Beras Putih untuk Pasien Diabetes, Boleh atau Tidak?

Selamat pagi dok. Saya seorang pasien yang memiliki penyakit diabetes sejak 1 tahun belakangan. Makanan apa yang cocok saya konsumsi dok? Boleh tidak saya makan nasi putih? Karena saya tidak bisa makan tanpa nasi. Terima kasih dok.

Selamat pagi. Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus. com.

Pasien diabetes melitus atau kencing manis memang harus menjaga pola makannya dengan lebih ekstra agar gula darahnya bisa tetap terkontrol. Untuk itu seringkali banyak pertanyaan tentang makanan apa yang boleh maupun tidak boleh dimakan bagi pasien diabetes dan berapa banyak makanan tersebut bisa dikonsumsi.

Makanan pada pasien diabetes sebaiknya diatur jumlah kalori dan pembagian porsi makanannya dalam sehari. Makanan dibagi dalam 3 porsi besar untuk makan pagi (20%), makan siang (30%), makan sore (25%) serta 2-3 porsi makanan ringan/ cemilan (10-15%) di antaranya.

Makan Nasi Putih Boleh atau Tidak?

Untuk orang Indonesia memang sangat sulit jika harus menghilangkan kebiasaan makan nasi terutama nasi putih. Nasi putih sendiri memang memiliki kadar gula yang sangat tinggi. Sehingga jika dikonsumsi terlalu banyak apalagi tanpa disertai olahraga yang sesuai maka kadar gula darah pada pasien diabetes akan bisa meningkat dengan cepatnya. Sebenarnya nasi putih bisa tetap dikonsumsi namun porsinya harus dikurangi hingga hanya beberapa  sendok makan saja atau cari beras putih yang mengandung amilosa tinggi dan kadar gula nya rendah. Beras putih yang kadar gula nya rendah biasanya bertekstur kasar sehingga agak kurang disukai.

Namun alangkah baiknya jika konsumsi nasi putih ini diganti oleh sumber karbohidrat lainnya yang kadar gulanya tidak terlalu tinggi, yaitu karbohidrat kompleks. Contoh karbohidrat kompleks antara lain singkong,  oatmeal, gandum, ubi, dll. Jika pasien memang memiliki kebiasaan makan nasi, maka bisa juga dicoba contoh karbohidrat kompleks lainnya seperti nasi merah. Nasi merah memiliki kadar gula yang lebih rendah dari nasi putih, selain itu kadar seratnya juga lebih tinggi sehingga cenderung lebih baik untuk membantu mengontrol kadar gula darah.

Komposisi Makanan yang Dianjurkan:

Karbohidrat

Walaupun karbohidrat kompleks memiliki kandungan kadar gula yang lebih rendah dan biasanya dapat menahan lapar lebih lama hingga 6 jam namun tetap saja tidak boleh dikonsumsi berlebihan. Konsumsi karbohidrat yang dianjurkan hanya 45-65% total asupan energi.

Lemak

Asupan lemak dianjurkan sekitar 20-25% kebutuhan kalori. Jangan melebihi 30%. Sumber lemak yang harus dihindari adalah lemak jenuh dan lemak trans antara lain: daging berlemak dan whole milk. Usahakan sumber lemak berasal dari asam lemak tidak jenuh.

Protein

Asupan protein yang dianjurkan sekitar 15-20% dari total kalori. Sumber protein yang baik adalah: ikan, daging tanpa lemak, ayam tanpa kulit, produk susu rendah lemak, kacang-kacangan, tahu, tempe.

Garam

Pembatasan konsumsi garam/ natrium. Asupan yang dianjurkan hanya sampai 2400 mg atau 6gr (1 sendok teh) per hari. Sumber natrium adalah garam dapur, micin, soda.

Serat

Penyandang diabetes dianjurkan konsumsi cukup serat yang diperoleh dari sayuran, buah, kacang, serta sumber karbohidrat yang tinggi serat.

 

 

 

dr. Dina

dr. Dina Tri Amalia

Interactive Medical Advisor, mediskus.com

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer