16 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan yang Terbukti Ilmiah

Ada begitu banyak manfaat minyak zaitun untuk kesehatan maupun kecantikan kulit dan wajah. Oleh karena itu kalau Anda memiliki dana lebih tak ada salahnya menginvestasikan sedikit dana untuk membeli minyak zaitun atau olive oil untuk dikonsumsi.

Minyak zaitun umumnya diambil dari buah pohon zaitun. Dalam 1 sdm minyak zaitun terdapat 120 kalori, 14 gr lemak (9,8 gr merupakan lemak tak jenuh), 1 mg vitamin K, serta 9 mg vitamin E. Minyak yang bebas kandungan gula, karbohidrat, maupun protein ini juga tinggi kandungan vitamin A-nya. Zat-zat ini yang membuat minyak zaitun banyak memiliki manfaat bagi kesehatan. Baca juga: 15 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah

manfaat minyak zaitun

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan

Salah satu komponen yang paling berjasa dalam minyak zaitun adalah asam oleat. Asam ini mampu melawan kerusakan akibat radikal bebas dan sangat baik untuk kesehatan jantung. Lebih lengkapnya soal manfaat minyak zaitun bagi kesehatan bisa kita simak berikut ini.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Beberapa studi mendapati pola makan yang melibatkan lemak tak jenuh mampu menurunkan kadar LDL serta trigliserida, dan menaikkan HDL (kolesterol baik). Hasil ini didapati jauh lebih baik dibanding diet rendah lemak atau tinggi karbohidrat. Semua ini berkat antioksidan polifenol yang bersifat antiradang dan baik untuk kesehatan kardiovaskuler.

Menurut hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Cardiovascular Pharmacology, infeksi kronis yang biasanya membahayakan kesehatan arteri dan jantung pun bisa dihindari karena minyak zaitun membantu memutarbalikkan efek radang tersebut.

  1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Riset serupa menunjukkan bahwa minyak zaitun dapat menurunkan hipertensi karena minyak ini membuat nitrit oksida lebih aktif sehingga kapasitas pembuluh darah jadi lebih luas dan bersih.

  1. Mencegah infeksi

Banyak faktor bisa membuat imun seseorang melawan tubuhnya sendiri, seperti kurang gizi, stres, dan lainnya. Jika tidak segera diatasi maka tubuh akan mengalami infeksi yang berujung pada munculnya berbagai penyakit. Oleh karena minyak zaitun memiliki khasiat anti-radang, maka hal ini bisa dicegah dengan konsumsi rutin.

  1. Mencegah dan mengatasi kanker

Menurut riset tahun 2004 yang dipublikasikan dalam Europeran Journal of Cancer Prevention, baik zaitun maupun minyaknya mengandung banyak sekali antioksidan seperti acteoside, hydroxytyrosol, tyrosol, serta asam fenil propionat. Selain itu, zaitun juga mengandung substansi anti-kanker seperti squalene, lignan, terpenoid, dan asam oleat. Kandungan tersebut menjadi alasan mengapa khasiat minyak zaitun dapat membunuh sel kanker.

  1. Mencegah obesitas

Mengonsumsi banyak lemak sehat merupakan salah satu kunci utama dalam mengontrol insulin berlebih. Hal ini dikarenakan lemak sehat bersifat mengenyangkan sehingga tak membuat perut mudah lapar. Inilah salah satu alasan mengapa diet rendah lemak jarang berhasil.

Setelah melakukan 5 percobaan yang melibatkan 447 partisipan, para ahli dari Universitas Hospital Basel (Switzerland) mendapati mereka yang menerapkan diet tinggi lemak dan rendah karbohidrat mengalami penurunan berat badan lebih banyak ketimbang pelaku diet rendah lemak.

Studi lain yang dipublikasikan dalam Women’s Health Journal menemukan diet dengan melibatkan minyak zaitun selama 8 minggu mampu menghasilkan penurunan berat badan lebih banyak ketimbang diet rendah lemak.

  1. Menyehatkan otak

Sebagian besar otak tersusun dari asam lemak. Oleh karenanya, minyak zaitun bisa dijadikan makanan otak yang berguna untuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Selain itu, minyak zaitun juga bermanfaat dalam membantu mencegah melemahnya kemampuan kognitif yang biasanya dipicu oleh stres oksidasi maupun ADDL (jenis protein beracun yang menjadi penyebab demensia atau Alzheimer).

  1. Mengatasi gangguan mood dan depresi

Lemak sehat, termasuk minyak zaitun, mampu menyeimbangkan kadar hormon sehingga mencegah disfungsi transmiter saraf. Hal ini bertolak-belakang dengan diet rendah lemak yang justru seringkali menimbulkan depresi dan kegelisahan. Gangguan mood atau kognitif bisa menjadi pertanda bahwa otak tidak mendapatkan asupan ‘hormon bahagia’ yang cukup seperti serotonin atau dopamin.

Dalam studi yang dilakukan Universitas Las Palmas (Spanyol) 2011 lalu, didapati konsumsi lemak baik jenuh maupun tak jenuh mampu mencegah gangguan mood dan merawat depresi.

  1. Menyehatkan kulit

Diet tinggi minyak zaitun juga bisa menjauhkan kulit dari berbagai efek berbahaya. Tak hanya itu, konsumsi minyak tinggi vitamin E ini juga dapat menghidrasi kulit, mempercepat proses penyembuhan luka, melawan infeksi, dan ketidak-seimbangan hormon yang berimbas pada munculnya gangguan kulit seperti jerawat, eksim, dan lainnya. Maka tak heran jika banyak yang memanfaatkan minyak zaitun untuk kecantikan.

  1. Mencegah dan merawat diabetes

Asam lemak mempengaruhi metabolisme glukosa dengan cara mengubah fungsi membran sel dan  aktivitas enzim. Berbagai bukti ilmiah menyebutkan bahwa mengonsumsi minyak zaitun mampu mencegah resiko diabetes tipe 2. Karena selagi kadar karbohidrat meningkatkan gula darah, lemak justru membantu menstabilkannya dan meregulasi insulin. Bahkan saat Anda mengonsumsi makanan tinggi gula, menambahkan minyak zaitun bisa memperlambat dampak kenaikan kadar gula pada aliran darah.

  1. Membantu menyeimbangkan kadar hormon

Saat kadar hormon seimbang, maka Anda bisa meminimkan gangguan kesehatan akibat haid, infertilitas, atau menopause. Hal ini dikarenakan olive oil menyuplai lemak esensial yang dapat meregulasi kelenjar tiroid, adrenal, dan pituitari. Semua kelenjar ini bekerjasama dalam memproduksi dan menyeimbangkan hormon seksual.

  1. Mencegah stroke

Menurut penelitian yang diadakan di Perancis, para lansia yang mengonsumsi minyak zaitun setiap hari memiliki resiko terkena stroke lebih kecil. Dengan manfaat minyak zaitun yang satu ini, maka kita bisa lebih memanfaatkannya sebagai pengganti minyak goreng.

  1. Mencegah osteoporosis

Berkurangnya massa tulang membuatnya menjadi lebih rapuh, namun minyak zaitun didapati mampu mencegah hal itu sehingga osteoporosis dapat dicegah sejak dini.

  1. Menjaga kesehatan rambut

Jika dikombinasikan dengan bahan lain seperti madu dan kuning telur, minyak zaitun bisa menjadi masker yang menyehatkan rambut. Anda tinggal mencampurkan ½ cangkir minyak zaitun dengan 2 sdm madu dan sebutir kuning telur. Aplikasikan adonan ke rambut, diamkan 20 menit, lalu bilas dengan air hangat sebelum mengaplikasikan kondisioner.

  1. Meningkatkan kesehatan kuku

Kuku kerap menjadi cerminan seberapa sehat seseorang. Untuk meningkatkan kesehatannya, Anda bisa mengaplikasikan minyak zaitun ke kuku, diamkan selama 30 menit sebelum membilasnya.

  1. Mengatasi konstipasi

Manfaat minyak zaitun selanjutnya yaitu mengatasi konstipasi atau sembelit. Konsistensi dan tekstur minyak zaitun dapat membantu merangsang sistem pencernaan sehingga makanan bisa berjalan mulus melewati usus besar.

  1. Membantu mengeluarkan batu ginjal

Tak hanya meredakan sembelit, konsumsi minyak zaitun secara teratur dapat menghancurkan batu ginjal. Didihkan lebih kurang 1 liter air di atas api sedang, lalu angkat. Tambahkan 29 ml perasan lemon dan 29 ml minyak zaitun ke dalamnya, aduk rata, lalu simpan dalam lemari es. Konsumsilah secara teratur hingga batu ginjal berhasil dikeluarkan.

Demikianlah beberapa manfaat minyak zaitun untuk kesehatan yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer