Batuk di Malam Hari, Ada Apa Ini?

Selamat siang dok, saya sering batuk pada malam hari saja bahkan sampai sesak nafas dan sulit tidur. Batuk ini sudah sekitar 3 minggu. Kira- kira ini penyakit apa yah dok? Untuk informasi nya saya ucapkan terimakasih dok.

Batuk adalah respon atau upaya tubuh untuk mengeluarkan benda asing atau mukus (lendir) dari saluran pernapasa sehingga saluran napas menjadi bersih. Batuk malam hari merupakan batuk yang terutama muncul pada malam hari, biasanya saat tubuh berada dalam posisi berbaring.

Penyebab tersering batuk di malam hari biasanya karena inflamasi atau peradangan pada paru atau tenggorokan, bisa karena rokok, udara dingin, flu, atau karena sebab lainnya. Namun pada beberapa kasus (jarang terjadi), batuk pada malam hari bisa juga karena infeksi berat pada paru, saluran bronkus ataupun pada tenggorokan. Bila disertai gejala nafas pendek, denyut jantung cepat, sesak napas, suara napas tambahan, suara jantung tambahan, dll, maka batuk malam hari bisa juga disebabkan karena gagal jantung kongestif. Batuk pada malam hari juga bisa disebabkan karena kanker paru, terutama jika disertai keluhan batuk berdarah.

Oleh karena banyak sekali penyebab batuk di malam hari maka sebaiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter untuk mengetahui penyebab pasti keluhan anda. Apalagi jika keluhan batuk malam hari disertai keluhan lain yang serius seperti nyeri dada, demam tinggi hingga masalah pernapasan berat (seperti sesak napas), maka segeralah memeriksakan kondisi anda ke dokter.

 

dr. Dina

dr. Dina Tri Amalia

Interactive Medical Advisor, mediskus.com

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer