Demam Karena Demam Berdarah Dengue

Dokter saya mau tanya anak saya umur 2 tahun. Sudah 3 hari ini demam, suhu terasa paling panas di daerah leher dan kepala sedangkan tangan dan kaki tidak panas. Keluhan demam disertai batuk dan susah banget makan. Anak saya maunya minum ASI terus dan rewel. Kalau habis minum obat, demam mereda. Tapi kalau malam demam lagi. Apa anak saya menderita Demam berdarah dok?

Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

Keluhan demam bisa disebabkan karena berbagai macam sebab antara lain: bisa karena infeksi bakteri seperti demam typhus; infeksi virus seperti demam berdarah; ataupun karena penyebab lainnya. Namun biasanya masing-masing penyakit memiliki ciri tersendiri sehingga dapat dibedakan satu dengan lainnya.

Jika membaca keluhan yang mbak sampaikan tentang kondisi anak mbak, dimana demam baru dirasakan selama 3 hari maka masih banyak kemungkinan penyakit yang menjadi penyebabnya. Bisa karena infeksi saluran pernapasan akut, demam typus, demam berdarah dsb.

Berikut akan saya sampaikan gejala singkat dari beberapa penyakit yang telah saya sampaikan sebelumnya:

  • Infeksi saluran napas akut : demam, batuk, pilek, sakit kepala,yeri sendi, badan lemas, nafsu makan menurun, nyeri menelan, atau bisa disertai sesak napas.
  • Typhus : demam 7 hari atau lebih,biasanya demam meninggi pada sore dan malam hari diikuti penurunan suhu pada pagi hari, sakit kepala, gangguan pencernaan (mual, muntah, nafsu makan menurun, bab mencret atau konstipasi), nyeri sendi.
  • Demam berdarah : demam tinggi mendadak, sakit kepala, nyeri perut, manifestasi perdarahan (muncul ruam-ruam pada kulit, mimisan, gusi berdarah, atau bisa jg perdarahan pada saluran cerna lainnya), nyeri sendi, nafsu makan menurun, mual, muntah, bahkan bisa sampai syok dan penurunan kesadaran.

Oleh karena kemungkinan penyebab penyakit yang masih sangat banyak, maka saya menyarankan agar mbak membawa anak mbak untuk diperiksakan langsung ke dokter sehingga dapat dilakukan pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan penunjang yang sesuai agar diagnosis penyakit dapat ditegakkan.

Untuk memastikan apakah pasien menderita demam berdarah dengue bisa dilakukan pemerikaan hemoglobin, hematokrit, trombosit, NS-1, atau jika demam sudah masuk hri ke4 dan 5 bisa dilakukan pemeriksaan igG dan IgM anti demam berdarah dengue.

Apalagi jika anak semakin terlihat lemas / tidak aktif, tidak mau minum, dan nafsu makan semakin memburuk, segera bawa anak ke dokter agat mendapat terapi yang tepat.

Sekian jawaban dari saya. Semoga membantu dan semoga anak mbak segera pulih seperti sedia kala.

dr. Dina

dr. Dina Tri Amalia

Interactive Medical Advisor, mediskus.com

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer