Dok, Apakah Hidung Saya Terkena Polip?

Dok, saya kan sudah 1 minggu sakit gigi dan gusi saya bengkak trus saya berobat ke dokter dan dokter beri obat anti nyeri.. setelah saya konsumsi obat tersebut saya mengalami keluar nya lendir dari hidung dan keluarnya dari saluran hidung yang ada di langit-langit bagian mulut..apakah itu bisa dikatakan saya terkena polip hidung dok..??

Terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com

Saya akan mencoba menjawab pertanyaan ini. Untuk keluhan keluar lendir dari hidung sebenarnya ada banyak penyebabnya. Untuk memastikan apakah itu polip hidung atau bukan memang harus diperiksakan langsung ke dokter. Namun sebagai informasi dan agar saudara dapat mendeteksi dini maka akan saya paparkan singkat gejala polip hidung. Berikut adalah beberapa gejala utama yang sering timbul antara lain :

  1. Hidung tersumbat, dimana sumbatan umumnya menetap (kanan terus atau kiri terus, tidak berganti-gantian) dan tidak hilang timbul. Biasanya keluhan ini semakin memberat.
  2. Adanya massa di dalam hidung dan sukar untuk membuang ingus
  3. Adanya post nasal drip (adanya cairan yang mengalir di belakang hidung ke mulut)
  4. Nyeri diwajah
  5. Kadang sulit bernafas dan tidur mengorok
  6. Suara kadang terdengar bindeng.
  7. Penurunan fungsi membau/penciuman

Lebih lanjut silahkan baca: Penyakit Polip Hidung

Namun jika anda sebelumnya juga mengalami infeksi di gigi dan gusi, hal ini juga dapat menyebabkan penjalaran infeksi ke rongga hidung dan tenggorokan sehingga bisa muncul gejala keluar lendir dari hidung yang mengalir ke mulut. Oleh karena itu jika keluhan memberat dan mengganggu sebaiknya diperiksakan langsung ke dokter untuk memastikan penyebabnya.

Semoga informasi yang diberikan bermanfaat. Terimakasih :)

dr. Dina

dr. Dina Tri Amalia

Interactive Medical Advisor, mediskus.com

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer