Deretan Manfaat Buah Naga yang Mencengangkan

Hampir sebagian besar dari kita pasti sudah tak asing lagi dengan yang namanya buah naga. Buah yang memiliki kulit tebal dan tekstur unik tersebut memang cukup diminati belakangan ini. Hal ini terbukti dari kian banyaknya orang yang membudidayakan buah yang bentuknya mirip tanaman kaktus tersebut. Namun tahukah Anda apa saja manfaat buah naga?

Sebelum sampai kepada pembahasan mengenai khasiatnya, ada baiknya kita simak terlebih dahulu kandungan nutrisi yang terdapat dalam 100 gram buah naga.

  1. 100 gram buah naga mengandung 50 kalori, 11 gr karbohidrat, 1,1 gr protein, 0,4 gr lemak, dan 3 gr serat.
  2. Untuk vitaminnya, terdapat 20,5 mg vitamin C, 0,05 mg vitamin B2, 0,04 mg vitamin B1, dan 0,16 vitamin B3.
  3. Mineral yang terdapat dalam buah yang memiliki nama lain pitaya ini antara lain zat besi (1,9 gr), fosfor (22,5mg), serta kalsium (8,5mg).

manfaat buah naga

Apa Manfaat Buah Naga?

Manfaat Buah Naga antara lain:

  1. Mendongkrak sistem kekebalan tubuh
  2. Membantu sistem pencernaan
  3. Mencegah dan mengobati diabetes
  4. Menyehatkan jantung
  5. Menjaga kecantikan kulit
  6. Mencegah kanker

Penjelasan lebih lanjutnya bisa kita simak di bawah ini:

  1. Mendongkrak sistem kekebalan tubuh

Di samping deretan nutrisi yang telah disebutkan di atas, buah naga juga kaya akan flavonoid. Baik flavonoid maupun vitamin C, keduanya sangat baik untuk sistem imun tubuh. Apalagi kandungan vitamin C dalam buah naga lebih banyak ketimbang wortel, sehingga membuatnya menjadi salah satu sumber vitamin C yang dapat diandalkan.

Tak hanya itu, mikronutrisi yang terkandung dalam buah naga juga cukup mengesankan. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Food Science mengobservasi efek polifenol dan flavonoid terhadap beberapa jenis sel kanker. Baik ekstrak maupun kulit buah naga merah atau putih, semuanya mengandung agen anti-kanker, sehingga buah ini baik untuk dimakan maupun sebagai bahan kosmetik hingga obat-obatan.

  1. Membantu sistem pencernaan

Kita semua tahu bahwa serat sangat berperan penting dalam melancarkan metabolisme. Dan salah satu cara terbaik untuk mendapatkan asupan serat secara alami adalah melalui konsumsi buah-buahan dan sayur. Selain membantu melancarkan sistem pencernaan, buah naga juga bisa menjauhkan konstipasi serta gangguan pencernaan lainnya.

Seperti yang telah disinggung di atas, dalam 100 gr buah naga terdapat sekitar 1 gr serat untuk versi buah segar, dan 10 gr bila dalam kondisi sudah dikeringkan. Untuk memperbesar porsi seratnya, Anda bahkan disarankan mengonsumsi kulitnya juga.

Alasan lain mengapa manfaat buah naga begitu ramah bagi pencernaan adalah karena mengandung oligosakarida yang bekerja sebagai prebiotik. Selain meningkatkan kesehatan metabolisme, prebiotik ternyata juga baik bagi penderita obesitas, kanker, hipersensitif, gangguan pembuluh darah, serta penyakit ringan lainnya.

  1. Mencegah dan mengobati diabetes

Manfaat buah yang disebut juga dengan pitahaya berikutnya masih berkaitan erat dengan serat. Tak cuma melancarkan pencernaan, serat buah naga juga mampu menstabilkan kadar gula darah sehingga tetap normal. Oleh sebab itu, konsumsilah buah super ini setelah makan penganan tinggi glikemik.

Studi yang dipublikasikan oleh Journal of Pharmacognosy bahkan mendapati buah naga dapat meredakan berbagai masalah kesehatan yang berkaitan dengan diabetes. Hasil riset lebih jauh yang dilakukan terhadap tikus dengan obesitas mendapati bahwa buah naga bisa mencegah resiko diabetes beserta gejala-gejalanya.

  1. Menyehatkan jantung

Studi serupa di atas mencatat dikarenakan buah naga dapat mencegah diabetes, maka pitaya juga bagus untuk jantung. Pernyataan ini semakin dikokohkan lewat hasil pembelajaran yang dipublikasikan dalam Journal of Pharmacognosy Research, yaitu bahwa buah naga bermanfaat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh.

Berkat kandungan lemak tak jenuhnya itu pula, maka jantung seseorang bisa tetap berada dalam kondisi prima. Dan, tahukah Anda bahwa deretan biji hitam dalam buah naga ternyata mengandung asam omega-3 dan -6 yang mampu menangkis gangguan akibat trigliserida? Oleh sebab itu, ketika mengonsumsi buah naga, makanlah beserta bijinya.

  1. Menjaga kecantikan kulit

Tak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, kandungan antioksidan dalam buah naga juga baik untuk kecantikan kulit. Seperti vitamin C misalnya, yang dapat menjaga kulit tetap kencang dan awet muda. Belum lagi kandungan fosfor yang berperan sebagai agen anti-aging dikarenakan mineral penting ini biasanya terdapat dalam setiap sel tubuh dan berjasa dalam memperbaiki sel yang rusak.

  1. Mencegah kanker

Buah naga juga mengandung fitoalbumin yang bila dikombinasikan dengan vitamin C dan mineral lain, membuat buah ajaib satu ini mampu mencegah penyakit kanker. Tak hanya fitoalbumin saja yang memberikan manfaat buah naga yang penting ini, melainkan likopen juga.

Antioksidan yang juga bisa ditemukan dalam tomat ini memiliki efek kemopreventif untuk kanker prostat, payudara, paru-paru, liver, dan kulit. Bahkan hasil studi yang dimuat dalam Nutrition and Cancer mengindikasikan bahwa sel kanker mengalami kesulitan untuk bertahan hidup bila bersentuhan dengan likopen.

Hasil evaluasi juga menunjukkan adanya penurunan jumlah sel kanker dalam rahim ketika seorang pasien mendapatkan asupan likopen yang cukup. Dan dragon fruit ini jelas bisa menjadi salah satu sumbernya.

Saat memilih buah naga, sedapat mungkin belilah yang organik karena bebas zat berbahaya seperti pestisida. Soal penyajiannya, buah yang dapat dibeli dalam bentuk kering ataupun segar ini dapat digunakan sebagai bahan pembuat smoothie, jus, salad, atau dikonsumsi secara langsung.

Jika selama ini Anda selalu mencari cemilan yang rendah lemak, kalori, dan sehat, maka buah ini cocok dijadikan pilihan dikarenakan manfaat buah naga yang begitu berlimpah.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer