Bagaimana Cara Menghilangkan Bekas Cacar Air

Cacar air atau dalam istilah kedokteran disebut dengan varicela biasanya bukan merupakan penyakit yang serius ataupun berbahaya terutama untuk anak – anak, namun cacar air bisa menjadi masalah lebih serius jika terjadi pada orang dewasa. Cacar air merupakan penyakit menular akibat virus yang muncul dengan keluhan demam hingga keluar bercak di kulit berupa gelembung – gelembung berisi air yang seiring berjalannya waktu akan berubah menjadi krusta (keropeng) berwarna coklat kehitaman. Krusta ini nantinya akan mengelupas dengan sendirinya yang menandai proses penyembuhan pada pasien cacar air. Cacar air biasanya menimbulkan rasa gatal di seluruh tubuh sehingga membuat pasien yang mengalaminya akan menggaruk tubuhnya. Cacar air sering menimbulkan bekas berupa scar pada kulit dan scar ini biasanya makin jelas pada pasien yang sering menggaruk kulitnya dan membuat gelembung pecah ataupun krusta terlepas akibat garukan. Bekas cacar air ini seringkali membuat pasien khawatir dan malu, terlebih jika bekas cacar air banyak muncul pada wajah dan berlangsung lama. Banyak pasien yang sering menanyakan cara menghilangkan bekas cacar air di wajah ataupun bagian tubuh lainnya.

Cara Menghilangkan Bekas Cacar Air

Scar bekas cacar air bisa dihilangkan dengan beberapa pengobatan menggunakan cream atau bahan lainnya. Berikut akan dibahas cara menghilangkan bekas cacar air yang bisa diupayakan di rumah:

  1. Minyak vitamin E dan juga lidah buaya merupakan salah satu cara menghilangkan bekas cacar air yang bisa digunakan. Oles dan gosokkan minyak vitamin E dan lidah buaya pada daerah yang mengalami scar beberapa kali dalam sehari bisa mengurangi bekas cacar air berupa scar dan juga bekas hitam.
  2. Cocoa butter atau lemak kakao bisa digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan bekas cacar air. Oleskan beberapa kali dalam sehari cocoa butter pada bekas cacar air untuk mengurangi scar dan juga bekas hitam akibat cacar air.
  3. Bahan lain yang bisa digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan bekas cacar air antara lain air perasan lemon, madu, campuran pasta pepaya dan madu, air kelapa, ataupun makanan lain yang banyak mengandung vitamin K seperti brokoli, kol, hati, tomat, bayam, dsb.
  4. Krim penghilang scar dan bekas luka yang dijual bebas dan tersedia di pasaran bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bekas cacar air.
  5. Jika penggunaan krim ini juga tidak berhasil, maka sebaiknya konsultasi langsung ke dokter kulit agar mendapat terapi yang sesuai. Prosedur dermabrasi  dan laser merupakan salah satu cara menghilangkan bekas cacar air yang bisa diupayakan. Konsultasikan ke dokter cara apa yang tepat untuk menghilangkan bekas cacar air terutama yang muncul pada wajah. Jangan memberikan pengobatan pada anak -anak tanpa petunjuk dari dokter.

Namun untuk pasien dengan cacar air perlu diperhatikan agar tidak menggaruk kulit walaupun terasa sangat gatal. Karena garukan dapat menimbulkan bekas cacar air yang justru makin parah berupa scar yang berlubang dalam dan juga tanda kehitaman bekas cacar.

 

dr. Dina

dr. Dina Tri Amalia

Interactive Medical Advisor, mediskus.com

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer