Apa Benar Jika Masih Punya Anak 1 Dilarang Memakai IUD?

Saya ibu dengan 1 orang anak, punya rencana untuk memakai alat kontrasepsi IUD, sebelumnya saya menggunakan KB suntik 3 bulan.Tapi salah satu rekan saya ada yg bilang penggunaan IUD tidak boleh jika masih mempunyai 1 org anak. Apa itu benar dok?? Mohon penjelasannya.. terimakasih. 

Selamat siang Bu, terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi di mediskus.com.

Langsung saja saya jawab ya, itu pendapat yang tidak benar dan tidak berdasar.

IUD merupaan alat kontrasepsi dalam rahum. Oleh karena itu pemasangannya melalui jalan lahir, bagi ibu yang sudah pernah melahirkan tentu ini tidak menjadi masalah karena tidak ada kesulitan untuk memasangnya.

Jadi IUD atau spiral ini dapat digunakan pada wanita dalam usia reproduktif, asalkan tidak ada kontraindikasi, misalnya: Infeksi Saluran Resproduksi, Radang Panggul, Pendarahan yang belum jelas penyebabnya, Wanita hamil atau diduga hamil

Jika Ibu berencana ingin menggunakan IUD, lakukan pemasangan pada saat menstruasi karena pada saat itu mulut rahim dalam kondisi membuka sehingga akan lebih mudah untuk memasukkan IUD ke dalam Rahim.

Sekian, semoga bisa dipahami.

Terimakasih banyak atas infonya dok,namun saya punya 1 pertanyaan lagi dok.Apakah setelah pemakaian IUD akan berpengaruh terhadap hubungan suami istri?ada yang bilang kalu seorang wanita memakai IUD maka suami akan mudah berpaling dan selingkuh?? 

Hal ini sangat tergantung pada pribadi pasangan masing-masing. Ketika ada suatu masalah dalam hubungan suami istri, akan lebih baik jika dikomunikasikan segala macam keluhan yang ada dan dicarikan solusi bersama. Dengan demikian rumah tangga akan tetap utuh dan harmonis.

Mengenai IUD, mungkin terkadang menimbulkan ketidaknyamanan bagi suami saat berhubungan, namun ini hanya masalah teknis, misalnya benang yang terlalu panjang karena pemotongan yang kurang pas, tapi hal ini dapat di atasi dengan berkonsultasi kembali dengan dokter agar diperbaiki.

Sekali lagi, kuncinya adalah komunikasi yang baik.

Terimakasih atas semua jawaban dan sarannya dokter. 

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer