Obat Herbal Penurun Kolesterol Paling Manjur

Kolesterol dalam darah harus selalu kita jaga agar tetap normal kadarnya, namun pada beberapa orang mungkin hal itu sulit sehingga kolesterol tetap tinggi atau disebut dengan istilah hiperlipidemia. Maka dari itu, diperlukan cara-cara yang efektif untuk menurunkan kolesterol salah satunya dengan Obat Herbal Penurun Kolesterol yang aman dan mudah kita dapatkan.

Hal ini penting, karena kadar  kolesterol LDL (jahat) yang selalu tinggi akan menjadi faktor risiko utama penyakit jantung dan stroke. Kolesterol LDL diperkirakan mengiritasi lapisan pembuluh darah, menimbulkan aterosklerosis atau pengerasan arteri. Obat herbal kolesterol berikut ini akan bekerja menurunkan kolesterol jahat sehingga mencegah aterosklerosis yang menjadi penyebab penyakit jantung koroner dan stroke.

Berikut obat herbal penurun kolesterol :

Bawang Putih

Pada awal 1990-an, bukti menunjukkan bahwa bawang putih dapat menurunkan kolesterol sebanyak 9 hingga 12%, namun pada tahun 2000, review dari bukti yang ditemukan bahwa bawang putih mengurangi kolesterol dengan hanya 4 -6 % saja.

Bawang putih dapat menurunkan kolesterol total, kolesterol LDL, dan trigliserida, tetapi efeknya tidak berlangsung lebih dari enam bulan pengobatan, tetapi bawang putih hanya memiliki efek jangka pendek terhadap penurunan kolesterol ini.

khasiat manfaat bawang putih

bawang putih yang kaya manfaat

Namun tentu saja bawang putih memiliki efek samping, yaitu bau napas yang kurang sedap atau sakit perut. Tapi yang perlu diingat bahwa bawang putih, dalam bentuk apapun, merupakan salah satu obat herbal untuk membantu menurunkan kolesterol. Dan ternyata banyak pula manfaat bawang putih lainnya, silahkan baca disini: Manfaat Bawang Putih

Prioritas utama harus tetap berpedaoman dengan diet sehat seimbang yang terdiri dari sayuran, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, produk susu rendah lemak, protein, dan lemak tak jenuh.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun kaya akan asam oleat, yang merupakan asam lemak tak jenuh tunggal yang ditemukan dalam makanan. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa lemak tak jenuh tunggal dapat menurunkan kolesterol total dan kolesterol LDL, ketika digunakan sebagai pengganti lemak jenuh dalam makanan. Dan untungnya lagi, lemak tak jenuh tunggal tidak menurunkan kolesterol HDL (kolesterol baik) dan tidak meningkatkan trigliserida, tidak seperti lemak tak jenuh ganda, yang pada asupan tinggi, dapat menurunkan kolesterol HDL.

Konsumsi sekitar dua sendok makan minyak zaitun setiap hari bisa mengurangi risiko penyakit jantung koroner karena lemak tak jenuh tunggal yang terkandung dalam minyak zaitun. Meskipun demikian, harus diperhatikan karena lemak juga dapat berperan menaikkan berat badan. Jadi konsultasikan dengan dokter takaran yang pas untuk Anda.

Makanan ber Serat 

Serat merupakan bahan alami yang dapat menurunkan kolesterol LDL dengan cara menghambat penyerapan kolesterol dalam usus. Hal ini terjadi karena serat mengikat kolesterol sehingga dibuang bersama tinja. Serat dapat ditemukan dalam makanan: Sayur-sayuran, seperti kacang polong, kacang panjang, wortel, kubis brussel, brokoli. beberapa buah-buahan seperti apel, plum, dan stroberi.

Diketahui, 5-10 gram serat per hari dapat menurunkan kolesterol LDL sekitar 5%.

Teh hijau

Green tea atau teh hijau mengandung berbagai senyawa yang dapat menurunkan kadar kolesterol LDL. Sebuah studi yang dilakukan di Brasil di mana orang mengkonsumsi ekstrak teh hijau dalam kapsul dapat menurukan  kadar kolesterol LDL sebanyak 4,5 % .

Kacang-kacangan

Mengonsumsi kacang secara teratur, terutama kenari dan almond, dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat LDL.

Itulah beberapa contoh bahan alami atau obat herbal penurun kolesterol yang terbukti manjur menurunkan kolesterol jahat dan tentunya bisa dengan mudah kita dapatkan. Sekian, semoga bermanfaat :)

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer