Efek Samping Pil KB, yang Harus Anda Tahu!

Dok saat ini saya sedang menggunakan KB pil. Sebenarnya apa efek samping pil KB jika dikonsumsi secara terus menerus dok? Terima kasih banyak.

Pil KB terdiri dari komponen hormon estrogen dan progesteron, atau oleh salah satu dari komponen itu. Hormon – hormon dalam pil harus cukup kuat untuk dapat mempengaruhi proses di dalam tubuh agar ovulasi tidak terjadi sehingga tidak terjadi proses kehamilan. Maka tidak mengherankan jika kadang – kadang suka timbul efek samping pil kb yang dirasakan oleh penggunanya. Berikut akan dibahas beberapa efek samping pil KB.

Efek Samping Pil KB

Efek samping pil KB terjadi karena efek akibat kelebihan estrogen ataupun karena kelebihan progesteron.

  • Efek karena kelebihan estrogen, antara lain yang paling sering adalah rasa mual, retensi cairan (penumpukan/ tertahannya cairan), sakit kepala, nyeri pada payudara, dan keputihan. Rasa mual yang muncul bisa disertai muntah, diare dan perut kembung.  Retensi cairan menyebabkan bertambahnya berat badan. Efek samping lainnya yang bisa muncul adalah hipertensi atau meningkatnya tekanan darah.
  • Efek karena kelebihan progesteron, antara lain menyebabkan perdarahan yang tidak teratur, nafsu makan dan berat badan bertambah, jerawat, rambut rontok hingga kebotakan, keputihan, hingga menstruasi sedikit atau tidak mens.
  • Efek samping pil KB yang berat yang bisa terjadi adalah emboli paru, trombosis otak dan tromboflebitis. Namun hal ini masih menjadi perdebatan.

 

dr. Dina

dr. Dina Tri Amalia

Interactive Medical Advisor, mediskus.com

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer