Demam dan Bintik Merah, Apakah Anak Terkena DBD?

Dok saya mau bertanya, anak saya umur 3 tahun, suhu tubuhnya tinggi 39° C dan di tangan sama kakinya ada bintik merah apa anak saya terkena demam berdarah? mohon penjelasanya, terimakasih

Dear Dewi, terimakasih telah menggunakan fasilitas konsultasi dokter online gratis di mediskus.com

Memang sering menjadi kekhawatiran bagi orang tua ketika anaknya mengalami demam, apalagi disertai bintik-bintik merah pada kulitnya, pasti yang pertama kali ditakutkan adalah penyakit-penyakit yang berbahaya, dalam hal ini ibu takut anak terkena DBD.

Untuk mengetahui apakah ada kemungkinan anak terkena demam berdarah, maka ibu harus mengenali tanda-tanda dan gejala demam berdarah secara garis besarnya.

Beberapa gejala DBD yang perlu dikenali antara lain:

  • Demam, berlangsung 2-7 hari, biasanya timbul mendadak
  • Sakit di belakang mata, nyeri sendi, otot, dan / atau tulang
  • Sakit kepala yang hebat
  • Ruam di sebagian besar tubuh
  • Perdarahan ringan dari hidung (mimisan) atau gusi
  • Kulit mudah memar
  • Terkadang disertai muntah, tidak mau makan.

Lebih lanjut, silahkan baca: Gejala DBD pada Anak

Berdasarkan keterangan yang ibu sampaikan, ada 2 gejala yang mengarah ke demam berdarah yang dialami oleh anak seperti demam dan ruam atau bintik merah pada kulit. Sayangnya ibu tidak menyebutkan sudah berapa hari demamnya berlangsung.

Untuk memastikan, apakah ananda terkena DBD atau tidak, maka lakukanlah pemeriksaan ke dokter, klinik, atau Rumah Sakit ketika demam anak sudah 3-4 hari. Selain melakukan pemeriksaan fisik, dokter juga akan menganjurkan pemeriksaan darah terkait keluhan Ananda.

Hal ini penting, karena keluhan semacam itu tidak hanya disebabkan oleh demam berdarah, melainkan juga infeksi virus lainnya, salah satu contoh campak jerman.

Sekian, semoga bermanfaat dan lekas sembuh.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer