Efek Bahaya Minum Kopi

Dok Kenapa saya sering mual setelah minum kopi dan sering disertai dengan sakit perut, apakah memang saya yang bermasalah atau karena efek kopi memang seperti itu? Dan saya ingin tahu sebenarnya apa bahaya minum kopi secara umum dok? Sebelumnya, terimakasih atas jawabannya.

Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

Kopi sebenarnya banyak memiliki manfaat untuk kesehatan asalkan dikonsumsi dalam batas aman dan tidak berlebihan. Kopi bermanfaat untuk mengurangi stress fisik dan psikis serta meningkatkan kewaspadaan mental. Penelitian terkini juga menyebutkan bahwa kopi dapat mencegah terjadinya stroke dan jenis kanker tertentu, mengurangi resiko Parkinson dan demensia, serta meningkatkan memori. Kopi sebaiknya diminum dalam jumlah 1- 2 cangkir saja per hari, jangan terlalu banyak. Karena jika berlebihan, maka banyak efek samping kopi yang bisa dirasakan.

Efek Bahaya Minum Kopi

Kopi yang mengandung kafein memiliki beberapa efek samping kopi yang bisa dirasakan antara lain : insomnia, rasa gugup, dan gelisah. Kopi bersifat asam sehingga dapat meningkatkan kadar asam lambung dan mengiritasi lambung sehingga sering menimbulkan keluhan nyeri perut, mual, dan muntah. Kopi juga dapat meningkatkan denyut jantung sehingga biasanya terdapat keluhan berdebar – debar setelah minum kopi serta meningkatkan frekuensi nafas, serta gejala lainnya. Konsumsi kopi dalam jumlah banyak juga bisa menimbulkan bahaya minum kopi lainnya seperti sakit kepala, kecemasan, telinga berdenging, meningkatkan kadar kolesterol serta meningkatkan resiko penyakit jantung terutama untuk kopi yang belum difiltrasi.

Konsumsi kopi juga perlu diwaspadai dan perlu kehati – hatian pada beberapa kondisi seperti:

  • Ibu hamil : ibu hamil boleh minum kopi < 2 cangkir per hari atau  sekitar 200mg kafein perhari. Konsumsi kopi lebih dari jumlah tersebut dapat meningkatkan resiko keguguran , kelahiran prematur, dan berat badan bayi lahir rendah.
  • Ibu menyusui : ibu menyusui juga boleh konsumsi kopi 1 – 2 cangkir per hari. Jumlah ini aman untuk ibu menyusui dan bayi nya. Lebih dari itu, kopi dapat mengiritasi saluran pencernaan ibu, dan menyebabkan gangguan tidur.
  • Anak -anak : sebaiknya anak tidak mengkonsumsi kopi karena faktor resiko dan bahaya minum kopi pada anak lebih tinggi daripada orang dewasa
  • Pasien yang menderita gangguan kecemasan : akibat minum kopi dapat membuat keluhan cemas makin memburuk
  • Diare
  • Irritable Bowel Syndrome (IBS) atau gangguan pencernaan : Kopi mengandung kafein yang jika diminum dalam jumlah banyak meningkatkan kejadian diare dan gejala IBS lainnya seperti mual muntah, sakit perut,dll
  • Tekanan darah tinggi : bahaya konsumsi kopi dapat meningkatkan tekanan darah pada pasien hipertensi (tekanan darah tinggi)
  • Glaukoma : konsumsi kopi yang berkafein meningkatkan tekanan bola mata sehingga makin memperparah keluhan pasien glaukoma
  • Osteoporosis : konsumsi kopi berkafein mengakibatkan kalsium pada tulang banyak dibuang lewat urin sehingga dapat membuat tulang lebih rapuh. Batasi konsumsi kopi < 300 mg per hari pada pasien dengan osteoporosis.
  • Dan lain – lain

Penjelasan di atas merupakan bahaya minum kopi yang bisa dirasakan. Namun tetap perlu diingat bahwa efek minum kopi tidak hanya bahaya saja namun juga ada efek baik yang diberikan kopi, asalkan diminum dalam jumlah sesuai dan tidak berlebihan.

dr. Dina

dr. Dina Tri Amalia

Interactive Medical Advisor, mediskus.com

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer