Buang Air Besar Berdarah Dan Berlemak?

Selamat sore dok, saya mau tanya, akhir-akhir ini saya sering mengalami BAB berdarah, meskipun gak banyak tapi jujur ini membuat saya khwatir dan takut. Gak cuma itu, bahkan darah dan feses yang keluar pun seperti bercampur lemak yang sulit jika di bersihkan hanya dengan air, harus dengan sabun malah. Tidak hanya BAB saja tetapi darahnya keluar saat saya buang angin pula. mohon penjelasannya dok. terima kasih. 

Terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter onlien gratis di mediskus.com

Buang air besar berdarah menandakan adanya perlukaan pada saluran cerna, namun harus dipastikan saluran cerna bagian mana yang mengalaminya. Untuk itu harus dilihat darah yang keluar berwarna merah segar atau kehitaman. Lebih lanjut silahkan baca: BAB Berdarah

Sebagai gambaran umum, bahwa buang air besar dengan darah berwarna merah segar, itu berasal dari perdarahan saluran cerna bagian bawah (usus besar, rectum, dan anus). Sedangkan darah yang berwarna kehitaman berasal dari saluran cerna bagian atas (esofagus, lambung, usus 12 jari).

Mengenai keluhan kedua, yakni buang air besar berlemak, sebenarnya kalau mengandung lemak sedikit maka itu masih wajar dan normal akan tetapi jika lemak pada feses berlebihan, maka itu bisa diakibatkan oleh makanan yang mengandung lemak tinggi atau bisa juga karena gangguan penyerapan makanan pada usus, namun hal ini juga bisa disebabkan oleh infeksi parasit tertentu.

Dengan demikian, sangat perlu untuk melakukan pemeriksaan baik pemeriksaan fisik seperti colok dubur dan pemeriksaan tinja. Karena masalah ini tidak boleh dianggap remeh, maka sebaiknya segera diperiksakan.

Sekian, semoga jawaban dan informasi ini berguna untuk Anda.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer