16 Jenis Buah untuk Menurunkan Darah Tinggi

Kita sudah pernah membahas mengenai daftar buah untuk penambah darah dan buah yang disarankan untuk penderita diabetes. Pada ulasan kali ini kita akan menyimak ragam buah untuk menurunkan darah tinggi.

Bila ingin menurunkan darah tinggi, maka Anda yang disarankan mengonsumsi makanan yang dipadati dengan potasium, magnesium, serat, serta antioksidan dan nutrisi ini banyak terdapat pada buah-buahan. Oleh sebab itu, deretan buah seperti aprikot, kurma, strawberry, mangga, maupun melon tak boleh dilupakan apalagi kalau Anda ingin menendang hipertensi lebih jauh lagi.

buah mengkudu untuk menurunkan darah tinggi

16 Buah Penurun Darah Tinggi

Selain itu, sertakan pula beberapa buah untuk menurunkan darah tinggi berikut dalam menu sehari-hari:

  1. Pepaya
  2. Jambu Biji
  3. Tomat
  4. Kiwi
  5. Blueberry
  6. Alpukat
  7. Prem/ Prune
  8. Semangka
  9. Kismis/ anggur
  10. Bit
  11. Pisang
  12. Peach
  13. Apel
  14. Jeruk
  15. Mengkudu
  16. Timun

Simak penjelasan lebih detailnya berikut ini:

  1. Pepaya

Saat ditanya, “buah apa yang mengandung banyak vitamin C?” Maka jawaban dari sebagian besar orang pastilah jeruk. Padahal masih ada buah lain yang juga dipadati vitamin C, yakni pepaya. Kandungan vitamin C dalam pepaya bahkan lebih banyak ketimbang jeruk. Tak hanya itu, pepaya juga kaya beragam vitamin serta mineral lain, termasuk asam amino dan potasium yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan jantung secara keseluruhan. Ketika jantung sehat, maka tekanan darah juga berangsur normal. Baca juga: Buah Pilihan yang Mengandung Vitamin C Terbanyak

  1. Jambu Biji

Jambu biji kaya akan potasium dan serat yang dapat menyehatkan saluran pencernaan sekaligus menurunkan tekanan darah. Oleh sebab itu, jangan segan mengonsumsi jambu biji sebelum makan siang dan malam untuk memetik dampak sehatnya.

  1. Tomat

Darah tinggi hanyalah segelintir dari sekian banyak penyakit yang dapat ditangani dengan mudah oleh tomat. Berkat kandungan likopennya, buah super satu ini juga dapat mencegah gangguan kesehatan lain seperti diabetes hingga penuaan dini. Untuk penyajiannya, Anda disarankan makan buah tomat yang masih segar. Hindari tomat hasil proses seperti saus tomat yang kebanyakan sudah dibubuhi bahan lain yang justru berbahaya bagi kesehatan.

  1. Kiwi

Dibanding buah lain, kiwi memang memiliki harga yang cukup mahal. Akan tetapi, kalau Anda rindu menurunkan darah tinggi dengan cara yang nikmat, maka konsumsilah paling tidak 3 buah kiwi setiap hari.

  1. Blueberry

Sama halnya dengan raspberry, blueberry kaya akan antioksidan yang berdampak langsung pada tekanan darah karena perannya yang mengeliminasi radikal bebas dari dalam tubuh. Agar hasilnya efektif, Anda disarankan menghindari makanan yang justru dapat memicu naiknya radikal bebas dalam tubuh. Sebagai menu sarapan misalnya, konsumsilah semangkuk blueberry segar yang dicampur dengan buah lain, atau makanlah bersama dengan oatmeal, pancake, atau mufin.

  1. Alpukat

Seperti barisan prajurit yang sedang berperang, begitulah dengan alpukat. Ketika dikonsumsi, buah yang kaya akan potasium dan serat ini siap menyerang darah tinggi dari segala arah lalu menstabilkannya.

Tak hanya cocok dengan beragam jenis makanan lain, Anda pun dapat mengonsumsinya melalui berbagai olahan, mulai dari jus, salad, saus taco, dan lain sebagainya. Bonusnya, kandungan lemak tak jenuh dalam alpukat juga bakal membuat perut kenyang lebih lama sehingga mencegah makan berlebih.

  1. Prem/ Prune

Hasil tes menunjukkan bahwa prem baik untuk kesehatan secara keseluruhan, terutama hipertensi. Buah satu ini dapat menurunkan jumlah kolesterol jahat dalam tubuh, dan akibatnya, tekanan darah pun ikut merosot. Selain itu, prune juga terkenal oleh kandungan laksatifnya yang dapat membantu menyembuhkan konstipasi.

  1. Semangka

Sensasi yang menyegarkan saat makan buah semangka membuat kebanyakan orang tak keberatan untuk memperbanyak porsinya. Dan berkaitan dengan masalah tekanan darah, maka bagian dari semangka yang berjasa adalah kandungan L-citrulline-nya. Muatan ini membantu merilekskan pembuluh darah sehingga hasilnya darah tinggi jadi menurun.

  1. Kismis/ anggur

Rasa yang enak dan ukuran yang mungil menjadikan kismis cocok sebagai cemilan yang bisa dikudap kapan dan dimana saja. Meski demikian, Anda disarankan tidak berlebihan dalam mengonsumsi salah satu sumber potasium tersebut dikarenakan kadar gulanya yang cukup tinggi. Selain itu, saat membeli kismis, pastikan bahwa bahannya benar-benar anggur organik.

  1. Bit

Meski belum terlalu terkenal seperti buah lain, namun nama serta manfaat buah bit cukup melejit belakangan ini. Anda dapat mengonsumsi bit dalam bentuk jus setiap hari bila ingin memetik beragam manfaat sehatnya. Tak mengapa bila pada mulanya Anda kurang suka rasanya, lama-kelamaan nanti Anda pasti bisa menoleransi dan mulai terbiasa dengannya.

  1. Pisang

Buah untuk menurunkan darah tinggi berikutnya adalah pisang yang juga dipadati dengan potasium. Untuk merasakan dampak maksimal bagi tekanan darah, Anda disarankan mengonsumsi 2 buah pisang setiap hari. Tambahkan konsumsinya 1 buah lagi jika ingin mencegah stroke.

  1. Peach

Dalam 1 buah peach berukuran sedang saja sudah terkandung 1% (AKG) kalsium, 3% magnesium, dan 8% potasium, apalagi kalau ukurannya lebih besar dari itu.

  1. Apel

Banyak orang bilang bahwa sebutir apel sehari mampu menjauhkan Anda dari dokter atau rumah sakit. Alasan serupa berlaku juga bila Anda ingin menurunkan darah tinggi dengan cara alami.

  1. Jeruk

Tentu saja jeruk harus masuk dalam deretan buah untuk menurunkan darah tinggi. Kandungan vitamin C dalam jeruk yang berperan sebagai antioksidan tak hanya berjasa dalam menurunkan tekanan darah, namun juga memperkuat sistem kekebalan tubuh. Untuk mengonsumsinya, Anda bisa mengolahnya menjadi jus, atau makan buahnya langsung.

  1. Mengkudu

Buah mengkudu mengandung banyak zat, termasuk potasium. Beberapa zat juga berperan dalam membantu memperbaiki sel-sel yang rusak dalam tubuh, mengaktifkan sistem kekebalan tubuh, dan memiliki kegiatan lain, termasuk menurunkan tekanan darah tinggi.

  1. Mentimun

Penelitian menunjukkan bahwa makanan yang tinggi kalium, magnesium dan serat dapat menurunkan darah tinggi. Mentimun tidak hanya mengandung tiga nutrisi tersebut, tetapi juga merupakan sumber Vitamin A dan K, folat, asam caffeic, dan silika. Selain itu juga mengandung vitamin C, yaitu antioksidan kuat sehingga mentimun dinobatkan sebagai buah untuk menurunkan tekanan darah.

Lihat juga: 30 Makanan Penurun Darah Tinggi yang Bisa Anda Pilih

Itulah sederet buah untuk menurunkan tekanan darah tinggi, hal terpenting adalah jangan hanya bergantung pada 1 jenis buah saja, melainkan kombinasikan konsumsi buah agar hasilnya lebih maksimal. Dan jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter, ketika itu dikombinasikan dengan obat-obatan.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer