Cara Aman Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi

Dok, anak saya yang berusia 5 bulan mengalami pilek, dan yang membuat saya kasihan hidungnya tersumbat sehingga membuat dia susah tidur dan rewel. Yang ingin saya tanyakan, bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi saya dok?

Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

Hidung tersumbat pada bayi banyak sekali terjadi. Keluhan hidung tersumbat akan sangat menggangu bayi, bahkan dapat mengganggu kemampuan bayi untuk menghisap ASI atau susu yang dikonsumsinya. Ibu biasanya akan langsung khawatir ketika bayi tampak kesulitan bernafas akibat hidung tersumbat saat pilek. Hidung yang berair (keluar ingus) sebenarnya baik karena merupakan respon tubuh untuk mengeluarkan kuman. Namun jika ingus (mukus) terlalu banyak dan menumpuk maka bisa menyebabkan hidung tersumbat dan kepala terasa berat.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi akibat Pilek

Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan ibu di rumah agar bayi tetap merasa nyaman dan keluhan hidung tersumbat  akibat pilek berkurang. Cara aman untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi akibat pilek antara lain:

  • Usahakan perbanyak konsumsi cairan (ASI/ Susu pada bayi < 6 bulan). Hal ini karena bayi cenderung malas untuk minum saat pilek. Hal ini juga membantu agar bayi tidak dehidrasi. Pada bayi >6 bulan juga bisa diberi air putih, jus atau pada anak yang lebih besar, juga dapat diberi sup hangat, atau minuman lainnya.
  • Hidung tersumbat biasanya makin memburuk atau makin terasa saat berbaring. Sehingga sebaiknya bayi berada dalam posisi setengah duduk, misal dengan cara meninggikan posisi kepala saat berbaring.
  • Jika udara kering, juga bisa ditambah kelembaban dengan menggunakan alat pelembab udara.
  • Untuk melegakan pernapasan juga dapat dilakukan dengan cara menghirupkan uap hangat pada bayi atau anak yang lebih besar atau dengan menggunakan baskom  berisi air hangat (dapat ditambah tetesan minyak kayu putih atau garam) yang diletakkan dalam kamar bayi. Ganti air jika telah dingin dan ulangi cari tadi. Hal ini dapat membantu melegakan pernapasan bayi.
  • Larutan saline drop (tetes) bisa digunakan untuk mengencerkan ingus yang kental sehingga mudah untuk dikeluarkan dan melegakan pernapasan bayi. Teteskan beberapa drop (tetes) larutan saline ke lubang hidung bayi, lalu hisap lendir dengan menggunakan alat hisap lendir (bola karet penghisap lendir) untuk membuang lendir/ ingus yang banyak. Larutan saline bisa dibeli di apotek. Cara ini baik dilakukan untuk bayi di bawah usia 6 bulan karena bayi atau anak yang lebih besar biasanya cenderung rewel dan meronta – ronta. Larutan saline juga bisa digunakan untuk melembabkan jalan napas karena udara yang terlalu kering.
balon karet penghisap lendir

balon karet penghisap lendir

Upaya yang dijelaskan di atas adalah beberapa cara aman mengatasi hidung tersumbat pada bayi akibat pilek. Namun jika keluhan bayi masih dirasakan setelah upaya tersebut dilakukan atau keluhan pilek dan hidung tersumbat dirasa makin memberat sebaiknya diperiksakan kembali ke dokter agar dapat diterapi dengan tepat.

 

dr. Dina

dr. Dina Tri Amalia

Interactive Medical Advisor, mediskus.com

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer