Anus Gatal dan BAB Berdarah, Bagaimana Solusinya?

Pertanyaan

Dok anus saya sering gatal dan jika sya mau BAB anus saya juga berdarah dok, tapi saya tidak ada gejala2 cacingan yng lain tapi yang ada cuman anus saya sering gatal2 dan seringkali berdarah, berat badan saya jga turun dok dari 47 skrang jadi 44, saya juga dok mengalami anemia atau kurang darah dok… Itu knpa yaa dok???

Dan saya kan dok takut yang nmnya cacing :D makanya saya nanya ke dokter biar dapat solusinya dok…. Saya udah minum obat tapi sampai skrang masih gatal2 anus saya, sampai udah lecet2 anus saya krna sya sering garuk2…

Jawaban

Terimakasih sudah mempercayakan masalah Anda kepada kami,

Kami sangat paham bahwa hal ini begitu mengganggu, untuk itu kami berusahan membantu Anda untuk mencari solusinya.

Gatal pada anus disebut sebagai Pruritus ani biasanya keluhan ini paling sering pada malam hari atau setelah buang air besar. Selain gatal, pada beberapa orang juga mengalami perdarahan sesekali setelah buang air besar, termasuk yang seperti Anda alami.

Baca Juga: BAB berdarah

Adapun penyebab anus gatal yang perlu Anda ketahui antara lain:

  • Membersihkan Anus berlebihan. Menggosok, membersihkan dengan sabun secara berlebihan dapat menyebabkan iritasi kulit kronis.
  • Kelembapan. Terlalu sering dan lama terkena cairan keputihan, keringat, tinja encer atau lendir dari masalah dubur lainnya dapat menyebabkan gatal pada anus (pruritus ani).
  • Diet. Makanan tertentu dapat menyebabkan iritasi pada kulit ketika feses lewat (BAB). Makanan yang biasanya menyebabkan hal ini yaitu yang mengandung kafein (kopi, teh, cola, dan coklat), makanan pedas, produk susu, bir, makanan asam seperti buah jeruk, tomat, dan kacang-kacangan.
  • Iritasi kulit. Iritasi pada kulit misalnya karena gesekan dari tissue toliet, atau pakaian ketat dapat menyebabkan gatal pada anus.
  • Penyebab lainnya. Cacing kremi, infeksi jamur atau luka bakar pada kulit dari radiasi.

Tidak ada tes khusus untuk menentukan penyebab pruritus ani. Ini sering merupakan proses trial and error untuk menemukan apa yang mungkin menyebabkan iritasi kulit dan bagaimana mengatasinya.

Namun tetap perlu dilakukan pemeriksaan oleh dokter agar segera dievaluasi, apalagi keluhan ini disertai dengan BAB berdarah

2 Komentar

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer