Bagaimana Cara Mengobati Herpes Zoster?

Pertanyaan:

Dok, saya terkena herpes zoster tapi sudah ada yang pecah, apa yang harus saya lakukan dok agar penyakit ini lekas sembuh? Sebenarnya bagaimana pengobatan herpes zoster itu?

Jawaban:

Terimakasih atas kepercayaan Anda dengan menanyakan keluhan kepada kami,

Perlu kita ketahui bahwa herpes zoster merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus. Virus ini tidak hanya menyerang kulit tetapi juga jaringan saraf sesuai dengan lokasi kulit yang terlibat. Oleh karena itu selain adanya lepuhan pada kulit, herpes zoster akan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa seperti rasa terbakar, rasa nyeri seperti ditusuk-tusuk, dan terkadang kesemutan. Lebih lanjut silahkan baca: Mengenal Herpes Zoster

Dengan demikian, maka pengobatan herpes zoster meliputi:

Obat Anti nyeri

Untuk meredakan rasa sakit yang ditumbulkannya, dokter akan meresapkan analgetik yang sesuai dengan tingkat nyerinya bila analgetik saja masih belum mempan, maka biasanya diresepkan pula carbamezepin untuk menenangkan nyeri saraf.

Obat Anti Virus

Sesuai dengan penyebabnya, maka ini merupakan obat herpes zoster yang utama yang tidak hanya cepat menyembuhkan tetapi juga dapat mencegah komplikasi. Namun, harus disesuaikan dengan berapa lama herpes tersebut muncul. Karena antivirus hanya efektif jika digunakan pada saat 72 jam pertama sejak herpes itu muncul. Sayangnya Anda tidak menyebutkan sudah berapa hari Anda mengalaminya.

Antivirus herpes zoster yang dapat digunakan antara lain : Acyclovir, Valacyclovir, dan Famciclovir.

Perawatan di Rumah

Karena sudah ada yang pecah, maka yang perlu dilakukan sekarang adalah menjaga kebersihan daerah kulit yang terkena jangan sering2 menyentuhnya apalagi menggaruk. Cairan dari pecahan jangan sampai mengenai orang lain untuk mencegah penularan terlebih lagi hindari dekat-dekat dengan wanita hamil, orang dengan daya tahan tubuh yang lemah, dan bagi yang belum pernah terkena cacar air.

Di samping minum obat herpes zoster yang diberikan oleh dokter, makanlah makanan bergizi agar daya tahan tubuh kuat, dan bersabar menunggu kesembuhan dengan rata-rata 2-5 minggu. Biasanya rasa sakit masih terasa ketika lepuhan di kulit telah sembuh, maka selalu berkonsultasilah dengan dokter yang menangani Anda. Semoga lekas sembuh :)

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer