Ginjal Bengkak, Apa Penyebab dan Pengobatannya

Selamat malam Dokter, saya mau mengajukan pertanyaan. Bapak saya berumur sekitar 50 tahun. Pada tahun 2011 bapak saya masuk RS karena ginjal membengkak. Lalu pada tgl 18/4/2015 kemarin ginjal kambuh kembali dan sekarang kalau pipis selalu keluar darah, dan menggumpal. Pertanyaan saya apa penyebab ginjal bengkak sehingga biar bisa dicegah dan apakah ayah saya bisa sembuh? seperti apa pengobatan pengobatan ginjal bengkak?

Pembesaran ginjal atau biasa disebut ginjal bengkak merupakan kondisi dimana ukuran ginjal lebih besar daripada normal yang biasanya disebabkan karena adanya penyakit yang mendasarinya. Ginjal bengkak bisa terjadi pada satu ginjal atau keduanya. Berikut adalah beberapa keadaan yang menjadi penyebab ginjal bengkak.

Penyebab Ginjal Bengkak

Salah satu penyebab tersering ginjal bengkak adalah akibat adanya sumbatan pada satu atau kedua ginjal, terutama karena batu ginjal. Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab  ginjal bengkak antara lain:

  • Batu ginjal
  • adanya skar ataupun juga bekuan darah yang menyebabkan sumbatan pada aliran ginjal sehingga menyebabkan ginjal bengkak
  • Sumbatan pada ureter (misalnya akibat batu ureter) yang menyebabkan aliran balik urin ke ginjal dan menyebabkan kerja ginjal menjadi lebih berat sehingga ginjal bengkak.
  • Adanya tumor ginjal, ataupun ureter
  • Trauma ginjal
  • Sindroma polikistik ginjal
  • Penyempitan ureter karena trauma ureter ataupun karena kelainan saat lahir
  • Dan lain sebagainya

Pengobatan Ginjal Bengkak

Pengobatan ginjal bengkak sebenarnya tergantung dari penyakit yang mendasarinya. Jika penyebab ginjal bengkak adalah karena adanya batu pada saluran kemih maka perlu dilakukan terapi untuk menghancurkan batu tersebut. Bisa dengan pengobatan medikamentosa (obat – obatan) hingga tindakan operatif. Jika penyebab ginjal bengkak adalah karena infeksi saluran kemih maka perlu diberikan pengobatan antibiotik ataupun pengobatan lainnya untuk mengatasi infeksi yang terjadi. Begitupun jika penyebab ginjal bengkak adalah karena tumor, kista, dan lainnya maka upaya yang dilakukan adalah untuk mengobati sumber penyebab ginjal bengkak tersebut.

Karena penyebab ginjal bengkak sangat banyak maka sebaiknya periksakan pasien secara langsung ke dokter terutama dokter spesialis urologi agar dapat diketahui penyebab ginjal bengkak, seberapa jauh perjalanan penyakitnya sehingga dapat mendapat pengobatan ginjal bengkak secara tepat dan komprehensif.

dr. Dina

dr. Dina Tri Amalia

Interactive Medical Advisor, mediskus.com

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer