Darah Tinggi dan Serangan Panik, Bagaimana Solusinya?

Petanyaan:

Siang dok, Saya umur 30 thn. Skrg lagi cemas. 1 bulan yg lalu, saya didiagnosis hipertensi dengan tekanan darah 160/90 mmHg. Akhirnya cek jantung lengkap baik darah, elektrokardiograpi, ekokardiografi (scan jantung) dan foto rontgen, kata dokter jantung saya normal. Tapi ini awal masalah bagi saya, tiap hari saya diliputi rasa cemas (panict attack) bolak balik ke dokter berbeda untuk mastikan tensi normal dan jantung normal. Saya capek juga dng kondisi ini, lemas saya karena panik atau juga karena pengaruh obat hipertensi (saya konsumsi irvell 150). Klo tensi siang 130/90 tapi klo malam 160/80. Apa yg harus saya lakukan dng kondisi ini? Apakah saya perlu cek jantung lagi? Karena tiap badan terasa lemas serangan panik melanda, jantung berdebar debar. Tks atas jawabannya.

darah tinggi dan panik

ilustrasi

Jawaban:

Selamat Siang Bapak,
Dari keluhan yang Anda sampaikan, saya simpulkan terdapat 2 masalah yang sedang Anda hadapi yaitu hipertensi (darah tinggi) dan serangan panik.

Kedua hal di atas memiliki kaitan yang erat satu sama lain. Darah tinggi membuat Anda cemas dan khawatir tentang kondisi jantung dan kesehatan Anda, dan sebaliknya rasa cemas akan memperburuk Darah tinggi yang Anda alami. Seperti fenomena lingkaran setan. Solusinya adalah mengobati keduanya secara bersamaan, dengan cara sebagai berikut:

Mengatasi Darah Tinggi

Periksakan secara rutin sesuai yang dijadwalkan oleh dokter. Minumlah obat darah tinggi yang diberikan sesuai petunjuk dokter. Berdasarkan keterangan yang Anda sampaikan, obat yang sedang Anda gunakan saat ini yaitu Irvell 150 mg (Irbesartan) yang telah efektif menurunkan tekanan darah di siang hari namun di malam hari belum bisa turun. Obat ini memang dapat menurunkan darah tinggi, namun memiliki efek samping diantaranya: Gangguan emosi, depresi, parestesis, tremor, dan kelemahan anggota gerak.

Oleh karena itu, konsultasikan hal ini dengan dokter Anda, mungkin dokter akan mengganti dengan obat darah tinggi yang cocok untuk Anda. Ingat, obat darah tinggi harus selalu diminum guna mencegah komplikasi yang ditimbulkannya. (baca: Komplikasi Darah Tinggi)

Mengatasi Serangan Panik

Untuk mengatasi masalah ini, yang pertama-tama harus yakinkan diri bahwa hipertensi akan memberikan efek negatif pada tubuh, termasuk gangguang jantung, stroke, atau gagal ginjal, Hanya jika tekanan darah itu dibiarkan tetap tinggi dalam kurun waktu tertentu. Oleh karena itu, jika Anda telah diberikan obat darah tinggi yang tepat dan terpantau bahwa tekanan darah selalu berada di ambang normal, maka Anda tidak perlu khawatir. Cukup ikuti jadwal rutin kontrol ke dokter.

Disamping itu, jika perlu dokter akan memberikan obat untuk mengurangi serangan panik yang Anda alami. Namun ingat, obat-obat ini sebagai solusi terakhir karena salah satu efek yang tidak kita harapkan adalah ketergantungan obat, maka yang terpenting adalah pengendalian diri.

Sebagai tambahan dan ini termasuk penting, berkonsultasilah dengan psikolog tentang serangan panik yang sering menyerang Anda, semoga Anda dapat mengendalikan perasaan dan pikiran Anda sehingga akan selalu sehat dan bahagia.

Sekian, saya berharap jawaban ini bisa bermanfaat untuk Anda. Salam Sehat :)

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer