Berapa Lama Waktu Penyembuhan Setelah Patah Tulang

Selamat pagi dokter. Saya murid kelas 3 smp dan sebentar lagi ujian. Namun lengan bawah saya patah karena kecelakaan. Bisa berapa lama waktu penyembuhan tulang saya setelah patah tulang? Dan makanan apa yang berguna bagi penyembuhan saya? Terima kasih.

Terima kasih sudah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

Untuk waktu penyembuhan patah tulang atau bahasa kedokterannya disebut dengan fraktur memang bervariasi antara tiap individu dan berhubungan dengan beberapa faktor yang terkait dengan penderita, seperti:

  • Umur penderita : waktu penyembuhan tulang pada anak lebih cepat daripada dewasa.
  • Lokasi terjadinya fraktur dan bentuk patahan tulangnya
  • Pergeseran fraktur : fraktur yang yang tidak mengalami pergeseran memiliki waktu penyembuhan yang lebih cepat.
  • Vaskularisasi : vaskularisasi yang baik oleh pembuluh darah diantara kedua bagian fraktur akan mempercepat penyembuhan
  • Imobilisasi : imobilisasi yang baik akan mencegah pergerakan dan kerusakan pembuluh darah di sekitar fraktur sehingga mempercepat penyembuhan fraktur
  • Gerakan aktif dan pasif : gerakan aktif dan pasif pada anggota gerak akan meningkatkan vaskularisasi di daerah fraktur namun pergerakan yang dilakukan pada daerah fraktur tanpa diikuti imobilisasi yang sempurna malah akan mengganggu vaskularisasi.

Penyembuhan fraktur pada lengan bawah berkisar antara 3 minggu – 3bulan, tergantung pula pada lokasi tulang dan faktor- faktor lain seperti yang saya jelaskan diatas. Sehingga biasanya penderita tidak disarankan untuk melakukan aktivitas yang mengganggu penyembuhan fraktur pada area yang terkena. Sebaiknya anda juga berkonsultasi dengan dokter yang memeriksa anda karena merekalah yang lebih tahu sejauh mana penyembuhan tulang tersebut telah terjadi dan anda bisa beraktivitas ke sekolah seperti biasa.
Makanan yang Mempercepat Penyembuhan Fraktur
Untuk makanan yang mempercepat penyembuhan fraktur antara lain makanan yang banyak mengandung kalsium (seperti : susu, kedelai, pisang, yogurt, ikan teri, dll) , vitamin D (ex: kuning telur, salmon, tuna, sarden, dll), vitamin K ( ex: kol, ikan, daging, dll) serta nutrisi lain yang mempercepat penyerapan kalsium seperti vitamin C dan magnesium.

Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu dan semoga lekas sembuh.

dr. Dina

dr. Dina Tri Amalia

Interactive Medical Advisor, mediskus.com

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer