27 Manfaat Daun Sirih Bagi Wanita dan Pria

Siapa sangka bahwa dalam sehelai daun sirih terdapat begitu banyak khasiat baik untuk kesehatan dan kecantikan. Lantas apa sajakah manfaat daun sirih bagi wanita maupun pria? Mari kita simak jawabannya melalui ulasan berikut ini.

manfaat daun sirih

Manfaat Daun Sirih yang Luar Biasa

1 | Menghilangkan bau tak sedap

Kandungan antioksidan betiephenol, eugenol, serta chavicol yang ada dalam minyak atsiri daun sirih berguna untuk membunuh kuman serta mencegah radang. Oleh sebab itu, daun sirih sangat berjasa untuk melenyapkan aroma tak sedap, baik itu pada mulut, badan, hingga organ keintiman.

Caranya cukup mudah, Anda tinggal mengambil dan merebus beberapa lembar daun sirih yang sudah tua, lalu mengonsumsi air rebusannya. Alternatif lain untuk mengurangi keringat berlebih adalah dengan menumbuk dan mengoleskan daun sirih ke area ketiak setiap hari.

2 | Menyembuhkan keputihan

Bila tak disertai gatal dan bau tak sedap, mungkin keputihan takkan terlalu mengganggu aktivitas seorang wanita. Namun jika sebaliknya yang terjadi, maka jelas bahwa gangguan ini harus diatasi. Salah satu cara alami menyembuhkan keputihan adalah dengan memanfaatkan air rebusan sirih untuk membasuh area keintiman. Selain menggunakan air rebusan sirih itu sendiri untuk dikonsumsi dan membersihkan organ intim, Anda juga boleh menambahkan bangle, kunyit, serta batang krangean ke dalam campuran tersebut.

3 | Menunda kehamilan

Ada solusi alami untuk pasangan atau wanita yang belum siap memiliki momongan. Salah satu cara alami menunda kehamilan adalah dengan mengonsumsi ramuan daun sirih yang dicampur dengan jenitri, kayu rapet, nanas, jeruk nipis, dan tape ketan.

4 | Mengurangi rasa sakit saat haid

Jumlah darah yang terlalu banyak keluar dapat menyebabkan timbulnya nyeri saat datang bulan. Oleh sebab itu, campurkan daun sirih dengan kunyit dan gambir, rebus, lalu minum airnya.

Siklus datang bulan yang tidak teratur juga bisa diminimalisir dengan mengonsumsi air rebusan daun sirih. Anda juga boleh menambahkan mahkota dewa serta umbi dewa ke dalam air rebusan sirih tadi.

5 | Menghilangkan gatal

Untuk meredakan gatal pada organ keintiman, Anda bisa merebus daun sirih dengan sedikit asam kawak. Gunakan sebagian air rebusan tadi untuk dikonsumsi, dan pakailah sisanya untuk membasuh organ keintiman. Lakukan secara teratur hingga gatal hilang. Namun bila gatal pada kulit tubuh yang jadi permasalahannya, maka rebus daun sirih hingga layu, lalu campurkan rebusan tadi dengan air mandi.

6 | Menghilangkan jerawat

Jerawat boleh dibilang merupakan musuh besar setiap wanita dikarenakan keberadaannya yang bisa merusak kecantikan. Agar jerawat entah itu di wajah atau bagian tubuh lain sirna, maka bersihkan bagian yang berjerawat tersebut dengan air rebusan sirih. Sudah banyak yang membuktikan manfaat daun sirih yang satu ini.

7 | Obat batuk alami

Manfaat daun sirih bagi wanita dan juga pria berikutnya adalah meredakan batuk. Pilihlah beberapa lembar daun sirih merah, lalu minum air rebusannya 2 kali sehari hingga batuk reda. Untuk kasus yang lebih parah seperti bronkitis, Anda bisa meningkatkan dosisnya menjadi 3 kali sehari.

8 | Menyembuhkan luka bakar

Tak sengaja terciprat minyak saat memasak? Segera tumbuk daun sirih merah, campurkan dengan madu, dan oleskan pada area terbakar.

9 | Obat mata

Tak banyak yang tahu bahwa air rebusan daun sirih bisa dipakai untuk menyembuhkan sakit mata. Anda bisa menggunakan airnya sebagai kompres atau obat tetes mata. Sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menerapkan manfaat daun sirih yang satu ini.

10 | Mengobati penyakit jantung

Anda dapat membuat ramuan dari daun sirih yang ditumbuk bersama bawang merah, jintan putih, biji kemukus, serta air panas. Minum setelah dingin.

11 | Menghentikan pendarahan pada gusi

Pilihlah daun sirih merah dan rebus lalu gunakan untuk berkumur hingga pendarahan reda. Untuk menyembuhkan sakit gusi atau sariawan, Anda juga dapat mengunyah daun sirih merah selama beberapa menit.

12 | Mengempiskan payudara yang bengkak

Bakar beberapa lembar daun sirih lalu tempelkan pada payudara dalam keadaan hangat. Langkah ini juga bisa dipakai untuk mengurangi produksi ASI yang terlalu banyak.

13 | Obat alergi

Gatal-gatal akibat alergi bisa dihilangkan dengan mengoleskan ramuan daun sirih yang sudah ditumbuk bersama dengan minyak kayu putih dan jahe. Baca juga: Obat Gatal Kulit Paling Ampuh di Apotek

14 | Mengatasi diare

Ada cara alami untuk menyembuhkan diare yakni dengan menggunakan ramuan daun sirih yang dicampur dengan minyak kelapa dan biji lada sebagai obat gosok perut.

15 | Menghentikan mimisan

Selain dengan menggunakan tisu atau kapas yang dicelup ke air dingin, metode efektif lain untuk menghentikan mimisan adalah dengan menggulung dan menyematkan daun sirih layu ke lubang hidung. Khasiat daun sirih yang satu ini rupa-rupanya sudah dibuktikan sejak zaman dahulu. Lebih lanjut silahkan baca: Penyebab Mimisan dan Cara Mengatasinya

16 | Mengobati sakit telinga

Campur air rebusan sirih dengan minyak kelapa, lalu teteskan 2 tetes ke telinga untuk mengobati sakit telinga.

Selain deretan khasiat di atas, air rebusan daun sirih yang dikonsumsi secara teratur juga bermanfaat untuk:

  1. Mengobati radang tenggorokan
  2. Obat sakit gigi
  3. Obat maag
  4. Menyembuhkan radang paru-paru
  5. Menyembuhkan demam berdarah
  6. Minuman kesehatan pasca melahirkan
  7. Menyembuhkan asam urat
  8. Melancarkan pencernaan
  9. Meningkatkan nafsu makan
  10. Minyak pijat untuk sakit punggung
  11. Menyembuhkan asma

Demikianlah beberapa manfaat daun sirih bagi wanita maupun pria yang bisa Anda peroleh.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer