Bolehkah Ibu Hamil Minum Es

Banyak mitos seputar kehamilan yang sering menjadi momok bagi ibu – ibu yang sedang mengalami fase kehamilan, salah satunya adalah mitos bahwa minum es saat hamil tidak diperbolehkan. Namun benarkah hal ini? Apakah ibu hamil boleh minum es? Atau justru hal ini dapat membahayakan bagi janin yang dikandungnya? Adanya pertanyaan mengenai bolehkah ibu hamil minum es ini seringkali ditanyakan sehingga menjadi latar belakangnya ditulisnya artikel ini.

Sebenarnya tidak terlalu banyak penelitian yang membahas mengenai apakah ibu hamil boleh minum es atau tidak. Namun dari beberapa penelitian yang ada ternyata tidak ditemukan dampak buruk minum es saat hamil serta tidak ditemukan adanya bukti bahwa minum es saat hamil membuat proses persalinan menjadi berbahaya dan tak aman.

Ibu hamil disarankan untuk banyak mengkonsumsi air. Hal ini agar ibu hamil dan bayi tidak dehidrasi dan juga mengurangi resiko terjadinya trombosis vena profunda akibat adanya bekuan darah, yang sering terjadi pada kaki. Seringkali ibu hamil malas jika diminta untuk mengkonsumsi air hangat dan lebih memilih meminum air yang dingin. Hal ini tidak menjadi masalah. Ibu hamil bebas minum es saat hamil sepanjang tidak terlalu dingin dan menimbulkan keluhan lain. Jika ibu lebih merasa nyaman minum es saat hamil daripada air hangat maka hal ini boleh dilakukan. Yang tidak boleh dan berbahaya adalah ibu hamil dipaksa untuk minum air hangat padahal ia tidak menyukainya, dan hal ini malah membatasi asupan cairannya. Asupan cairan yang kurang justru malah memiliki dampak berbahaya bagi ibu hamil. Jadi penting agar ibu hamil minum air paling sedikit 10 – 12 gelas perhari agar kebutuhan cairan tubuh terpenuhi dan mencegah terjadinya dehidrasi.

Asupan cairan tubuh yang terpenuhi juga mempengaruhi banyaknya produksi air susu ibu (ASI). Sehingga jika bayi tidak mendapat ASI yang cukup dari ibunya, hal ini malah akan merugikan bayi karena dapat menyebabkan bayi dehidrasi dan tidak tumbuh dengan baik. Hal ini membuktikan bahwa minum es saat hamil tidak seberbahaya daripada jika bayi kekurangan cairan akibat ibu tidak mendapat asupan cairan yang cukup. Jika ibu khawatir es akan mempengaruhi ASI menjadi dingin juga, maka jangan khawatir karena ASI akan tetap hangat sesuai temperatur tubuh dan antibodi yang juga terkandung dalam ASI akan melindungi bayi dari infeksi.

Adapun, makanan atau minuman yang tidak boleh untuk ibu hamil adalah Pantangan Makanan Ibu Hamil

Dari penjelasan ini diharapkan agar mitos mengenai minum es saat hamil bisa dijernihkan dan membuat ibu hamil menjadi lebih tenang. Jika masih ada pertanyaan ” bolehkah ibu hamil minum es ?” , maka jawabannya adalah : ” ya, tentu saja boleh! :)

dr. Dina

dr. Dina Tri Amalia

Interactive Medical Advisor, mediskus.com

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer