Jempol Kaki Cantengan

Dok, jempol kaki saya sudah lama cantengan . Sudah 2 kali operasi pencabutan kuku, tapi hasilnya tetap sama. Kalau kena senggol atau di injak langsung berdarah dan kalau di perban kain kassa keluar nanah berwana kuning ke hijau-hijauan, kadang juga nyeri seperti tertusuk- tusuk kuku dok. Harus dengan cara gimana lagi dok supaya kaki saya bisa normal kembali ?

Selamat siang. Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com

Cantengan atau dalam bahasa kedokteran disebut paronikia disebabkan karena infeksi oleh bakteri ataupun jamur yang terjadi pada jaringan di sekitar kuku. Biasanya terjadi pada orang – orang yang memiliki kebiasaan menggunting kuku terlalu dalam sehingga menimbulkan luka atau trauma pada kulit sekitar kuku, kebiasaan menggigit kuku, hingga iritasi kronis akibat air atau detergen atau karena penggunaan alas kaki yang terlalu sempit.

Gejala Paronikia atau Cantengan

Gejala paronikia atau cantengan antara lain bengkak, merah, nyeri hingga timbul nanah di bagian tepi kuku atau di bawah kuku. Kuku pun kadang ikut terpengaruh berupa perubahan warna kuku, kuku menjadi rapuh dan terlepas dari bantalan kuku.
cantengan
Pengobatan Paronikia atau Cantengan
Kuku yang bermasalah dapat dilakukan perendaman dengan air hangat untuk mengurangi keluhan yang muncul. Jika penyebabnya karena infeksi bakteri, maka dapat diberikan antibiotik untuk menghilangkan kuman penyebab. Namun jika karena jamur, dapat diberikan anti jamur. Jika telah terbentuk abses, maka harus dilakukan sayatan / insisi untuk mengeluarkan nanah. Kalau kuku sudah terinfeksi dan menjadi rapuh maka kuku harus diekstraksi atau dilepas dari bantalan kukunya. Pemberian obat- obatan harus tepat sesuai dengan kuman penyebab. Karena jika tidak sesuai maka kuman tidak akan hilang dengan sempurna dan keluhan akan terus terjadi dan berulang.

Pencegahan
Keluhan cantengan atau paronikia sering sekali berulang. Hal ini disebabkan karena individu belum bisa mengurangi kebiasaan atau faktor pencetus yang menyebabkan keluhan ini muncul kembali. Oleh karena itu pencegahan penting untuk dilakukan. Rawatlah kuku jari tangan ataupun kaki anda. Jangan memotong kuku terlalu dalam sehingga menyebabkan luka dan timbul infeksi. Hindari penggunaan alas kaki yang terlalu keras atau terlalu sempit yang dapat menyebabkan kuku dan jaringan di sekitarnya iritasi. Hindari pula kontak langsung dengan bahan kimia ataupun detergen.

Sekian jawaban dari saya semoga dapat membantu.

 

 

dr. Dina

dr. Dina Tri Amalia

Interactive Medical Advisor, mediskus.com

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer