Cara Mengobati Psoriasis

Selamat pagi dok. Saya laki-laki berusia 48 tahun. Saya menderita penyakit psoriasis. Pengobatan apa yang paling baik untuk psoriasis dok? Terima kasih.

Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com

Hingga saat ini psoriasis masih belum diketahui penyebabnya secara pasti, sehingga belum ada pengobatan yang dapat menyembuhkan secara total penyakit psoriasis ini. Sejauh ini belum ada penderita yang 100% terbebas dari penyakit ini, pengobatan yang ada hanya bersifat simptomatik yaitu untuk menekan gejala, memperbaiki keadaan kulit dan mengurangi rasa gatalnya.

Psoriasis

Orang dengan Psoriasis & Psoriatik Arthritis (ODPA) tidak bisa berhenti dari pengobatan. Pasien psoriasis akan menerima  pengobatan lanjutan sebagai terapi pemeliharaan yang diberikan dalam jangka waktu lama untuk mempertahankan kondisi dan juga untuk mengontrol agar tidak timbul kelainan kulit yang baru.

Pengobatan psoriasis ada berbagai macam, mulai dari pengobatan sistemik (obat minum), pengobatan topikal (krim/salep oles), maupun dengan penyinaran menggunakan sinar UVA & UVB. Semua jenis pengobatan tersebut hanya berfungsi untuk meredam penyakit dan tidak menyembuhkan psoriasis sama sekali, sehingga sewaktu-waktu penyakit ini dapat timbul kembali. Keseluruhan pengobatan psoriasis sebaiknya berada dalam pengawasan dokter, dan sebaiknya diperiksa terlebih dahulu sejauh mana keadaan yang sedang dialami oleh pasien. Sehingga dokter dapat memutuskan pengobatan manakah yang paling cocok diberikan untuk individu tersebut. Karena pada prinsipnya semua pengobatan psoriasis baik, tinggal disesuaikan dengan kondisi pasien, beratnya penyakit dan pengobatan mana dengan efek samping paling rendah.

Sekian penjelasan dari saya. Semoga dapat membantu.

dr. Dina

dr. Dina Tri Amalia

Interactive Medical Advisor, mediskus.com

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer