Cara Benar Menurunkan Kolesterol Jahat

Pada zaman sekarang ini banyak sekali makanan tinggi lemak yang sering kita konsumsi, ditambah lagi dengan tidak adanya waktu yang bisa kita luangkan untuk berolahraga. Hal ini membuat kolesterol dalam tubuh meningkat sehingga angka kejadian terjadinya penyakit seperti hipertensi (tekanan darah tinggi) hingga serangan jantung kian tinggi.

Banyak dari kita yang bertanya bagaimana cara menurunkan kolesterol dalam tubuh? Bagaimana cara cepat menurunkan kolesterol? Adakah obat menurunkan kolesterol hingga makanan untuk menurunkan kolesterol yang bisa kita konsumsi? Pertanyaan – pertanyaan ini seringkali diajukan sebagai dampak kekhawatiran yang timbul akibat meningkatnya kejadian penyakit – penyakit tersebut. Oleh karena itu pada artikel kali ini akan dibahas mengenai bagaiman cara cepat menurunkan kolesterol dalam tubuh.

Kolesterol dalam tubuh sebenarnya ada beberapa jenis, yaitu ada kolesterol jahat dan kolesterol baik. Yang termasuk kolesterol jahat antara lain LDL, trigliserida, dan VLDL. Sedangkan kolesterol baik yaitu HDL. Sehingga yang perlu diturunkan adalah kadar kolesterol jahatnya. Ada beberapa cara menurunkan kolesterol jahat yang bisa kita terapkan antara lain:

Modifikasi gaya hidup.

Maksudnya adalah dengan melakukan pola hidup sehat seperti menjaga pola makan yang kita konsumsi dengan memakan makanan yang bernutrisi seimbang dan meningkatkan aktivitas fisik salah satunya dengan cara berolahraga. Hal ini bisa dilakukan sebagai salah satu cara menurunkan kolesterol jahat.

Makanan untuk menurunkan kolesterol.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya diketahui bahwa cara menurunkan kolesterol jahat adalah dengan menjaga asupan makanan. Kita harus mengetahui makanan apa yang akan meningkatkan kadar kolesterol atau lemak dalam tubuh. Sebenarnya kolesterol atau lemak terdiri dari lemak yang tersaturasi dan lemak yang tidak tersaturasi.

Lemak tersaturasi bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Sehingga jenis lemak ini harus dihindari. Contoh makanan yang mengandung lemak tersaturasi adalah sosis, cream, potongan lemak dari daging merah, cake, biskuit, keju, minyak kelapa dsb. Sedangkan lemat tidak tersaturasi sendiri merupakan lemak yang baik bagi tubuh. Sehingga konsumsi lemak yang tidak tersaturasi sebagai pengganti lemak tersaturasi menjadi salah satu cara menurunkan kolesterol jahat. Contoh makanan yang mengandung lemak yang tidak tersaturasi antara lain minyak ikan, kacang – kacangan, minyak sayuran seperti minyak zaitun dsb.

Makanan untuk menurunkan kolesterol jahat lainnya antara lain adalah makanan yang mengandung serat seperti gandum, sayur – sayuran ( contoh sawi, bayam, dll) , buah – buahan (seperti apel, dsb), dsb. Usahakan mengkonsumsi 5 porsi sayur dan buah – buahan setiap harinya sebagai salah satu cara menurunkan kolesterol.

Meningkatkan Aktivitas Fisik

Peningkatan aktivitas fisik menjadi salah satu cara cepat menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan HDL yang merupakan kolesterol baik. Peningkatan aktivitas fisik tidak hanya dengan berolahraga saja. Namun juga dengan meningkatkan aktivitas fisik kita sehari – hari seperti mengerjakan pekerjaan rumah tangga (mencuci, mengepel, dsb) hingga berjalan keliling rumah, menari, dan masih banyak lagi. Kurangi aktivitas yang hanya berdiam diri saja seperti menonton televisi, tidur, dsb. Jika ingin berolahraga, pilih sesuai dengan kemampuan tubuh dan jangan dipaksakan.

Hindari Merokok

Kebiasaan merokok dapat menurunkan kadar kolesterol baik (HDL) dan meningkatkan resiko terjadinya penyakit jantung koroner.

Obat Menurunkan Kolesterol

Obat untuk menurunkan kolesterol jahat bisa dipertimbangkan untuk diberikan sebagai cara cepat menurunkan kolesterol, jika hanya dengan modifikasi gaya hidup saja ternyata kolesterol sulit untuk diturunkan. Pasien yang memiliki resiko tinggi mengalami penyakit jantung koroner juga perlu obat menurunkan kolesterol sebagai cara cepat untuk menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Ada beberapa obat untuk menurunkan kolesterol jahat antara lain golongan statin ( seperti: simvastatin, lovastatin, dsb), golongan niasin (seperti : niacor, slo-niasin, dsb) , golongan resin asam empedu (seperti cholestiramin, cholestipol, dsb), golongan asam fibrat (seperti: klofibrat, gemfibrozil, dsb, dan ezetimibe.

 

dr. Dina

dr. Dina Tri Amalia

Interactive Medical Advisor, mediskus.com

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer