Benarkah Ini Bintik Merah Demam Berdarah?

[alert]Dok, anak saya laki – laki berusia 4 tahun, mengalami badan panas, sakit kepala dan lesu selama 3 hari. Kemudian dia mengalami bintik merah setelah demam itu. Yang ini saya tahu sebenarnya anak saya sakit apa? takutnya demam berdarah. Saya ingin tahu bagaimana membedakan bintik merah demam berdarah atau karena penyakit lainnya? mohon dijawab. Terima kasih.

Selamat sore. Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

Untuk mengetahui secara pasti diagnosis penyakit yang dialami anak ibu memang harus dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang yang diperlukan. Hal ini bisa dilakukan dengan membawa anak ibu berobat langsung ke dokter. Karena sebenarnya keluhan demam, lesu, sakit kepala disertai bintik merah tidak hanya terjadi pada demam berdarah saja. Infeksi akibat virus seperti campak (morbili), campak Jerman, dan roseola infantum juga memiliki keluhan bintik merah. Namun sebenarnya bintik merah pada Demam berdarah Dengue (DBD) bisa dibedakan dengan bintik merah / ruam akibat penyakit lainnya.

Bagaimana Ciri Bintik Merah pada Demam Berdarah ?

Bintik merah pada demam berdarah dengue atau yang disebut petekie terjadi karena perembesan kapiler darah sehingga darah bocor dan keluar  ke kulit. Bintik merah pada demam berdarah memiliki karakteristik yang khas. Ciri bintik merah demam berdarah yaitu ketika kulit di sekitar bintik merah tersebut diregangkan maka bintik merah akan tetap ada atau tidak menghilang. Sedangkan jika bintik merah ini disebabkan karena gigitan nyamuk atau pun ruam kulit yang lain maka ketika kulit di sekitar bintik diregangkan, maka bintik merah akan menghilang. Hal ini yang membedakan bintik merah pada demam berdarah (petekie) dengan bintik merah akibat sebab lainnya.

Bintik Merah setelah Demam

Ruam kulit atau bintik merah yang disertai demam dapat disebabkan karena beberapa hal seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, yang paling sering adalah akibat morbili dan roseola infantum. Ada perbedaan ciri munculnya bintik merah pada keduanya yang nampak jelas yaitu pada:

  • Roseola infantum : bintik merah timbul setelah demam turun. Bintik merah bisa muncul di semua bagian tubuh seperti perut, dada, punggung, lengan, tungkai maupun wajah.
  • Morbili (campak ): berbeda dengan roseola infantum, pada morbili bintik merah timbul saat demam tinggi.

Kedua penyakit ini merupakan penyakit dengan keluhan bintik merah pada bayi dan balita yang paling sering terjadi, disamping penyakit – penyakit lainnya.

dr. Dina

dr. Dina Tri Amalia

Interactive Medical Advisor, mediskus.com

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer