Dok, Apakah Sakit Kepala Saya Ini Berbahaya?

Pertanyaan: Assalamualaikum dok. saya mau konsultasi nih dok. saya sudah sering banget sakit kepala. sejak saya duduk di bangku SMA sampe sekarang saya kuliah di semester 7. tapi gak pernah diperiksa ke dokter sih. awalnya sakitnya gini kalo sya lagi ngerjain tugas atau banyak berpikir sakitnya selalu dateng dan pasti gak bisa ngapa2in. terasa berat banget kepalanya terusan kalo lagi santai juga lagi enak2an duduk misalkan kalo udah dateng sakit udah gak bisa ngapa2in lagi. sakit banget rasanya tapi gk pernah cek up. itu sakit kepala biasa atau gimana menurut dokter? apakah sakit kepala saya berbahaya?

Jawaban :

Waalaikumsalam. Terimakasih atas pertanyannya, saya akan berusaha membantu mengatasi masalah Anda.

Sakit kepala memang banyak jenis dan penyebabnya. Berdasarkan keterangan yang Anda sampaikan mungkin saja itu jenis sakit kepala tension atau tension headache karena dipicu oleh stress, seperti mengerjakan tugas, banyak berpikir dan lain-lain. Dengan lebih mengenali lagi faktor-faktor pemicunya maka kita dapat mencegah timbulnya sakit kepala.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang jenis dan gejala sakit kepala silahkan baca: Jenis-jenis sakit kepala dan gejalanya

Mengenai sakit kepala bahaya atau tidak memang agak sulit untuk menentukan hal ini karena perlu penelusuran dan pemeriksaan mendalam.

Berikut beberapa tanda dan gejala kapan sakit kepala dikatakan berbahaya dan harus segera ke dokter:

  • Gejala sistemik. Selain sakit kepala, juga merasakan gejala pada bagian tubuh lainnya, misalnya demam, kehilangan nafsu makan, atau penurunan berat badan, mual-mual bahkan muntah.
  • Gejala neurologis. Gejala-gejala ini termasuk kebingungan, pandangan kabur, perubahan kepribadian, kelemahan pada satu sisi tubuh, mati rasa, atau nyeri wajah yang tajam.
  • Onset. Sakit kepala yang terjadi secara tiba-tiba, mendadak, tanpa peringatan dan langsung parah.
  • Lebih Tua. Jika usia dari 50 tahun dan baru mengalami sakit kepala dan sakit kepala itu semakin bertambah parah dari hari ke hari.
  • Progresif. Artinya sakit kepala yang saat ini Anda rasakan lebih sakit dibanding sebelum-sebelumnya dan ada kemungkinanan untuk semakin lebih sakit dan lebih sering pada masa yang akan datang.

Tanda sakit kepala lainnya yang berbahaya karena disebabkan oleh kondisi serius yaitu:

  • Leher kaku, demam, dan ruam. Hal ini mungkin saja disebabkan oleh meningitis atau infeksi lainnya.
  • Tekanan darah tinggi. Hipertensi juga dapat menyebabkan sakit kepala, dan dapat terjadi jika Anda tidak pernah didiagnosis dengan tekanan darah tinggi karena tidak pernah periksa, atau tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol misalnya karena malas minum obat.

Untuk lebih meyakinkan bahwa Anda baik-baik saja atau tidak silahkan lakukan pemeriksaan atau cek up ke dokter.

2 Komentar

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer