Berapa Biaya USG 4 Dimensi untuk Kehamilan?

Di zaman teknologi yang serba maju seperti saat ini, ada banyak sekali alat-alat pemeriksaan yang canggih sehingga dapat melihat sesuatu yang tak kasat mata menjadi terlihat dengan jelasnya. Salah satu contohnya adalah USG atau ultrasonografi, akan tetapi lagi-lagi semua tidaklah gratis. Oleh sebab itu banyak yang ingin tahu berapa biaya USG 4 Dimensi yang katanya canggih itu.

USG kandungan bertujuan untuk melihat kondisi janin, rahim, air ketuban, plasenta dan sebagainya dengan menggunakan gelombang suara. Gelombang suara dipancarkan oleh alat USG yang ditempelkan pada anggota tubuh dalam hal ini permukaan perut ibu hamil, kemudian gelombang suara membentur organ-organ dalam dan dipantulkan kembali kemudian ditangkap oleh alat USG, setelah itu gelombang suara pantulan ini kemudian diubah menjadi sebuah gambar. Prinsip kerjanya sama dengan sensor yang dimiliki oleh ikan hiu.

Pada saat alat ini pertama kali keluar, gambar yang ditampilkan memiliki 2 dimensi, berwarna hitam putih. Meskipun begitu, pada saat itu biaya USG 2 dimensi tergolong mahal bagi kalangan tertentu.

biaya USG 4 dimensi

Mengenal Lebih Jauh USG 4 Dimensi

Seiring dengan perembangan teknologi, alat USG juga mengalami kemajuan, saat ini telah ada USG 3 dimensi dan 4 dimensi dengan gambar yang lebih detil sehingga memudahkan dokter dalam mengdentifikasi setiap masalah pada kandungan pasien. Akan tetapi biaya USG 4 dimensi pastinya lebih mahal dibanding 3D dan 2D.

USG 3D menunjukkan gambar janin dalam tiga dimensi. Sedangkan USG 4D menunjukkan gambar seperti pada 3D tetapi gambarnya bergerak, dengan waktu menjadi dimensi keempat. Tentu ini akan sangat memuaskan bagi orang tua yang ingin selalu melihat kondisi sang buah hati dalam kandungan.

Tidak seperti USG 2D standar dimana gambar yang dihasilkan hanyalah berwarna abu-abu dan garis-garis kabur dan yang terlihat dominan adalah foto-foto organ dalam. Dengan USG 3D dan 4D, Anda bisa melihat kulit bayi bukan bagian dalam tubuhnya. Anda juga bisa melihat bentuk mulut dan hidung bayi, serta pergerakannya di dalam rahim.

USG 3D dan 4D tentu saja dapat memberikan informasi lebih lanjut tentang kelainan yang dikenal. Karena USG ini dapat menunjukkan lebih detail dari sudut yang berbeda, dapat membantu dalam diagnosis bibir sumbing dengan cepat dan kelainan-kelainan bawaan lainnya sehingga akan membantu dokter merencanakan tindakan pasca persalinan.

Selain kedua hal tersebut, USG 4 Dimensi juga dapat memberikan beberapa manfaat lain, diantaranya :

  • Menentukan umur kehamilan, sangat berguna apabila Ibu lupa dengan hari pertama hain terakhir (HPHT)
  • Melihat aliran atau arus pembuluh darah janin.
  • Mendeteksi adanya kelainan pada rahim ibu ataupun organ-organ dalam lainnya yang berkaitan dengan kehamilan.
  • Mendeteksi masalah pada janin dengan lebih akurat.

Berapa Biaya USG 4 Dimensi?

Biaya yang dipatok oleh rumah sakit atau klinik dokter kandungan untuk pemeriksaan USG 4 Dimensi cukup bervariasi. Dengan teknologi yang lebih canggih dan berbagai kelebihan yang ditawarkan, sudah pasti membuay biaya USG 4 Dimensi menjadi lebih mahal jika dibandingkan USG 2 dimensi atau USG 3 dimensi.

Berdasarkan pengamatan kami di lapangan, rata-rata klinik atau rumah sakit di wilayah Jakarta memasang tarif USG 4 dimensi pada kisaran harga Rp 300 ribu. Ada juga yang memtok tarif hingga Rp 600 ribuan dalam satu paket komplit yang disertai foto, CD, dan biaya konsultasi dokter. Namun kami juga menemukan klinik dokter kandungan yang hanya menerapkan biaya USG 4 Dimensi sebesar Rp 100.000 hingga Rp 200.000 saja.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer