Berapa Biaya CT Scan Kepala?

Ketika dokter menganjurkan seseorang untuk menjalani pemeriksaan ct scan kepala, tidak serta merta pasien melakukannya. Lantaran belum mengetahui berapa biaya ct scan kepala sehingga takut jangan-jangan itu mahal sekali.

Memang harga menjadi pertimbangan yang cukup berpengaruh, terlebih jika hal itu harus dibiayai sendiri. Meskipun begitu tentu saja tujuan dari pemeriksaan agar penyakit cepat diketahui dan ditangani adalah hal yang terpenting dan dokter yang profesional tentu saja tidak asal menganjurkan pemeriksaan ct scan kepala jika itu tidak diperlukan.

biaya ct scan kepala

CT Scan adalah jenis pemeriksaan untuk memindai bagian tubuh sehingga mendapatkan gambar tulang dan jaringan lunak yang tak terlihat secara kasat mata. Alat ini bekerja dengan menggunakan serangkaian pemindaian X-ray yang diambil dari berbagai sudut yang berbeda. Kemudian komputer akan memproses sehingga menghasilkan gambar tulang dan jaringan lunak di dalam tubuh.

Alat CT scan berupa mesin pemindai berbentuk lingkaran yang besar seperti terowongan yang cukup untuk dimasuki orang dewasa dengan posisi berbaring. Alat ini dapat digunakan untuk mendiagnosis dan memonitor beragam kondisi kesehatan.

Pemeriksaan CT Scan kepala merupakan salah satu pemeriksaan yang kerap dianjurkan oleh dokter untuk mengetahui kondisi atau penyakit di dalam kepala kita, yang terdiri dari tulang tengkorak, pembuluh darah, cairan otak, otak, dan batang otak.

Adapun biaya CT Scan kepala sangatlah bervariasi dari satu tempat ke tempat lainnya, bedasarkan pengamatan yang kami lakukan, biaya ct scan kepala di daerah kabupaten, kisaran harga yang dipatok yaaitu kisaran Rp.600.000 – 800.000, sedangkan di daerah di kota besar kisaran harga ct scan kepala mencapa Rp. 800.000 – 1.200.000.

Apa yang membedakannya?

Biasanya faktor pembedanya adalah dari segi alat yang digunakan, seperti pada daerah kabupaten lebih banyak alat generasi lama, dan sedangkan di kota besar cenderung alatnya lebih baru dan teknologinya lebih canggih sehingga lebih mahal, namun ini tidak selalu ya. Faktor lainnya yang mempengaruhi harga ct scan kepala yaitu bahan habis pakai yang digunaan apakah murah / mahal, dan fasilitas yang didapatkan.

Apakah untuk biaya ct scan kepala bisa ditanggung oleh BPJS?

BPJS kesehatan bisa meng-cover biaya CT scan kepala apabila rujukannya sesuai dengan indikasi klinis, disamping itu pihak BPJS punya standarisasi biaya yang dijaminkan, sedangkan besaran biaya ct scan kepala yang dijaminkan oleh pemerintah itu tentunya tergantung pada kelas atau tipe rumah sakit. Jika rumah sakit tipe A (Rumah sakit besar dan rujukan), maka biaya yang dijaminkan lebih besar dari pada rumah sakit tipe B dan C.

Mungkin hanya ini yang bisa kami informasikan mengenai biaya ct scan kepala, semoga bermanfaat. terimakasih.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer