tubuh dari berbagai bahan kimia berbahaya, maka otomatis karbon aktif akan membuat tubuh kita tidak mudah menua. Anda bisa mengonsumsi rutin 2 kapsul karbon aktif setiap hari untuk mendapatkan manfaat tersebut.

  1. Menurunkan kolesterol

Kolesterol jahat turun dan kolesterol baik naik tentulah merupakan kondisi yang diidamkan banyak orang, dan karbon aktif dapat mewujudkannya untuk Anda.

Namun hindari mengonsumsinya bersamaan dengan obat atau suplemen lain, karena pengobatan lain bisa menghambat kinerja karbon aktif dalam tubuh. Sebaliknya beri jeda waktu 90-120 menit bila Anda harus minum obat lain juga.

Jangan sampai karbon aktif menimbulkan efek samping bagi tubuh bila Anda mengonsumsinya bersaman dengan suplemen lain. Selain itu, kapanpun Anda memutuskan untuk mengonsumsi karbon aktif, perbanyaklah minum air dikarenakan arang aktif bisa menimbulkan dehidrasi.

Dan supaya Anda bisa mendapatkan secara maksimal manfaat karbon aktif dan cara menggunakannya, hindari produk yang sudah diberi tambahan pemanis buatan. Pilih arang aktif yang tidak berasa dam berbau.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer