Cara Mengobati Mata Ikan

Selamat siang dokter. Saya memiliki mata ikan di kaki yang sangat mengganggu karena rasanya sakit ketika kaki dipakai berjalan. Bagaimana cara mengobati mata ikan yang timbul dok ? Lalu kenapa mata ikan sering kambuh dok? Terima Kasih.

Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

Mata ikan atau dalam istilah kedokteran disebut klavus disebabkan karena adanya gesekan atau penekanan yang berselang seling dalam waktu lama pada anggota gerak tubuh, yang paling sering terutama pada telapak kaki.
Klavus ada 2 macam, klavus keras dan lunak. Klavus biasanya berbentuk kerucut yang menghujam dan terasa nyeri.

klavus

Untuk mengatasi klavus ada beberapa cara yaitu;

  1. Menghindari faktor trauma dan tekanan. Karena mata ikan disebabkan oleh  tekanan/gesekan maka jika penyebabnya dihilangkan, gejalanya biasanya akan hilang dengan sendirinya
  2. Gunakan alas kaki yang lunak dan kurangi aktivitas yang berulang yang mengakibatkan penekanan pada satu tempat.
  3. Jika dengan cara diatas namun klavus belum dapat hilang maka anda sebaiknya memeriksakan ke dokter agar dapat diberi terapi yang tepat yaitu dapat dilakukan pengobatan dengan melakukan pengolesan menggunakan salap asam salisilat atau suspensi trikloroasetat ataupun bisa dengan mengeluarkan inti dengan cara eksisi total.

Kenapa Mata Ikan sering Kambuh?

Mata ikan yang sering kambuh bisa terjadi karena beberapa hal antara lain:

  • Kontur kaki dan cara berjalan yang kurang proporsional. Pada saat berjalan, titik tumpu terletak pada 1 bagian tertentu sehingga pada area tersebut lebih sering muncul mata ikan yang berulang.
  • Penggunaan alas kaki yang terlalu sempit dan kurang lembut sehingga sering menimbulkan gesekan kuat dengan kaki.
  • Aktivitas sehari-hari dari pasien banyak menggunakan kaki seperti olahraga maraton, berjalan dalam jarak jauh setiap hari, dll.

Pencegahan

Upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah berulangnya mata ikan antara lain dengan menggunakan alas kaki yang lembut dan tidak sempit, kurangi aktivitas yang memberikan tekanan pada ekstrimitas, serta gunakan losion pelembab dan pelembut pada area-area yang mempunyai resiko tinggi berulangnya mata ikan.

Sekian jawaban dari saya. Semoga dapat membantu.

dr. Dina

dr. Dina Tri Amalia

Interactive Medical Advisor, mediskus.com

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer