Manfaat Daun Sirsak – Obat Kanker dan Depresi

Daun sirsak tergolong daun dengan ukuran besar, mengkilap, hijau tua yang dapat ditemukan di hutan hujan di Amerika Utara dan selatan, Asia tenggara termasuk Indonesia. Manfaat daun sirsak telah banyak diketahui sebagai obat untuk mengatasi berbagai penyakit namun tak cuma daun sirsak yang bermanfaat semua bagian dari pohon sirsak telah secara tradisional digunakan untuk tujuan pengobatan, termasuk kulitnya, akar, biji, minyak, dan buah sirsak.

manfaat daun sirsak untuk mengobati kanker

Saat ini, telah banyak produk herbal yang tersedia di pasaran berupa kapsul dan teh yang terbuat dari daun sirsak dan sering kali digunakan untuk membantu menyembuhkan depresi dan kanker.

Mekanisme Kerja Daun Sirsak
Menurut Nutrovita.com, penelitian telah menunjukkan bahwa sirsak mengandung bahan kimia yang disebut acetogenins annonaceous. Bahan kimia ini telah terbukti memiliki sifat anti-parasit, antimikroba, insektisida, dan anti-tumor atau anti kanker yang kuat. Acetogenins Annonaceous adalah inhibitor enzim yang ditemukan dalam jaringan sel kanker, dan juga memblokir transportasi ATP, yang dapat membantu menghancurkan kanker yang resisten terhadap obat kemoterapi.

Penggunaan daun sirsak secara tradisional
Daun sirsak telah digunakan selama berabad-abad oleh suku-suku asli hutan hujan Amerika. Manfaat daun sirsak yeng telah dibuktikan oleh mereka antaralain sebagai antispasmodic, hipotensi dan obat penenang. Mereka seringkali menggunakan campuran akar, kulit kayu, jus buah, dan minyak dari daun sirsak untuk membuat teh dan larutan. Teh daun sirsak digunakan sebagai penguat jantung, mood booster, menyembuhkan flu, batuk dan radang. Campuran yang dibuat dari daun sirsak diaplikasikan secara eksternal (ditempel) untuk menyembuhkan sakit radang sendi, rematik dan neuralgia.

Penggunaan daun sirsak secara modern
Saat ini, banyak tersedia produk herbal yang mengandung daun sirsak yang digunakan untuk mengobati infeksi bakteri dan jamur, parasit, cacing, tekanan darah tinggi, stres, gangguan saraf, dan paling sering untuk mengobati kanker dan depresi. Sirsak dapat berinteraksi dengan depresan jantung, antihipertensi dan obat MAO inhibitor, tetapi interaksi ini jarang terjadi dan biasanya tidak berbahaya. Kapsul dan tincture yang terbuat dari daun sirsak memiliki sifat penyembuhan yang lebih kuat daripada daun yang belum diolah.

Manfaat daun sirsak untuk mengobati Kanker
Acetogenins Annonaceous ditemukan di daun sirsak dan bagian lain dari tanaman sirsak memiliki kemampuan untuk menghancurkan sel-sel kanker tanpa mempengaruhi sel yang sehat. Meskipun belum dipatenkan sebagai obat kanker, banyak pasien dan profesional kesehatan telah menyertakan daun sirsak sebagai suplemen dalam pengobatan kanker.

Manfaat daun sirsak Untuk mengatasi Depresi
Pohon sirsak mengandung alkaloid yang telah terbukti mengurangi depresi. Alkaloid ini berfungsi menghambat serotonin di otak, yang bertanggung jawab untuk mengendalikan tingkat perasaan bahagia atau sukacita. Namun, penelitian telah menunjukkan bahwa alkaloid ini sebenarnya bisa merusak sistem saraf, dan telah dikaitkan dengan perkembangan penyakit Parkinson.

Sekian, Manfaat Daun Sirsak sebagai Obat Kanker dan Depresi.

 

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer