Buang Air Kecil Sering dan Sakit Pinggang

Saya mohon solusi ataupun analisa tentang keluhan saya akhir akhir ini. Sudah dua Hari ini saya sering kencing tapi cuma sedikit. Istilah jawa (Anyang anyangan). Dan Pinggang sebelah kanan saya sakit. Kadang sakit pinggang terasa sampai perut bawah sebelah kanan dan selangkangan kanan. Mohon diagnosa dan juga pengobatan untuk penyakit saya. Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan ribuan terima kasih.Selamat siang. Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus. com.Berdasarkan keluhan yang anda sampaikan ada beberapa kemungkinan penyebab keluhan anda antara lain:

  1. Infeksi saluran kemih. Hal ini terjadi karena infeksi pada saluran kemih anda. Biasanya keluhan yang muncul berupa demam, nyeri saat berkemih, rasa anyang – anyangan atau tidak lampias saat kencing, kencing sedikit – sedikit, warna air kencing bisa kemerahan, dan lain sebagainya.
  2. Batu saluran kemih. Hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor antara lain akibat infeksi, obat – obatan, kebiasaan menahan kencing, konsumsi air hanya sedikit, dan lain sebagainya. Batu saluran kemih dapat terjadi mulai dari ginjal, ureter, kandung kemih maupun uretra. Keluhan yang muncul bermacam – macam tergantung lokasi, ukuran batu maupun keparahan penyakit. Gejala yang muncul antara lain nyeri di pinggang yang sering menjalar ke area yang sesisi, selangkangan hingga ke skrotum atau buah zakar pada laki – laki. Keluhan ini dapat disertai mual , muntah , demam, keringat dingin, BAK berdarah dan lain sebagainya.
  3. Pembesaran prostat. Biasanya terjadi pada usia tua.
  4. Dan lain sebagainya.

Untuk memastikan apa sebenarnya penyebab penyakit anda maka harus dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung oleh dokter dan pemeriksaan penunjang jika perlu, sehingga anda mendapatkan penanganan yang tepat seputar penyakit anda.

Untuk infeksi saluran kemih , pengobatan yang diberikan dapat berupa pemberian antibiotik serta obat simptomatik lainnya untuk mengurangi keluhan. Namun jika penyebabnya karena batu saluran kemih maka pengobatan tergantung ukuran batu, lokasi dan tingkat keparahan penyakitnya. Bisa hanya dengan pemberian obat – obatan, laser hingga tindakan operatif.

Sekian jawaban dari saya. Semoga dapat membantu.

dr. Dina

dr. Dina Tri Amalia

Interactive Medical Advisor, mediskus.com

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer