Ingus Berubah Warna, Kenapa?

Selamat pagi dok. Saya sedang Flu dan sudah hampir tiga kali ini. Ketika awal muncul pilek, ingus yang keluar encer berwarna kuning kemerah-merahan dan selalu menetes serta terasa pekat jika dipegang. Setelah itu, kini ingus sudah tidak encer lagi dan cenderung kental, berwarna orange  kemerahan. Kepala saya pun sering sakit. Sakit apa ya dok yang saya derita dan bagaimana penanganannya? Terima kasih.

Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

Berdasarkan keluhan yang anda sampaikan, anda kemungkinan besar mengalami Rhinitis akibat infeksi.

Apa itu Rhinitis ?

Rhinitis merupakan infeksi pada hidung, bisa disebabkan karena alergi ataupun non alergi. Rhinitis alergi memiliki gejala yang hampir sama dengan rhinitis alergi, namun tidak ditemukannya riwayat alergi ataupun alergen yang menyebabkannya. Faktor yang mencetuskan rhinitis non alergi ada banyak macam, salah satunya kondisi kesehatan yang menurun, konsumsi obat atau makanan tertentu, perubahan cuaca, dan lain sebagainya.

Tanda dan   Gejala rhinitis

Tanda dan gejala klinis dari rhinitis yang sering dialami antara lain:

  • Hidung tersumbat
  • Keluar ingus dari hidung
  • Bersin – bersin
  • Keluar mukus/ sekret/ingus yang mengalir ke tenggorokan (post nasal drip)
  • Kadang disertai demam, mata terasa panas, dan lain sebagainya

Rhinitis alergi non alergi memiliki gejala yang hampir mirip. Hanya pada rhinitis non alergi keluhan hidung, mata dan tenggorokan yang terasa gatal tidak ada.

Kenapa Ingus bisa Berubah Warna?

Ingus/ sekret/ mukus yang keluar tidak selalu bening, namun ada kalanya mengalami perubahan warna menjadi kuning, hijau, hingga kemerahan ataupun kecokelatan. Ingus yang berwarna kuning atau hijau biasanya disebabkan karena infeksi, bisa karena virus maupun bakteri. Ingus yang berwarna kemerahan atau kecoklatan biasanya karena hidung yang mengalami iritasi akibat digosok, ditekan atau bersin yang terlalu kuat sehingga pembuluh darah kecil di hidung pecah. Jika darah yang keluar banyak dan berhentinya lama maka harus segera dibawa ke dokter.

Penanganan Rhinitis

Penanganan rhinitis tergantung penyebab. Misalnya jika karena bakteri dapat diberi antibiotik. Jika karena virus biasanya cukup pemberian obat simtomatik untuk mengurangi gejala.

Pengobatan awal yang dapat anda lakukan sementara di rumah adalah konsumsi obat flu yang bisa dibeli bebas. Namun jika keluhan memberat sebaiknya segera diperiksakan langsung ke dokter agar diketahui diagnosis yang tepat dan mendapat terapi yang sesuai.

 

dr. Dina

dr. Dina Tri Amalia

Interactive Medical Advisor, mediskus.com

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer