Imboost force adalah sejenis suplemen yang termasuk dalam grup imunomodulator atau perangsang sistem kekebalan tubuh. Suplemen ini sering digunakan sebagai terapi suportif untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga mempercepat pemulihan penyakit serta mencegah supaya tidak mudah sakit.

Fungsi Imboost Force ini diperantarai oleh 3 bahan aktif yang terkandung di dalamnya, telah diketahui dan terbukti secara klinis dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Pada artikel kali ini akan dibahas lebih dalam mengenai kandungan, indikasi, kontraindikasi, dosis, dan efek samping Imboost Force beserta informasi penting lainnya.

imboost force

Mengenal Obat Imboost Force

Imboost Force tersedia dalam kemasan kaplet dan sirup dengan komposisi :

  • Tiap kaplet salut selaput mengandung 250 mg ekstrak Echinaceae herb, 400 mg ekstrak buah Black Elderberry dan 10 mg Zinc Picolinate.
  • Tiap 5 ml sirup mengandung 250 mg ekstrak Echinaceae herb, 400 mg ekstrak buah Black Elderberry dan 5 mg Zinc Picolinate.

Imboost Force merupakan obat yang mengandung 3 jenis zaktif yaitu Echinacea purpurae, Black elderberry, dan Zinc Piccolinate. Echinacea adalah herba yang telah terbuksti secara klinis dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Echinacea memiliki sifat imunostimulan terhadap fungsi imun nonspesifik dan spesifik. Terhadap sistem imun nonspesifik, herba ini dapat meningkatkan proliferasi makrofag, proses fagositosis, sekresi interferon, sekresi TNF serta sekresi IL-1. Terhadap sistem imun sistem imun spesifik, herba ini akan mengaktivasi komponen jalur komplemen, serta meningkatkan kadar atau aktiviyas limfosit T dan sel Natural Killer. Penelitian medis telah menunjukkan bahwa Echinaccea terbukti aman dan efektif untuk mengurangi frekuensi, durasi, dan keparahan beberapa penyakit, termasuk pilek, flu, infeksi telinga tengah dan radang rongga sinus.

Buah Black Elderberry memiliki nama latin Sambucus nigra. Buah ini mengandung dua kali lebih banyak antioksidan dibanding blueberry. Buah ini dapat mengurangi sekresi lendir, selaput lendir, membantu mengeringkan lendir sinus dan mengurangi hidung tersumbat. Buah ini telah terbukti secara klinis dapat meringankan gejala flu seperti hidung tersumbat, batuk, sakit kepala, panas, serta sakit tenggorokan. Selain meringankan gejala, buah ini juga dapat mempersingkat durasi gejala flu. Jus buah Black Elderberry telah terbukti mampu mencegah dan mengatasi berbagai jenis penyakit sistem pernapasan seperti asma dan bronkitis

Zinc adalah mineral yang ditemukan hampir di semua jaringan tubuh. Zinc memiliki sejumlah fungsi penting termasuk menjaga kekebalan tubuh. Zinc ditemukan dalam sekresi lendir pada sistem pernapasan, dan pada permukaan paru-paru serta tenggorokan. Adanya zinc ini dapat memberikan efek antimikroba, sehingga dapat membantu mematikan bakteri dan virus sebelum sempat menginfeksi. Zinc juga disekresikan ke dalam air liur dan selaput lendir sistem pencernaan. Di sini zinc berfungsi untuk mematikan bakteri yang ikut tertelan bersamaan dengan makanan. Selain sebagai antimikroba, zinc juga membantu penciptaan sel-sel baru dan membantu proses penyembuhan luka serta diare.

Indikasi

Imboost Force obat apa? banyak yang bertanya mengenai hal ini. Seperti telah dijelaskan sebelumnya mengenai kandungan bahan aktif yang ada di dalamnya, maka Imboost force digunakan untuk:

  • Membantu memperbaiki dan memelihara daya tahan tubuh
  • Membantu meredakan gejala yang ditimbulkan oleh selesma atau bersin-bersin pada flu dan Rinitis Alergi
  • Sebagai terapi suportif untuk merangsang sistem kekebalan tubuh pada infeksi akut, infeksi kronis atau infeksi berulang terutama pada infeksi saluran pernafasan, dan infeksi genital

Kontraindikasi

Imboost Force tidak boleh digunakan penderita yang telah diketahui :

  • mempunyai riwayat hipersensitivitas atau alergi terhadap Imboost Force
  • mempunyai riwayat hipersensitivitas atau alergi terhadap komponen obat
  • merupakan penderita sklerosis multiple, penyakit kolagen, leukositosis, tuberkulosis, AIDS dan penyakit autoimun lainnya

Dosis Imboost Force dan Cara Pemakaian

Adapun dosis Imboost Force yang dianjurkan adalah sebagai berikut:

  • Dosis Dewasa: 3 x 1 kaplet.
  • Anak – anak 2-6 tahun : 3 x 2,5-5 ml atau setara dengan 1/2-1 sendok takar Imboost Force syrup.
  • Anak – anak 7-12 tahun : 3 x 5 ml atau setara dengan 1 sendok takar.

Efek Samping Imboost Force

Obat Imboost Force sangat jarang menimbulkan efek samping. Meskipun demikian obat ini bisa menimbulkan reaksi alergi dan gangguan perut ringan. Reaksi alergi di antaranya ruam kemerahan dan terasa gatal pada kulit, pembengkakan wajah, mata, dan saluran pernafasan. Jika Anda mengalaminya hentikan penggunaan dan segera temui dokter.

Informasi Keamanan

Sebelum dan selama penggunaan, perhatikan hal-hal penting berikut ini:

  • Obat ini tidak boleh digunakan bersamaan dengan produk imunosupresan, karena efek yang kontradiktif.
  • Obat ini tidak dianjurkan untuk digunakan lebih dari 8 minggu.
  • Hindari penggunaan obat ini pada wanita hamil dan menyusui.
  • Hentikan penggunaan obat Imboost force apabila terjadi reaksi alergi, misalnya ruam kemerahan dan gatal pada kulit, pembengkakan, atau kesulitan bernafas.
  • Konsultasikan dengan dokter apabila ingin menggunakan bersama obat lain.