Jerawat Sering Muncul, Kenapa?

Dok, saya punya keluhan jerawat. Sudah bertahun – tahun jerawat saya tidak sembuh – sembuh. Padahal saya sudah coba ke klinik, pakai yang alami juga sudah. Saya juga tidak makan kacang dan telur. Tapi tetap saja jerawat saya tidak sembuh – sembuh. Dan dagu saya juga tidak halus, malah terkesan seperti kulit kodok yang menjijikan apabila di lihat. Beruntusan tapi tidak bernanah / tidak seperti komedo putih. Tidak halus seperti dagu yang lainnya. Itu kenapa ya dok ?

Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

Beruntusan yang muncul pada dagu anda juga merupakan salah satu bentuk jerawat. Jerawat umumnya memang terjadi pada lokasi tubuh yang memiliki kelenjar minyak sangat banyak, salah satunya yaitu pada dagu.

Jerawat atau dalam istilah kedokteran disebut dengan acne vulgaris dapat timbul karena berbagai faktor. Hampir setiap orang pernah mengalami jerawat sehingga sering dianggap sebagai kelainan kulit yang timbul secara fisiologis/ normal.

jerawat

Penyebab Acne Vulgaris

Ada beberapa faktor utama penyebab jerawat atau acne vulgaris yaitu antara lain:

  • Peningkatan produksi minyak oleh kelenjar sebum/ lemak
  • Tersumbatnya pori – pori wajah
  • Sel- sel kulit mati
  • Bakteri penyebab acne

Faktor-faktor lain penyebab acne antara lain:

  • Peningkatan kadar hormon androgen, anabolik, kortikosteroid, gonadotropin serta ACTH yang dapat juga menjadi faktor penting pada peningkatan kerja kelenjar minyak.
  • Stress psikis
  • Faktor lain seperti usia, keturunan, ras, makanan, dan cuaca yang secara tidak langsung memacu peningkatan proses patogenesis tersebut.

Gambaran Klinis Acne Vulgaris

Keluhan yang muncul pada acne vulgaris antara lain berbentuk komedo baik komedo hitam maupun putih, papul (penonjolan di atas permukaan kulit berukuran < 0,5 cm ), pustula ( gelembung/ penonjolan berisi nanah), ataupun gabungan semuanya.  Keluhan ini bisa muncul terutama paling sering pada muka (pipi, dagu, dahi,dll), bahu, dada bagian atas, dan punggung bagian atas. Lokasi lain yang bisa ditumbuhi jerawat antara lain leher, lengan atas, dan bisa juga pada bokong walaupun sangat jarang.

Penatalaksanaan Acne Vulgaris

Tatalaksana jerawat atau acne vulgaris sebenarnya terdiri dari dua hal yaitu upaya pencegahan munculnya jerawat dan upaya untuk menghilangkan jerawat yang muncul. Kedua upaya tersebut harus dilakukan secara bersamaan.

Pencegahan Acne Vulgaris

  • Diet rendah lemak dan karbohidrat. Sebenarnya hal ini masih menjadi kontroversi keefektifannya dalam dunia kedokteran. Namun jika setelah makan makanan tertentu, frekuensi munculnya jerawat makin sering, maka pembatasan asupan makanan tersebut dapat dicoba sebagai upaya untuk mengurangi munculnya jerawat.
  • Bersihkan kulit setelah beraktivitas
  • Hidup teratur dan sehat, cukup istirahat, hindari stres
  • Gunakan kosmetik yang sesuai dengan kulit. Namun sebaiknya penggunaan kosmetik secukupnya saja, baik banyaknya maupun lamanya. Setelah selesai, segera bersihkan kulit dari make-up.
  • Hindari terpacunya kelenjar minyak, misal minuman keras, rokok, makanan pedas, lingkungan yang tidak sehat, dll
  • Menghindari debu
  • Jangan melakukan pemencetan jerawat dengan cara yang tidak tepat dan tidak bersih. Karena malah akan memperbanyak dan memperberat munculnya jerawat.

Pengobatan Acne Vulgaris

  • Pengobatan topikal dengan salap atau krim yang mengandung sulfur, asam salisilat, asam azaleat, AHA, benzoil peroksida, kortikosteroid hingga antibiotik jika diperlukan.
  • Pengobatan sistemik (misal dengan obat minum) yang mengandung antibiotik, vitamin A dan retinoid. obat hormonal maupun obat anti radang lainnya.

Pengobatan dengan obat-obatan ini sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter agar pilihan obat tepat, sesuai dengan berat ringan dan lokasi keluhan.

dr. Dina

dr. Dina Tri Amalia

Interactive Medical Advisor, mediskus.com

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer