Obat Gusi Bengkak Alami dan Manjur

Masalah gusi bengkak yang sering disebabkan oleh adanya peradangan “gingivitis” tentu akan menimbulkan rasa sakit dan ketidaknyamanan. Walau demikian, ada banyak pilihan pengobatan gusi bengkak, baik yang sederhana, obat alami, ataupun perawatan profesional oleh dokter.

Secara umum, prinsip pengobatan gusi bengkak akan disesuaikan dengan penyebabnya misalnya karena cedera, infeksi, alergi dan sebagainya. Kita juga perlu menyesuaikan dengan gejala apa saja yang ditimbulkan akibat gusi bengkak, misalnya rasa sakit, perdarahan dari gusi, adanya nanah dan sebagainya.

Kali ini akan kami bahas pilihan obat gusi bengkak alami atau tradisional dengan bahan-bahan yang mudah di dapat, masing-masing bahan yang ada dalam daftar ini memiliki keunggulan masing-masing, jadi sesuaikan dengan gejala yang Anda rasakan.

Obat Alami Gusi Bengkak

Cengkeh

Anda dapat mencampur minyak cengkeh dengan lada hitam dan oleskan pada daerah yang terkena untuk mengobati rasa sakit dan peradangan yang terkait dengan gusi bengkak. Minyak cengkeh juga bisa langsung diterapkan untuk mengurangi pembengkakan. Anda juga bisa mengunyah beberapa siung cengkeh untuk mengatasi masalah gusi bengkak.

obat gusi bengkak

Jahe

Buatlah pasta dengan menggunakan bahan berupa jahe dan garam. Gosokkan pasta ini langsung pada daerah yang terkena untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan akibat gusi bengkak. Lihat juga: Jahe untuk Diabetes

jahe obat asam urat

Bawang putih

Siapkan satu siung bawang putih lalu tumbuk dengan garam sedikit saja, kemudian oleskan pada gusi yang sakit. Ini dapat meredakan rasa sakit pada gusi dengan cepat. Lebih lanjut: Manfaaf Bawang Putih

khasiat manfaat bawang putih

bawang putih untuk gusi bengkak

Jeruk nipis

Buatlah jus yang terbuat dari jeruk nipis, lalu rebus beberapa menit. Berkumur dengan larutan ini 2 kali dalam sehari dapat membantu mengobati gusi bengkak. Cara lain yaitu mencelupkan sepotong jeruk nipis ke dalam larutan garam, lalu peras agar cairan jeruk keluar yang kemudian dapat diterapkan langsung pada gusi yang bengkak. Lebih lanjut: Manfaat Jeruk Nipis

manfaat jeruk nipis

jeruk nipis

Air Garam

Ini merupakan obat gusi bengkak yang sudah cukup terkenal lama, walaupun sepertinya kuno, namun cara ini masih efektif mengobati gusi bengkak. Berkumurlah dengan air hangat yang mengandung garam (1 sendok teh dalam 1 gelas air) selama 1 menit 3 kali sehari. Larutan garam ini dapat membunuh bakteri dan mempercapat penyembuhan.

Baking Soda

Baking soda bisa digunakan sebagai obat alami gusi bengkak. Memijat daerah yang terkena dengan campuran baking soda dan ekstrak kunyit dapat membantu menyembuhkan masalah gusi bengkak. Anda juga dapat menggunakan baking soda untuk menggosok gigi.

obat gusi bengkak baking soda

Minyak Biji Jarak

Buatlah pasta yang terbuat dari minyak biji jarak dan kamper untuk diterapkan pada gusi bengkak (di pagi dan sore hari), cara ini cocok untuk membantu mengatasi gusi berdarah dan bengkak yang terkait dengan gingivitis.

minyak jarak obat gusi bengkak

Lidah Buaya

Dalam hal ini kita gunakan gel lidah buaya dengan cara mengoleskannya pada gusi yang bengkak, obat alami ini dapat perdarahan dan rasa sakit akibat gusi bengkak. Berkumur dengan gel lidah yang dilarutkan dalam air juga dapat membantu mengobati gusi bengkak.

obat herbal diabetes

Lakukan cara ini beberapa kali dalam sehari. The assistant clinical professor, Erica Shapira (Pacific School of Dentistry) mengklaim bahwa gel lidah buaya memiliki peran sebagai agen terapi dan dapat mengurangi pembentukan plak gigi sebagai salah satu penyebab gusi bengkak.

Air

Tahukah Anda bahwa fungsi utama dari air liur adalah untuk membunuh bakteri, memecah makanan dan secara umum berfungsi menjaga kebersihan mulut. Dengan banyak minum air, maka ini akan membantu meningkatkan produksi air liur sehingga masalah gusi bengkak atau lainnya dapat dengan cepat membaik.

Dari sekian banyak pilihan pengobatan alami untuk gusi bengkak, pilihlah yang sesuai dengan kondisi Anda dan kemudahan untuk mendapatkannya. Sekian, semoga bemanfaat.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer