Manfaat Madu Berikut Ini Sungguh Mencengangkan

Kita semua pasti setuju kalau madu jauh lebih baik dan sehat daripada gula. Namun hingga sekarang, masih segelintir orang saja yang membiasakan diri mengonsumsi madu. Salah satu alasannya bisa jadi karena kebanyakan orang belum menyadari betapa dahsyatnya manfaat madu itu.

Ada yang beralasan kesulitan membedakan mana madu yang asli. Alih-alih ingin mendapatkan manfaat madu asli, malah mendapat bahaya dari kandungan zat yang terkandung dalam madu palsu. Untuk hal ini jangan takut ya, karena kami juga telah membuat artikel tips memilih madu asli, silahkan baca disini: Ciri-Ciri Madu Asli, Ujilah Melalui 8 Cara Berikut

manfaat madu

Apa saja manfaat madu bagi kesehatan?

Memang tak semua madu yang dijual di pasaran memiliki kualitas baik. Tak sedikit madu yang sudah ditambahkan pemanis buatan atau zat kimia berbahaya lainnya. Namun untuk Anda yang berhasil mendapatkan madu asli, maka jangan sia-siakan karena ada segudang khasiat yang siap disodorkan madu untuk Anda.

  1. Mengontrol berat badan
  2. Mengatasi alergi
  3. Sumber energi
  4. Sumber antioksidan
  5. Mencegah kanker dan jantung
  6. Meningkatkan kualitas tidur
  7. Menyembuhkan jerawat, luka, bisul, bahkan herpes
  8. Menutrisi kulit
  9. Ramah bagi penderita diabetes
  10. Sirup obat batuk dan sakit tenggorokan alami
  11. Sumber probiotik
  12. Mempertajam daya ingat
  13. Mengatasi ketombe
  14. Meredakan asam lambung
  15. Mengatasi hangover
  16. Meningkatkan libido
  17. Mengatasi infeksi jamur
  18. Menurunkan kolesterol

Jangan lewatkan: Meski Pahit, Khasiat Madu Hitam Sungguh Luar Biasa

Penjelasan setiap poin di atas adalah sebagai berikut:

  1. Mengontrol berat badan

Hasil studi yang dilakukan Universitas San Diego State mendapati bahwa mengganti gula biasa dengan madu tak hanya bisa membantu mengontrol berat badan, namun juga menurunkan kadar gula darah. Hal ini dikarenakan kandungan trigliserida madu lebih sedikit dibandingkan gula pasir.

Studi lain yang diadakan Universitas Wyoming menemukan bahwa madu asli bisa mengaktifkan hormon penekan nafsu makan. Jadi kalau Anda ingin kurus, maka segera ganti pemanis yang biasa dipakai dengan madu asli.

  1. Mengatasi alergi

Madu alami mengandung serbuk sari (bee pollen) yang terkenal dapat menjauhkan infeksi serta mengatasi alergi. Hal ini dikarenakan saat terbang dari 1 bunga ke bunga lainnya, lebah akan membawa serta serbuk sari yang biasanya menjadi salah satu pemicu alergi.

Dan saat menikmati madu asli, maka Anda juga turut mengonsumsi serbuk sari tersebut. Seiring berjalannya waktu, tubuh menjadi lebih kebal sehingga reaksi alergi menjadi berkurang.

Sebuah studi yang diadakan tahun 2013 menyimpulkan konsumsi madu dalam dosis tinggi (1 gr/ kg berat tubuh/ hari) bisa meningkatkan kekebalan tubuh terhadap gejala alergi seperti gatal, mata berair, bersin, dll, hanya dalam kurun waktu 8 minggu saja. Beberapa orang bahkan percaya, mengonsumsi 1 sdm madu asli yang masih mengandung bee pollen bisa menjauhkan tubuh dari reaksi alergi.

  1. Sumber energi

Madu asli biasanya mengandung 80% gula alami, 18% air, 2% protein, pollen, serta beragam vitamin serta mineral. Berdasarkan kandungan tersebut, tak heran kalau madu bisa diandalkan sebagai salah satu sumber energi.

Dan karena sifatnya yang mudah diserap tubuh, maka madu cocok dikonsumsi saat sarapan ataupun sebelum dan sesudah olahraga. Hasil pembelajaran dari University of Memphis Exercise and Sports Nutrition Laboratory menunjukkan madu bisa menjadi salah satu sumber karbohidrat terbaik untuk dikonsumsi sebelum berlatih.

  1. Sumber antioksidan

Beberapa studi menemukan bahwa mengonsumsi lebih kurang 4 sdm madu alami setiap hari dapat meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh. Seperti kita ketahui bersama, antioksidan sangat penting untuk menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab munculnya beragam penyakit berbahaya. Selain itu, antioksidan juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Mencegah kanker dan jantung

Manfaat madu yang satu ini diperantari oleh kandungan polifenol serta falvonoid. Kedua zat ini mampu mengurangi resiko penyakit jantung serta kanker apapun jenisnya. Madu juga mengandung antioksidan pinocembrin yang mampu menopang aktivitas enzim yang menunjang kesehatan tubuh.

  1. Meningkatkan kualitas tidur

Madu dapat meningkatkan kualitas tidur melalui 2 cara. Dengan mengonsumsinya sebelum tidur, maka madu akan menyetok ulang persediaan glikogen dalam organ hati sehingga mencegah otak ‘tetap terjaga’.

Selain itu, madu juga melepas melatonin sehingga selama tidur, sistem imun tubuh menjadi lebih baik. Melatonin ini jugalah yang bertugas merangsang pembentukan jaringan tubuh. Dikarenakan dapat mengatasi kurang tidur, maka secara tidak langsung madu juga dapat menjauhkan tubuh dari hipertensi, obesitas, diabetes, tipe 2, jantung, stroke, serta radang sendi.

  1. Menyembuhkan jerawat, luka, bisul, bahkan herpes

Kandungan anti-bakteri dan anti-jamur yang terkandung dalam madu membuatnya dapat diberdayakan sebagai obat untuk menyembuhkan luka, jerawat, eksim, bisul, bahkan herpes. Itulah penuturan dari Peter Charles Molan selaku pimpinan unit Honey Research, Universitas Waikato, New Zealand.

Peter juga mendapati madu dapat bereaksi terhadap cairan tubuh sehingga membentuk hidrogen peroksida. Keberadaan zat ini membuat bakteri tidak mungkin hidup atau berkembang. Untuk menyembuhkan luka, Anda tinggal mengaplikasikan madu langsung ke area terinfeksi, dan bilas setiap 24-48 jam sekali. Solusi serupa berlaku juga untuk Anda yang memiliki masalah gusi.

  1. Menutrisi kulit

Tak hanya ramah bagi kesehatan, madu juga dapat dimanfaatkan untuk melembabkan dan menutrisi kulit. Kulit menjadi tampak lebih sehat, cerah, dan terhindar dari berbagai penyakit. Bahkan banyak yang memanfaatkan madu sebagai obat jerawat alami.

  1. Ramah bagi penderita diabetes

Jika selama ini makanan manis selalu menjadi musuh utama penderita diabetes, namun tidak dengan madu. Mengonsumsi madu asli malah dapat mengurangi resiko diabetes. Madu juga bisa dipakai untuk membantu pengobatan pasien diabetes.

Hal ini dikarenakan madu mampu meningkatkan kadar insulin dalam tubuh dan menurunkan hiperglikemia. Anda bisa mengonsumsinya sedikit dulu untuk melihat reaksinya, atau mengombinasikannya dengan kayu manis untuk mengontrol kadar gula.

  1. Sirup obat batuk dan sakit tenggorokan alami

Karena bisa mengurangi produksi lendir, maka madu sangat cocok digunakan sebagai sirup obat batuk alami. Untuk mengatasi batu, konsumsilah ½ – 2 sdt madu sebelum tidur. Selengkapnya ada disini: Obat Batuk Tradisional Terbukti Ampuh

  1. Sumber probiotik

Beberapa jenis madu dikawal oleh sejumlah besar bakteri baik, termasuk 6 jenis dari Lactobacillus dan 4 jenis dari Bifidobacteria, sehingga membuatnya layak menjadi sumber probiotik.

  1. Mempertajam daya ingat

Seiring bertambahnya usia, kita berharap daya ingat tetap bisa sama tajamnya seperti saat muda dulu. Salah satu upayanya adalah dengan mengonsumsi madu. Manfaat madu yang satu ini mungkin berkat kandungan antioksidan yang menyehatkan sel-sel otak dan sistem saraf.

Faktanya, penelitian menunjukkkan bahwa 1 sdm madu setiap hari bisa membuat daya ingat wanita lansia tetap tajam. Madu juga membantu otak menyerap kalsium, yang mana baik untuk daya ingat juga.

  1. Mengatasi ketombe

Aplikasikan campuran madu dan air ke kulit kepala, diamkan selama beberapa jam, dan foila… ketombe pun hilang dalam sekejap. Bonus lain yang bisa Anda peroleh saat menggunakan madu sebagai masker adalah rambut rontok pun berkurang.

  1. Meredakan asam lambung

Bagi Anda yang kerap menderita asam lambung atau maag, cobalah rutin mengonsumsi madu untuk meredakannya. Hal ini dikarenakan madu mengandung enzim tertentu yang ramah bagi kesehatan saluran cerna.

  1. Mengatasi hangover

Efek usai mabuk berat setelah mengonsumsi alkohol (hangover) dapat diatasi dengan mengonsumsi madu. Alasannya, madu dapat membantu liver mempercepat proses oksidasi alkohol sehingga toksin lebih cepat keluar dari tubuh.

  1. Meningkatkan libido

Para ahli berpendapat madu membantu tubuh pria memproduksi hormon testosteron, dan estrogen pada wanita. Dengan demikian, manfaat madu yang satu ini dapat diberdayakan untuk meningkatkan libido dan kesuburan secara alami. Baca juga: Terapi Obat Kesuburan untuk Pria dan Wanita

  1. Mengatasi infeksi jamur

Infeksi jamur pada wanita, entah karena menstruasi, efek antibiotik, alergi sabun, kebersihan yang kurang terjaga, dll, seringkali sangat mengganggu. Untuk mengatasinya, campurkan 2 sdm madu asli yang dengan 1 sdm yogurt tawar, dan aplikasikan pada area kewanitaan 1-2 kali sehari agar jamur hilang. Setelah didiamkan selama 10 menit, bilas hingga bersih. Jika tak ada yogurt, maka madu saja sudah cukup.

  1. Menurunkan kolesterol

Manfaat madu terakhir yang akan kita bahas adalah untuk menurunkan kolesterol secara alami. Kolesterol memang diperlukan tubuh untuk membantu mencerna lemak, namun bila kadarnya terlalu banyak, maka itu tidak baik. Untuk Anda yang memiliki kolesterol tinggi, pertimbangkan untuk mengonsumsi 1 sdm madu setiap harinya.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer