Kandungan dan Manfaat Air Kelapa Muda yang Patut Diacungi Jempol

Segar rasanya bila bisa menikmati segelas air kelapa muda saat matahari sedang terik-teriknya. Banyak orang percaya bahwa air kelapa muda khususnya yang berasal dari kelapa hijau memiliki banyak khasiat. Lantas apa saja kandungan dan manfaat air kelapa muda?

Kandungan Gizi Dalam Air Kelapa Muda

  1. Dalam 240 gram kelapa muda terdapat sekitar 46 kalori, 6 gr gula, 2 gr protein, 252 mg sodium, 9 gr karbohidrat, 3 gr serat, dan 0 gr lemak.
  2. Nutrisi utama yang memegang peranan penting adalah potasium yakni sebanyak 600 mg sehingga membuat air kelapa muda bisa diandalkan sebagai salah satu minuman elektrolit.
  3. Mineral lainnya adalah magnesium, kalsium, fosfor, zat besi, zinc, tembaga, mangan, dan selenium.
  4. Air kelapa muda juga mengandung beragam vitamin seperti A, B6, B12, C, D, E, K, thiamin, riboflavin, niacin, folat, asam pantotenat, kolin, dan betaine.
  5. Beberapa peneliti bahkan menduga kandungan hormon sitokinin dalam air kelapa muda dapat berfungsi sebagai anti-kanker.

manfaat air kelapa muda

Manfaat Air Kelapa Muda

Selain mendongkrak energi dan mengurangi selulit, manfaat air kelapa muda lainnya bagi kesehatan adalah:

  1. Menurunkan tekanan darah
  2. Menurunkan berat badan
  3. Meningkatkan performa olahragawan/ atlet
  4. Menurunkan kolesterol
  5. Meredakan stres dan otot kaku/ tegang
  6. Detoksifikasi tubuh

Berikut penjelasan lebih lanjut tentang kandungan dan manfaat air kelapa muda:

  1. Menurunkan tekanan darah

Sebuah studi yang dilakukan tahun 2005 silam mendapati bahwa ketika seseorang mengonsumsi air kelapa muda selama 2 minggu, maka tekanan sistolik tubuhnya menurun hingga 71%, sementara diastoliknya lebih rendah 29% ketimbang mereka yang minum air putih biasa.

Kondisi ini disebabkan karena kandungan potasium dalam air kelapa muda yang bisa mengurangi resiko penyakit kardiovaskular. Saat masuk dalam tubuh, potasium akan menetralkan efek dari sodium sehingga tekanan darah menurun.

  1. Menurunkan berat badan

Hal ini jelas karena air kelapa muda bebas lemak dan hanya memiliki sedikit kadar karbohidrat maupun gula. Asalkan diminum tanpa gula tambahan, maka air kelapa muda baik untuk membantu Anda yang sedang diet. Baca: Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

  1. Meningkatkan performa olahragawan/ atlet

Kandungan potasium air kelapa muda yang tinggi membuatnya dapat menggantikan elektrolit yang hilang dari tubuh. Ini menjadikan minuman tersebut cocok untuk para olahragawan atau atlet yang rutin berlatih.

Selain itu, rendahnya kandungan karbohidrat dibanding minuman berenergi lain jelas membuat air kelapa muda lebih sehat untuk dikonsumsi usai berolahraga. Namun untuk latihan dengan intensitas tinggi atau berat, maka mungkin akan dibutuhkan minuman berenergi yang mengandung lebih banyak sodium dan karbohidrat.

  1. Menurunkan kolesterol

Pada riset yang dilakukan pada tahun 2006, saat tikus-tikus sebagai obyek percobaan diberi minuman air kelapa muda, maka kadar kolesterol LDL dan trigliserida dalam tubuhnya menurun. Tak hanya itu, para tikus yang memiliki penyakit jantung juga didapati lebih cepat sembuh berkat jasa potasium, kalsium, dan magnesium yang terdapat dalam air kelapa muda. Baca: 3 Cara Mudah Menurunkan Kolesterol Secara Alami

  1. Meredakan stres dan otot kaku/ tegang

Mengonsumsi air kelapa muda boleh jadi memiliki dampak yang sama seperti pijat relaksasi. Hal ini berkat kandungan kalsium dan magnesium yang berjasa untuk meredakan stres dan otot kaku. Harus diakui banyak dari kita seringkali tidak mendapatkan asupan mineral penting yang cukup saat makan.

Di samping dapat menguatkan tulang dan gigi, kalsium juga bisa merilekskan otot dan menurunkan resiko sakit jantung. Sementara untuk magnesium yang selama ini dijuluki sebagai mineral relaksasi ternyata dapat merangsang produksi hormon serotonin. Jadi, jangan segan mengonsumsi air kelapa muda saat Anda sedang mengalami kepenatan yang luar biasa.

  1. Detoksifikasi tubuh

Tubuh manusia sebenarnya sudah dilengkapi dengan kemampuan untuk melakukan detoksifikasi sendiri asalkan jumlah nutrisi dan cairan yang dibutuhkan mencukupi. Bila cairan dalam tubuh kurang, maka toksin akan menumpuk karena ginjal dan hati selaku organ detoks tidak bisa berfungsi optimal. Tak heran bila dehidrasi kemudian memicu beragam gangguan seperti sakit kepala, mudah iritasi, gelisah, dan rasa haus yang berlebihan.

Meski jumlah ideal cairan yang diperlukan tubuh setiap hari adalah 8-10 gelas air, akan tetapi saat cuaca panas atau usai berolahraga, tubuh membutuhkan lebih dari sekedar air putih biasa. Untuk itulah, Anda bisa mengandalkan air kelapa muda sebagai minuman pendamping air putih.

Adakah Efek samping Air Kelapa Muda?

Bicara soal efek samping, air kelapa muda memang aman bagi semua orang. Namun mereka yang memiliki masalah dengan ginjal sebaiknya tidak terlalu sering mengonsumsi makanan atau minuman yang tinggi potasium, salah satunya adalah air kelapa muda.

Lebih dari itu, sedapat mungkin pilihlah air kelapa muda yang berasal dari buah kelapa asli karena lebih murni. Hindari air kelapa muda kemasan yang biasanya sudah ditambahi dengan gula tambahan, zat pengawet, dan bahan kimia lainnya.

Setelah menyimak bersama apa saja kandungan dan manfaat air kelapa muda, maka segera ganti minuman berenergi yang biasa Anda konsumsi dengan air kelapa muda yang lebih alami. Tak hanya sehat, air kelapa muda juga mudah ditemukan dan memiliki harga yang murah meriah. Jadi tunggu apa lagi..

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer