Dok, Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan?

Pertanyaan

Asalamu’alaikum. Dokter, saya sedang hamil 10 minggu, ini adalah kehamilan saya yang pertama, yang ingin saya tanyakan apakah aman ibu hamil makan mie instan sedangkan saya sangat menyukainya dan ini sangat berguna membantu menghilangkan rasa lapar atau ketika sya malas masak :D. Tapi saya khawatir takutnya itu berbahaya bagi ibu hamil. Menurut dokter bagaimana? Thks.

Jawaban

Wa’alakum salam, terimakasih atas pertanyaan Anda megenai “Bolehkah ibu hamil makan mie instan

Mie instan memang begitu populer sebagai makanan cepat saji yang mudah didapat. Begitu mudah membuat semangkuk mie instan lezat yang dapat menolong rasa lapar, dan memenuhi hasrat untuk menyantapnya, Anda hanya membutuhkan air panas!. Porsi standarnya memang tidak begitu mengenyangkan bagi orang dewasa, tetapi sudah cukup lumyan untuk mengganjal perut dari rasa lapar.

Itulah beberapa manfaat mie instan, namun dari sekian banyak manfaat, ada pula sisi buruknys tidak hanya untuk ibu hamil, tetapi juga bagi semua orang. Satu porsi mie instan tidak dapat dikatakan sebagai makanan dengan gizi seimbang. Mie instan mengandung pati, banyak garam (natrium) dan monosodium glutamat (MSG) dan bebrapa memang diperkaya dengan vitamin dan mineral namun jumlahnya tidak seberapa.

Mie instan tidak boleh dijadikan sebagai makanan utama karena tidak cukup mengandung protein, vitamin, mineral, sayuran dan serat. Mie instan biasanya terasa asin, hal ini karena kandungan natriumnya yang tinggi dan apabila dikonsumsi terus-menerus (sering) dapat menyebabkan hipertensi atau darah tinggi. Namun ingat, tidak hanya mie instan saja yang terasa asin (kadar natrium tinggi), jadi jangan hanya menyalahkan mie instan.

Di samping itu, MSG atau vetsin yang juga terkandung dalam mie instan dapat menimbulkan berbagai keluhan -bagi beberapa orang-, seperti rasa mual, pusing, ganguan tidur dan gangguan lambung, apabila MSG dikonsumsi melebihi 12 gram per hari.

Lebih lanjut silahkan baca: Bahaya Mie Instan

Secara umum, mie instan aman dikonsumsi dan ibu hamil juga boleh makan mie instan, asalkan dikendalikan frekuensi dan cara penyajiannya.  Mie instan tidak boleh dikonsumsi setiap hari, tapi tidak mengapa jika dikonsumsi 2 minggu sekali, terutama untuk ibu hamil. Karena ibu hamil sangat memerlukan makanan yang bergizi dan beberapa suplemen harus ditambahkan untuk kesehatan ibu dan janin.

Berikut beberapa tips sehat mengkonsumsi mie instan, jika Anda tidak dapat menghindarinya sama sekali:

  • Kandungan garam natrium terutama terdapat pada bumbunya, oleh karena itu gunakanlah setengahnya saja dalam satu porsi mie instan, untuk menambah kelezatan boleh menggunakan bumbu dapur sebagai tambahan.
  • Sebaiknya jangan hanya mengonsumsi mie instan polos, tapi tambahkan jenis makanan lain untuk menambah kenikmatan dan kandungan gizinya seperti telur, ayam, udang, ikan, sayuran berdaun hijau seperti sawi, bayam (bayam), seledri atau sayuran lain seperti wortel.
  • Ketika memasak mie gunakanlah air yang banyak dan setelah matang buanglah rebusannya, dan gunakan air yang baru untuk penyajiannya. Hal ini berguna untuk membuang zat-zat kimia dalam mie kering agar konsentrasinya berkurang.

Jadi, Bolehkah ibu hamil makan mie instan? jawabannya adalah boleh, asal ibu memperhatikan hal-hal seperti di atas. Dan menjaga selalu kontrol rutin sesuai jadwal pemeriksaan kehamilan untuk mengetahui kesehatan ibu dan janin, saya berharap semoga sehat selamat sampai sang buah hati hadir di pangkuan Anda.

Sekian semoga bermanfaat :)

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer