Donor Darah

Donor Darah, mungkin sering kali kita lihat dan kita dengar kata “donor darah”, banyak diantaranya disertai dengan ajakan donor darah, pentingnya atau manfaat donor darah, dan lain sebagainya. Mungkin banyak diantara kita yang sudah sering melakukan donor darah sehingga sudah paham apa itu donor darah. Namun tak jarang juga diantara kita yang belum pernah melakukannya, ada yang ingin dan akan melakukannya, ada juga yang masih takut-takut dan mencari-cari informasi di internet.

Nah, disini yuk kita belajar tentang donor darah.

Pengertian donor darah

Donor Darah dalam bahasa inggris disebut “blood donation“, dari segi bahasa bisa kita artikan “sumbangan darah”. Jadi donor darah adalah proses pengambilan darah dari seseorang (donor) secara sukarela yang biasanya digunakan untuk transfusi yang sebelumnya telah diproses dan/atau disimpan di bank darah (wikipedia).

Donor darah dapat dilakukan di pusat donor darah lokal contohnya PMI (Palang Merah Indonesia) atau pada event-event tertentu di mana disitu diadakan donor darah, contohnya di sekolah, universitas, perusahaan, dan lain-lain.

Proses donor darah

Donor darah merupakan proses sederhana akan tetapi memiliki manfaat yang luar biasa untuk orang lain yang membutuhkannya, waktu yang dibutuhkan donor darahpun tidak lama-lama yakni rata-rata sekitar 8-10 menit.

Langkah-langkah dalam proses donor darah ini meliputi:

Pendaftaran

  • Anda akan diminta untuk melengkapi data pendonor, yang mencakup informasi seperti nama, alamat, nomor telepon, dan nomor identifikasi donor (jika Anda memilikinya).
  • Anda akan diminta untuk menunjukkan kartu donor, SIM atau Kartu identitas lainnya.

Riwayat Kesehatan dan Pemeriksaan Fisik

  • Anda akan ditanya beberapa pertanyaan selama wawancara pribadi dan rahasia tentang riwayat penyakit yang pernah dialami atau riwayat perawatan sebelumnya.
  • Kemudian dilakukan pemeriksaan suhu tubuh, berat badan, hemoglobin (Hb), golongan darah, tekanan darah dan denyut nadi.
  • Setelah memenuhi syarat donor darah sesuai persyaratan diatas seperti HB normal, berat badan cukup, maka donor dipersilahkan tidur untuk diperiksa kesehatannya oleh dokter transfusi. Setelah dinyatakan sehat oleh dokter, selanjutnya dilakukan pengambilan darah.

Pengambilan Darah

  • Anda akan disuruh berbaring atau setengah duduk di tempat yang telah disediakan, kemudian akan diambil darah dari lengan Anda yang sebelumnya telah dibersihkan dengan alkohol, jarum kecil steril akan dimasukkan ke dalam pembuluh darah lengan lalu dialirkan melalui selang ke dalam sebuah kantung darah. Jumlah darah yang diambil antara 250 cc – 500 cc.  Tenang saja tidak sakit kok, mungkin terasa agak nyeri ketika jarum ditusukkan itupun seperti gigitan semut.
pengambilan donor darah

Pengambilan Darah : santai ya, bisa sambil mainan HP.

Setelah Pengambilan Darah

  • Setelah diambil darahnya donor dipersilahkan ke kantin untuk menikmati hidangan ringan yang telah disiapkan biasanya berupa telor, susu, dan vitamin penambah darah.
  • Donor kembali ke bagian pendaftaran untuk mengambil kartu donornya yang telah diisi tanggal penyumbang dan registrasi oleh petugas
  • Selesai (pulang), dan bisa kembali menyumbangkan darahnya setelah 75 hari(2,5 bulan) dan jangan lupa selalu membawa kartu donor sebelum mendonorkan darah.

Itulah gambaran singkat mengenai donor darah, jadi tunggu apalagi, Ayo Donor Darah!!!

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer