20 Manfaat Buah Sirsak Selain Untuk Kanker

Kebanyakan dari kita hanya mengetahui manfaat buah sirsak untuk penyakit kanker. Namun sebenarnya masih banyak khasiat lain dari buah yang banyak tersedia di Indonesia ini. Apa sajakah itu? simak terus ulasan di bawah ini.

Buah sirsak biasanya digunakan untuk bahan dasar pembuatan minuman dan makanan, mulai dari jus, sup buah, es krim, hingga manisan. Selain rasanya yang unik karena manis-manis asam, buah sirsak ternyata merupakan salah satu buah super yang memiliki kemampuan untuk menyembuhkan beragam penyakit. Manfaat buah sirsak ini diperantarai oleh kandungan antioksidan tinggi seperti vitamin C, B, kalsium, fosfor, dan zat besi.

manfaat buah sirsak

Baca juga:

Kandungan dan Manfaat Buah Sirsak

Dalam 100 gr buah sirsak, terdapat 66 kalori, 16,8 gr karbohidrat, 1 gr protein, 0,3 gr lemak, 3,3 gr serat. Soal vitaminnya, 100 gr buah sirsak mengandung 20,6 mg vitamin C (34% AKG), serta 0,1 mg vitamin B6 (3% AKG). Sementara untuk kadar mineralnya adalah sebagai berikut:

  1. 278 mg potasium (8% AKG)
  2. 21 mg magnesium (5% AKG)
  3. 0,1 mg thiamin (5% AKG)
  4. 0,9 mg niasin (4% AKG)
  5. 0,1 mg tembaga (4% AKG)
  6. 0,1 mg riboflavin (3% AKG)
  7. 14 mg folat (3% AKG)
  8. 0,6 mg zat besi (3% AKG)
  9. 27 mg fosfor (3% AKG)
  10. 0,3 mg asam pantotenat (3% AKG)

Lantas apa saja manfaat buah sirsak? Setidaknya ada 15 khasiat buah sirsak sebagai berikut:

  1. Meminimalisir gangguan penglihatan
  2. Mencegah kanker
  3. Membunuh sel kanker khususnya di pankreas
  4. Menyembuhkan infeksi
  5. Melegakan pernafasan
  6. Meredakan stres
  7. Menyehatkan kulit
  8. Memperkuat sistem kekebalan tubuh
  9. Baik bagi saluran gastrointestinal
  10. Mencegah osteoporosis
  11. Meningkatkan energi
  12. Menjaga jantung dan mencegah kerusakan saraf
  13. Merawat kesehatan saluran kencing
  14. Mengobati tekanan darah tinggi
  15. Menyembuhkan luka
  16. Meningkatkan konsentrasi
  17. Membantu pembentukan hemoglobin darah
  18. Mencegah Katarak
  19. Mengurangi risiko diabetes
  20. Mengatur keseimbangan asam dan basa dalam darah

Untuk penjelasan masing-masing poin di atas adalah sebagai berikut:

  1. Meminimalisir gangguan penglihatan

Sebuah studi yang digawangi National Eye Institute mendapati bahwa beragam nutrisi dalam buah sirsak mampu menurunkan gangguan mata degenerasi makula hingga 25%. Beragam nutrisi yang berjasa tersebut antara lain vitamin C, E, beta karoten, dan zinc. Semua gizi ini bisa diperoleh khususnya saat buah sirsak dikonsumsi sebagai bahan minuman.

  1. Mencegah kanker

Studi lain yang dimuat dalam mskcc.org menunjukkan bahwa fitonutrien dalam buah sirsak mengandung antioksidan tinggi jenis alkaloid, saponin, terpenoid, flavonoid, kumarin, lakton, antrakuinon, tanin, kardiak glikosida, fenol, serta fitosterol. Semua ini kandungan ini memberikan khasiat buah sirsak yang mampu mencegah penyakit berbahaya seperti kanker atau tumor.

Selain itu, para ilmuwan dari Tepic Institute of Technology (Meksiko) mendapati acetogenin dalam buah sirsak memiliki sifat mirip kemoterapi (tanpa efek samping) yang dapat memperkecil ukuran tumor. Cara kerjanya adalah dengan memotong aliran darah sehingga tak sampai masuk ke sel abnormal. Dengan demikian sel abnormal tak dapat berkembang dengan baik dan mengalami kematian.

  1. Membunuh sel kanker khususnya di pankreas

Seperti disinggung di atas, ekstrak buah sirsak mampu membunuh sel berbagai jenis kanker seperti payudara, prostat, serta paru-paru. Namun yang paling utama dari semua itu adalah sel kanker pankreas.

Pernyataan mengenai manfaat buah sirsak yang satu ini merupakan hasil studi Universitas Nebraska Medical Center. Dalam hal ini, sel kanker mengandung lebih banyak glukosa, yang menyebabkan perkembangannya begitu pesat. Namun bila diatasi dengan ekstrak sirsak, maka kadar glukosanya akan menurun. Kurangnya kadar glukosa tersebut membuat sel kanker sukar bertahan hidup atau berkembang, dan tentu saja ini merupakan kabar gembira.

  1. Menyembuhkan infeksi

Sirsak juga sering dipakai untuk menyembuhkan berbagai infeksi akibat bakteri atau parasit, termasuk leishmaniasis (penyakit karena parasit yang biasanya menular lewat gigitan lalat). Tak hanya itu, sirsak juga dapat dipakai sebagai obat herpes, batuk, hingga muntah. Seperti kita ketahui kalau bakteri dan jamur dapat menimbulkan batuk, bersin, demam, dan gejala lainnya.

Di samping itu, jika Anda menderita radang sendi, maka coba gosokkan ramuan sirsak ke area yang sakit untuk meredakannya. Komponen anti-radang di dalam sirsak akan mempercepat proses penyembuhan sekaligus meningkatkan fleksibelitas sendi.

  1. Melegakan pernafasan

Bila saat ini Anda sedang berjuang untuk sembuh dari batuk, pilek, atau gangguan pernafasan lainnya, maka petiklah keuntungan dari sifat anti-radang buah sirsak. Tak hanya melegakan pernafasan, buah sirsak juga meredakan iritasi sekaligus mempercepat proses penyembuhan.

Memiliki sifat yang sama dengan ekspektoran, membuat sirsak juga mampu mengeliminasi dahak dan ingus yang biasanya menjadi sarang patogen.

  1. Meredakan stres

Teh sirsak telah lama dipakai sebagai salah satu obat alami pereda stres karena sifatnya yang menenangkan. Selain itu, bila Anda mengalami insomnia, maka teh sirsak merupakan pilihan bijak.

  1. Menyehatkan kulit

Tak hanya buahnya, biji sirsak yang ditumbuk halus menjadi bubuk juga bisa disulap menjadi astringent. Tak hanya mampu mengecilkan pori-pori, astringent dari biji buah sirsak juga bisa mengurangi garis halus dan kerutan, serta tanda penuaan lainnya. Anda tinggal mengaplikasikannya untuk mendapatkan kulit cantik, sehat, serta bebas bakteri.

  1. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C buah sirsak yang tinggi mampu merangsang pembentukan sel darah putih, sementara ragam antioksidannya berjasa untuk menetralkan radikal bebas sehingga tubuh tak sampai jatuh sakit.

  1. Baik bagi saluran gastrointestinal

Sifat diuretiknya mampu membersihkan saluran gastrointestinal dari toksin atau kadar garam yang berlebih. Selain itu, agen anti-radang termasuk alkaloid dan kuinolonnya, dapat mengurangi parasit dalam lambung, serta meredakan sakit di perut maupun usus besar.

Buah sirsak juga bagus untuk menyembuhkan wasir. Anda tinggal minum perasan buah sirsak 2x sehari setiap pagi dan sore. Dan bagi bayi baru lahir yang terkena diare, juga boleh diberikan 2-3 sdm air perasan sirsak. Dan karena sirsak juga mengandung serat, maka konstipasipun pasti tak berani mendekat bila Anda rutin mengonsumsinya.

  1. Mencegah osteoporosis

Manfaat buah sirsak lainnya adalah mencegah osteoporosis. Hal ini berkat kandungan kalsium serta fosfor yang sangat penting untuk mempertahankan tulang agar tetap kuat.

  1. Meningkatkan energi

Manfaat buah sirsak yang satu ini diperantarai oleh kandungan gula jenis fruktosa yang tinggi dapat menjadi sumber karbohidrat sehingga menjaga Anda tetap berenergi usai mengonsumsinya.

  1. Menjaga jantung dan mencegah kerusakan saraf

Vitamin B1 dalam sirsak dapat bermanfaat untuk mempercepat lajunya metabolisme, sirkulasi darah, serta mencegah gangguan saraf. Sementara vitamin B2 nya penting untuk produksi energi, penyimpanan lemak, mempertahankan sistem saraf sekaligus kesehatan otot jantung.

  1. Merawat kesehatan saluran kencing

Karena kandungan airnya sangat tinggi, maka buah sirsak juga efektif untuk mencegah dan merawat infeksi saluran kemih.

  1. Mengobati tekanan darah tinggi

Kandungan potasium yang tinggi dalam buah sirsak membuatnya bermanfaat untuk penderita hipertensi dan juga gangguan jantung.

  1. Menyembuhkan luka

Manfaat buah sirsak yang terakhir yang akan kita bahas adalah untuk obat luka. Letakkan potongan buah sirsak pada luka untuk mempercepat proses kesembuhannya sekaligus mencegah timbulnya infeksi akibat bakteri.

 

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer